Belanja,belanja dan belanja hmmmm tradisi orang Indonesia banget deh, ya kan sob?.hayo Ngaku !
Selalu menjadi korban merek,korban trend, dan ujung-ujungnya malah defisit anggaran,pusingkan kalau sudah begitu..
Sebenarnya belanja sih boleh-boleh saja asal menurut skala prioritas saat kita membeli suatu barang.jangan hanya karena ikut-ikutan biar nafsu terlampiaskan.. Huuu serem tuh.

Nah Simak dulu tipsnya! Agar kamu lebih terkontrol saat berbelanja..

Sobat harus memperhitungkan anggaran yang akan dikeluarkan. Jangan mentang-mentang punya uang, jatah uang makan sebulan lalu disikat habis.
1 . Buat Anggaran.
Tentukan besarnya anggaran untuk berbelanja.Tak perlu membawa uang berlebih ketika hendak mulai belanja. Kendati anggaran habis namun jika dompetmu masih tebal, dijamin kegiatan belanja akan semakin panjang.
Patuhlah pada diri sendiri. Jika telah sobat anggarkan sekian, jangan coba-coba mengutak-atik dana tersebut.
2 . Buat Prioritas Dana.
Sobat tentunya tak akan cukup untuk memborong semua isi toko. Oleh karena itu cari benda-benda yang kira-kira sangat dibutuhkan. Apa yang paling sobat perlukan saat ini, itu yang harus didahulukan.
3 . Jangan Asal Murah.
Diskon besar-besaran memang menggiurkan,tapi awas jangan sampai termakan harga. Sobat membeli barang murah yang belum tentu kualitasnya bagus. Belum tentu juga barang tersebut dibutuhkan.Teliti dengan seksama ketika membeli barang.
Harga miring harus sobat curigai juga.
4 . Tahan Diri.
Ini yang paling penting. Mungkin sudah sebulan sobat menahan diri untuk tak belanja demi liburan. Namun bukan berarti sobat jadi kalap. Terutama saat membeli pakaian. Jangan karena model dan warnanya yang keren tanpa berpikir panjang sobatpun membelinya, padahal baju itu tak sesuai dengan ukuran tubuh mu misalnya.
5 . Tidak Harus Mahal.
Berbelanja ke luar negeri juga seru. Namun apakah itu diperlukan untuk saat ini? Jika sobat bisa memanfaatkan dana dengan baik mungkin jatah belanja sobat sewaktu-waktu bisa dialokasikan ketempat lain. Setidaknya kebutuhanmu kan bukan hanya belanja saja.

Be smart !, petimbangkanlah lagi, menuruti hawa nafsu atau keinginan pasti tidak akan ada habisnya walaupun uang mu berbukit-bukit, Jadi dirimu sendirilah yang harus mengekangnya,,
Thank’s.

Facebook Comments