Pada dasarnya setiap orang dapat memiliki kulit kasar bahkan kering pada kaki dari waktu ke waktu, terutama pada cuaca dingin. Belum lagi disela-sela kesibukan sehari-hari, wajar jika telapak kaki kita kasar – kaki adalah bagian tubuh yang tugasnya membawa kita kemana-mana kan? Kalau kamu sedang mengalami kondisi tersebut, kemungkinan salah satu penyebab kulit gatal dan kering pada kakimu adalah karena panas terik dari luar.

Situasinya akan menjadi berbeda jika kaki kering juga meradang (yang membuat kulit menjadi merah) dan bersisik atau bahkan gatal, karena kemungkinan besar ini merupakan tanda infeksi jamur pada kulit. Jangan panik dulu, karena faktanya penyakit ini sangat umum menimpa orang-orang di seluruh dunia.

Jika kakimu menunjukkan berbagai gejala kutu air yang disebutkan di atas, terutama jika kulitnya bersisik dan gatal, maka inilah tandanya bahwa kamu perlu segera mengambil tindakan. Kamu dapat berbicara dengan dokter kulit dan mendapatkan krim antijamur yang akan meredakan gejala tersebut dan menghilangkan jamur penyebab kulit kering dan gatal pada akarnya. Selain itu, tips berikut juga dapat membantu mengatasi kutu air sampai ke akarnya:

Cara Cepat Atasi Kaki Kering karena Kutu Air

kutu air
canesten.co.id

Oleskan krim anti jamur.

Jika gejala kutu air sama dengan di jari kaki dan tumit, kamu bisa menggunakan obat antijamur dengan bifonazol 1%. Bahan aktif mengobati infeksi jamur secara efektif dan cepat. Tidak perlu sering-sering, cukup aplikasikan fungisida satu kali sehari. Sederhana dan praktis, buang jamur seperti seorang profesional! Kulit jadi nyaman kembali karena tidak gatal seharian.

Kenakan alas kaki yang bersih dan kering.

Kutu air yang menyerang di antara jari-jari kaki juga dapat dirawat dengan salep oles/obat luar. mengenakan sepatu yang tidak diperkuat atau sepatu terbuka dan memastikan bahwa kaki selalu benar-benar kering di sela-sela jari kaki.

Menggunakan barang pribadi.

Selain itu, hindari berbagi tempat atau barang publik seperti handuk atau sepatu dengan siapa pun untuk menghindari penyebaran jamur penyebab kulit kering dan gatal. Jangan lupa untuk memisahkan pakaian, handuk, dan linen dari pakaian lain.

Jangan menggosok kulit yang terinfeksi.

Batu apung sering digunakan sebagai alat eksfoliasi kulit tradisional yang biasanya berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, jika sebelumnya memang kamu pernah terkena kutu air, sebaiknya hindari mengoleskan batu apung pada kulit kaki yang bersisik karena dapat memperparah infeksi jamur pada kulit.

Jamur selalu ada di sekitar kita, misalnya seperti di tanah, di udara, di air, di tanaman, hewan peliharaan, dan bahkan di permukaan kulit manusia. Karena keberadaannya yang sulit dihindari, terdapat risiko yang besar bagi kita semua tertular kutu air, terutama ketika sistem kekebalan tubuh dalam kondisi kesehatan yang buruk.

Facebook Comments