bbq rumahan

Malam tahun baru adalah salah satu momen istimewa yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bagi para ekstrovert yang suka dengan keramaian, mereka mungkin memilih keluar rumah. Tapi di sisi lain, ada juga yang kemungkinan besar lebih memilih untuk membuat acara sendiri di rumah memanfaatkannya untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat. Dan tentu saja, tidak ada yang lebih menyenangkan dari mengadakan pesta bakaran untuk melengkapinya.

Daging grill akan sangat cocok untuk suasana malam di mana kita semua berkumpul mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang akan berakhir. Lalu seiring berjalannya waktu saat semakin mendekati tengah malam, kita pun menyambut tahun yang akan datang dengan kegembiraan, harapan, dan optimisme.

Apa saja yg dibutuhkan untuk BBQ di rumah?

Kita semua sepakat bahwa malam tahun baru dan pesta barbeku atau bakaran hampir tidak bisa dipisahkan. Ini seperti sudah menjadi tradisi yang membuat tahun baruan jadi lebih bermakna.

Yang membuat acara bakar-bakaran ini jadi pilihan adalah karena relatif mudah untuk dilakukan. Kita hanya memerlukan beberapa hal untuk menjadikannya luar biasa. Temukan semua jenis bahan bakaran, siapkan bumbu, peralatan memanggang, maka Kita bisa memulainya.

Untuk memudahkan kamu, berikut beberapa tips untuk menyiapkan acara barbeque di rumah yang mudah.

Siapkan bahan-bahan sebelumnya

Langkah pertama dan terpenting adalah menentukan bahan yang akan dipakai. Ayam, daging sapi, ikan, jagung dan beberapa camilan seperti sosis, scallop, chikuwa bisa jadi pilihan. Siapkan juga sayuran seperti selada sebagai pelengkap. Sebaiknya lakukan persiapan sejak dari siang harinya, bersihkan, lalu potong sesuai keinginan. Sehingga saat malam tiba, kita tinggal memanggangnya.

Siapkan Saus dan Bumbunya

Kita tidak bisa menikmati barbeku yang enak, jika Kita tidak membumbuinya dengan benar terutama untuk daging dan ikan. Jangan lupakan juga untuk menyiapkan saus yang akan membuat bakaran semakin enak. Untungnya kini ada banyak referensi yang bisa kita ikuti, buka Youtube atau Cookpad untuk menemukan Resep daging barbeque rumahan yang menurut Kita akan pas untuk dicoba.

Siapkan dan Bersihkan Alat panggangan

Kita harus menyiapkan alat pemanggangnya, apakah akan memakai pemanggang listrik, gas, atau arang. Sekarang banyak juga penyewaan alat panggang yang mungkin bisa kita pilih. Jangan lupakan untuk membersihkan pemanggang nya sebelum digunakan. Lakukan bakaran di ruang terbuka agar asapnya tidak membuat sesak.

Mulai memanggang

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada bagian memanggang, lakukan secara bertahap berikan ruang yang cukup agar bisa matang merata. Ini adalah beberapa teknik barbeku yang perlu diingat, sebelum memulai proses pemanggangan, Kita bisa mengolesinya dengan minyak atau margarin agar tidak lengket.

Trik BBQ lainnya adalah jangan memanggang daging yang masih dingin. Ini karena daging dingin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memanggangnya hingga sempurna. Selain itu, semakin lama memanggang, dagingnya akan semakin keras.

Panaskan panggangan terlebih dahulu sebelum menaruh bahan makanan atasnya. Jangan terlalu sering membaliknya agar sarinya tidak hilang.

daging grill

Daging grill pakai daging apa?

Walaupun barbeku semakin diminati tetapi tidak banyak orang yang mengetahui bagian daging mana yang terbaik untuk dipanggang. Padahal setiap potongan daging akan menghadirkan unsur rasa, tekstur, dan kelembutan yang berbeda-beda. Sebagian besar daging yang cocok untuk barbeku dengan citarasa terbaik memiliki campuran lemak yang seimbang.

Terlepas dari itu, ada tiga hal yang harus kita cek saat membeli daging. Jangan lewatkan langkah ini agar daging yang kita beli memiliki rasa yang istimewa.

Warna

Saat mencari steak yang enak, segar, warnanya akan tampak merah muda yang cerah. Atau bahkan merah terang. Namun jika warnanya terlalu gelap atau merah tua, mungkin steak nya akan alot dan rasanya hambar.

