kelebihan Omnichannel
kelebihan Omnichannel

Dunia marketing selalu menghadirkan berbagai macam inovasi yang bertujuan untuk memudahkan marketer memasarkan produk-produk mereka.

Dikutip dari blog.botika.online , omnichannel adalah strategi yang digunakan praktisi marketing untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lancar di berbagai saluran.

Omnichannel bukan hanya tentang menggunakan semua saluran untuk menjual produk dan layanan, tetapi juga tentang menggunakan pendekatan marketing yang menyeluruh.

Misalnya, toko ritel dapat menggunakan situs web mereka untuk mempromosikan penjualan yang akan datang di toko, sementara tim media sosial mereka dapat menggunakan tagar di Instagram untuk mendorong pembeli datang ke toko.

Keunggulan Layanan Pelanggan Omnichannel

Layanan pelanggan omnichannel adalah strategi yang memungkinkan bisnis memberikan layanan terbaik kepada pelanggan mereka.

Ini penting karena membantu perusahaan untuk mengikuti perubahan harapan dan permintaan pelanggan.

Keuntungan dari layanan pelanggan omnichannel adalah:

  1. Pelanggan dapat berhubungan dengan perusahaan kapan saja dan di mana saja,
  2. Perusahaan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan,
  3. Kebutuhan pelanggan terpenuhi lebih cepat dan efisien.

Tiga hal diatas menjadi keunggulan teratas karena memang omnichannel strategi focus utamanya adalah menghadirkan sebanyak-banyaknya pelanggan yang puas dengan pelayanan bisnis anda. Dari pelanggan-pelanggan yang terpuaskan inilah akan tercipta “loyal customer” yang akan selalu menggunakan produk-produk anda.

Tidak memungkin pengguna setia sebuah produk akan juga menggunakan produk lain dari perusahaan anda karena percaya dengan kualitas dan kepuasan layanan yang mampu perusahaan anda berikan kepada mereka.

Omnichannel

Bagaimana Omnichannel Bekerja?

Strategi omnichannel adalah pendekatan marketing dengan menggunakan banyak saluran yang saling terintegrasi satu sama lain. Fokus dari strategi omnichannel adalah pada kepuasan pelanggan.

Perlu di garis bawahi bahwa tidak otomatis metode marketing dengan menggunakan banyak saluran di sebut sebagai omnichannel.

Meskipun omnichannel memiliki prinsip dasar yang sama dengan multichannel, tetapi omnichannel memiliki aturan tersendiri yang sama sekali berbeda dengan strategi multichannel.

Perbedaan Utama Omnichannel VS Multichannel

Terdapat 3 perbedaan mendasar antara omnichannel vs multichannel berikut ini adalah penjelasanya:

Quantity vs Quality

Multichannel lebih menitik beratkan kepada melibatkan sebanyak mungkin channel untuk melakukan kampanye marketing dengan tujuan mendatangkan penjualan atau traffic sebanyak-banyaknya.

Semakin banyak channel yang di gunakan akan lebih baik, karena dengan semakin banyak channel yang di gunakan kemungkinan brand anda di temukan oleh customer akan semakin besar.

Tetapi walaupun menggunakan banyak channel, antar channel ini tidak salaing terkait terutama dari segi konten.

Jadi misalkan customer menemukan konten A di platform Instagram ketika ia mengunjungi facebook maka bisa saja ia tidak menemukan konten dengan tema yang sama.

Hyper Personal Experience

Strategi pemasaran omnichannel mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan untuk memahami titik kesulitan mereka. Analisa ini membutuhkan banyak upaya untuk memberikan pengalaman yang khusus dan bersifat personal.

Sedangkan pendekatan multichannel berfokus untuk memotivasi pelanggan menggunakan call to action (CTA).

Dengan strategi omnichannel, Anda berupaya ekstra untuk memahami perjalanan pelanggan dengan lebih baik untuk melayani dengan solusi yang dipersonalisasi.

Channel VS Customer

Layanan omnichannel adalah pendekatan holistik yang menghubungkan semua saluran untuk terlibat dengan pelanggan memastikan pengalaman merek yang mulus di setiap saluran.

Strategi omnichannel bertujuan untuk mengembangkan hubungan bisnis-pelanggan yang lebih kuat.

Sedangkan pendekatan multichannel bertujuan untuk memungkinkan pelanggan menjangkau produk melalui jumlah saluran maksimum.

Ini mengadopsi dua atau lebih saluran untuk melibatkan pelanggan dan yang paling populer adalah media sosial & email.

 

Facebook Comments