Mencuci merupakan rutinitas bagi seorang Ibu rumah tangga. Biasanya ini dilakukan dua hari sekali atau lebih dari itu. Ada juga yang mencuci pakaiannya setiap hari. Mungkin karena penghuni rumahnya banyak. namun yang menjadi persoalannya adalah jika anda menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian anda stiap hari, coba anda bayangkan berapa uang yang harus disediakan untuk tagihan listrik perbulan nya. Watt mesin cuci memang membutuhkan daya cukup lumayan besar saat dinyalakan atau digunakan untuk mencuci.

Bagi anda yang menggunakan mesin cuci di rumah, sebisa mungkin perhatikan dan pelajari tentang daya listrik yang digunakan untuk sebuah mesin cuci saat stand by dan saat menyala. Dengan memperhatikan watt mesin cuci yang anda gunakan, anda bisa lebih menghemat energi listrik dan mengurangi beban tagihan listrik yang besar. Kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips untuk menghemat listrik dengan memperhatikan daya yang dibutuhkan sebuah mesin cuci, diantaranya:

1. Mencuci pada jam tertentu
Mencuci pakaian kotor pada jam tertentu termasuk salah satu cara dalam menghemat energi listrik. Mengingat watt yang dibutuhkan untuk sebuah mesin cuci saat menyala lumyan besar, usahakan anda mencuci pada saat tertentu seperti pada pagi hari. Dimana pada saat pagi hari, penggunaan listrik berkurang. Karena pada saat pagi anda bisa mematikan beberapa alat elektronik yang menggunakan energi listrik dan juga bisa mematikan lampu di beberapa ruangan.

2. Memilih deterjen atau sabun cuci yang tepat
Saat mencuci dengan menggunakan mesin cuci, apalagi dengan jumlah cucian yang banyak, pastinya anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencucinya. Dan bisa anda bayangkan dengan daya yang dibutuhkan sebuah mesin cuci saat menyala atau digunakan, apalagi dalam waktu yang cukup lama, bisa dipastikan tagihan rekening listrik sedikit membengkak. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan deterjen yang tepat. Yaitu deterjen yang bisa membersihkan noda dengan cepat dan juga noda membandel. Anda bisa menggunakan Rinso cair. Dimana Rinso cair ini mudah cepat larut dalam air dengan busa yang melimpah, namun tetap ampuh dalam menghilangkan noda. Jadi anda tidak perlu lama-lama untuk mencuci pakaian meskipun dengan jumlah banyak. Selain hemat pemakaian sabun atau deterjen, anda juga bisa menghemat listrik.

Facebook Comments