kelebihan smart building
kelebihan smart building

Saat ini kita telah berada di era yang benar-benar belum pernah ada sebelumnya, segala hal serba terkoneksi. Bukan hanya tentang gawai atau autonomus car tetapi bahkan juga smart building. Sebuah bangunan kini bukan lagi hanya sekedar menyediakan tempat berteduh dan membuat kita tetap hangat.

Berkat evolusi teknologi, memungkinkannya untuk mampu memberikan semua layanan yang dibutuhkan penghuni dan secara pintar mengelola secara efisien penggunaan energi. Meminimalkan biaya dan mengurangi dampak lingkungan dari bangunan selama masa pakainya.

Apa yang membuat smart building dibutuhkan di era modern?.

Smart Building dapat didefinisikan sebagai “sebuah bangunan yang menggunakan teknologi IoT (internet of things) dan Ai untuk mengintegrasikan semua sistem yang ada dan kemudian Informasi ini digunakan untuk meningkatkan kinerja gedung. Seperti mengotomatisasi berbagai proses mulai dari lighting, ventilasi, pendingin udara hingga sistem keamanan“.

Lalu kenapa konsep smart building ini dibutuhkan pada era modern seperti sekarang ini? Inilah empat manfaat utama smart building:

Smart Building
  1. Efisiensi energi

Bangunan-bangunan komersial konvensional mengonsumsi sekitar 40% energi dunia. Sementara smart building memiliki efisiensi energi yang lebih baik antara 5%-35% dengan penggunaan teknologi pintar. Smart Building akan beroperasi secara mandiri dan menggunakan sistem manajemen energi yang efisien, proses ini mengurangi emisi CO2 bangunan.

Ini berarti penghematan finansial yang signifikan, serta pendekatan yang jauh lebih efisien dan efektif untuk mencapai berbagai tujuan global. Seperti mengatasi perubahan iklim dan menciptakan masyarakat yang berkelanjutan.

  1. Meningkatkan efisiensi bangunan

Kontrol dan Sensor memberikan data tentang bagaimana bangunan seharusnya digunakan. Ini memungkinkan sistem cerdas untuk membuat penyesuaian tentang di mana lighting atau AC diperlukan. Sensor juga membantu mengidentifikasi area yang terlalu sering digunakan dan kurang dimanfaatkan dalam bangunan, memberikan peluang untuk mengoptimalkan pemanfaatan ruang, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efisiensi bangunan.

  1. Pemeliharaan Lebih Mudah dan Terencana

Biaya perawatan gedung bisa sangat besar bila ditangani secara konvensional. Sementara smart building memungkinkan perawatan prediktif yang lebih sederhana. Dengan penggunaan sensor dapat mendeteksi kinerja bangunan dan mengaktifkan prosedur perawatan sebelum semuanya terlambat.

Smart Building dapat segera mendeteksi kesalahan, merinci mengapa itu terjadi, dan membantu menghitung prioritas masalah mana yang harus pertama kali diatasi. Pada akhirnya memudahkan staf untuk melakukan perbaikan dan menjadi lebih efisien.

  1. Penggunaan sumber daya dengan lebih baik

Data yang dihasilkan oleh smart building memberikan insight yang dapat digunakan untuk perencanaan dan pemanfaatan sumber daya yang lebih efisien. Menghilangkan dugaan dan prediksi karena data dapat diakses secara real time dengan mudah.

informasi penting, seperti berapa banyak energi yang digunakan gedung pada setiap titik, waktu dan berapa biayanya. Dengan informasi ini, teknologi pintar mengidentifikasi tren dan memberikan saran optimisasi yang memungkinkan para pengelola untuk membuat keputusan dan investasi yang didorong oleh data.

  1. Meningkatkan Kesehatan dan Produktifitas

Smart Building dapat meningkatkan kesehatan, kebahagiaan, dan produktivitas orang-orang di dalamnya. Menurut studi World Green Building Council, meningkatkan ventilasi dan kualitas udara dalam ruangan dapat meningkatkan produktivitas pekerja sebesar 11%, dan meningkatkan kondisi pencahayaan dapat meningkatkan produktivitas sebesar 23%.

Smart Building Schneider Electric.

Smart Building Schneider

Schneider Electric, sebuah perusahaan terkemuka dalam bidang manajemen energi dan otomatisasi memiliki layanan EcoStruxure yang handal dalam mewujudkan ide smart building. Bahkan telah diakui oleh Platform Green Quadrant IoT Verdantix untuk Smart Buildings 2019. Verdantix menyebut EcoStruxure ™ dari Schneider Electric sebagai “salah satu produk paling komprehensif” yang memiliki kekuatan dan pembeda sehingga memimpin di bidang ini.

EcoStruxure sangat cocok untuk mengembangkan smart building bagi perusahaan di segmen di real estat komersial, hotel, rumah sakit, dan perusahaan ritel. Perusahaan dapat membangun smart building dengan sistem internal berdasarkan aplikasi dan kebutuhan mereka sendiri. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan penghuni, pengurangan biaya, dan pemanfaatan ruang. Prioritas ini sebagian besar didorong oleh kebutuhan akan sumber daya, menurunkan biaya operasional, dan kebutuhan untuk memaksimalkan efisiensi energi yang terpakai.

EcoStruxure adalah arsitektur dan platform sistem terbuka, interoperable, dan didukung IoT. Ini bertujuan untuk memberikan nilai lebih di seputar keselamatan, keandalan, efisiensi, keberlanjutan, dan konektivitas bagi pelanggan. EcoStruxure memanfaatkan kemajuan dalam IoT, mobilitas, penginderaan, cloud, analitik, dan cybersecurity untuk memberikan ‘Inovasi di Setiap Level.’

Smart Building Lebih Murah Seiring Waktu

Bangunan pintar telah terbukti menghemat energi, merampingkan manajemen gedung, dan melakukan efisiensi dari setiap sistemnya. Meskipun terkesan lebih mahal saat proses pembangunan awal, tetapi dalam jangka panjang sebenarnya smart building lebih murah daripada bangunan konvensional.

Smart building juga memberikan manfaat dari segi keselamatan dan kualitas hidup yang lebih tinggi bagi mereka yang berada di dalamnya. Untuk itulah, smart building menjadi pilihan yang sangat baik untuk masa depan.

 

Facebook Comments