Tekstur dan aroma

Daging yang bagus akan memiliki tekstur yang kenyal, Kita bisa menekannya untuk memastikan. Daging yang sudah lama akan cenderung lembek. Selain itu aroma daging yang bagus adalah segar khas sapi, tidak memiliki aroma tidak enak atau asam. Sebaiknya Kita juga tidak memilihnya jika lengket atau terlalu lembab.

Marbling

Rasanya kebanyakan dari kita tidak pernah memperhatikan hal ini, padahal kandungan lemak atau marbling sangat berpengaruh pada cita rasa. Marbling adalah lemak yang terdapat diantara serabut otot yang berfungsi sebagai pembungkus otot dan mempertahankan keutuhan daging pada waktu dipanaskan. Pastikan warna lemak ini putih bersih bukan coklat atau kuning.

Bagian Daging Terbaik untuk Barbeku

Nah jika sudah tahu bagaimana memilih daging yang baik maka selanjutnya adalah menentukan potongan daging mana yang paling cocok untuk proses barbeku.

daging yang cocok untuk barbeku
wikipedia

Top Sirloin

Sirloin bagian atas adalah steak yang sangat populer untuk dipanggang, karena sudah sangat beraroma tanpa perlu banyak tambahan. Secara alami, top sirloin dagingnya ramping, teksturnya bagus dan padat tetapi tidak terlalu keras. Bagian sapi ini banyak bergerak, membuatnya tinggi protein dan rendah lemak, namun tetap menawarkan rasa yang sangat kuat.

Strip Loin

Dapat dimengerti bahwa steak strip adalah salah satu potongan paling populer. Bisa dibilang ini adalah potongan yang paling empuk. Itu dipotong dari bagian yang berada tepat di bawah tulang punggung. Teksturnya sedang, dan dikemas dengan rasa daging

Ribeye

Bagian ribeye sangat empuk dan menawarkan rasa yang unik. Jika Kita menyukai daging yang enak dan berair, ribeye adalah pilihan yang tepat. Ribeye diambil dari bagian iga sapi. Rib dikenal dengan marblingnya yang unik karena adanya tambahan lemak yang biasanya menumpuk di bagian ini.

Filet Mignon

Filet mignon dianggap sebagai salah satu steak yang “mewah”, filet mignon dikenal karena kelembutan dan rasanya yang ringan. Filet mignon berasal dari bagian kecil pada sapi. Harga steaknya cenderung lebih mahal karena berasal dari bagian sekitar 2-3%. Karena kelangkaannya, banderol harganya menjadi sedikit lebih tinggi. Tetapi jika Kita mencari steak yang sangat empuk, itu sepadan dengan uang yang dikeluarkan.

PotterHouse

Potterhouse biasanya disalah artikan sebagai T-Bone. Ini karena memang memiliki beberapa kesamaan, tetapi potterhouse diambil dari pinggang pendek di bagian belakang. Ini menawarkan rasa daging yang lezat memadukan rasa dari pinggang dan fillet. Sangat empuk dan juga memberikan tekstur yang bagus.

T-Bone

T-Bone juga berasal dari short loin. Tulang berbentuk T yang menjadi asal muasal namanya yang memisahkan dua bagian dari tulang pinggang. Potongan ini menawarkan tekstur dan rasa dari tenderloin, dan steak strip yang berpadu menjadi satu potongan besar daging sapi. T-bone adalah steak yang enak untuk dipanggang, dan tidak memerlukan banyak tambahan.

daging untuk bbq
unsplash

Tenderloin

Potongan tenderloin adalah salah satu potongan populer yang diambil dari bagian pinggang. Tenderloin dikenal sangat empuk menjadikannya favorit untuk BBQ. Tenderloin menjadi salah satu potongan paling populer karena kelembutannya, dan oleh karena itu, harga potongan ini menjadi sedikit lebih mahal jika dibandingkan yang lainnya.

Steak Terbaik Untuk Tahun Baruan

Pada akhirnya, menemukan steak terbaik untuk dipanggang akan sangat bergantung pada preferensi Kita pribadi. Apakah Kita lebih menikmati steak yang empuk dan berair atau sesuatu yang lebih keras dengan tekstur yang kaya. Cobalah untuk merasakan beberapa jenis potongan daging diatas, lalu Kita bisa lihat ke mana selera mengarahkan.

Tapi yang pasti pesta tahun baruan akan menjadi hari yang sempurna jika ada daging grill. Dipadukan dengan suasana dan dikelilingi orang tersayang, steak benar-benar bisa membuat momen Tahun Baru yang berkesan.

Facebook Comments