Indonesia adalah negara yang memiliki wilayah yang sangat luas dengan terdiri dari untaian kepulauan yang tersebar di sepanjang khatulisitiwa. Begitupun latar belakang masyarakatnya sangat beragam mulai dari suku, agama, adat istiadat, dan tradisi. Untuk itu, ada banyak tantangan untuk mengelola keberagaman dan pluralisme bangsa yang besar ini. Dan Infrastruktur adalah salah satu hal yang bisa merekatkan persatuan kita sebagai sebuah Negara.

Sebelum membuat rencana besar, kebutuhan dasar harus dipenuhi terlebih dahulu.

Ketika infrastruktur belum memadai, ekonomi akan berjalan dengan sangat tidak efisien karena biaya logistik tinggi, bisnis kurang berdaya saing, dan timbulnya ketidakadilan sosial.

Saat ini Kita bisa lebih bersyukur karena Pemerintah dengan semangat Nawa Cita butir ketiga yakni “membangun dari pinggiran” dijalankan dengan cukup konisten. Prinsip pembangunan yang diterapkan adalah Indonesiasentris, sehingga lebih merata dan berkeadilan bagi seluruh wilayah di Indonesia.

Asa Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Indonesia Timur

Kawasan Indonesia Timur yang terdiri dari Sulawesi, Pulau Nusa Tenggara, Bali, Maluku hingga Papua kini sedang menjadi fokus pembangunan infrastruktur. Ada banyak proyek strategis nasional yang terus dikebut pengerjaanya. Mulai dari akses jalan, Kawasan Industri baru, Pelabuhan, Bandara, hingga Bendungan, Sistem Irigasi dan banyak lagi yang lainnya.

Sulawesi sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia dalam perdagangan internasional dan pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia terus berbenah. Pembangunan Makassar New Port sebagai pelabuhan terbesar di Indonesia Timur, serta pembangunan 3 bendungan besar dan jalur kereta api yang menghubungkan kota-kota seperti Parepare, terus memperkuat posisi Makassar sebagai penghubung di kawasan.

pertumbuhan ekonomi KTI
pertumbuhan ekonomi KTI, katadata

Begitu juga Maluku, Papua, Bali dan Nusa Tenggara yang memiliki proyek strategis nasionalnya sendiri. Menjadikan kawasan ini terus berbenah kearah yang lebih baik. Hasilnya, Kawasan Indonesia Timur memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang fantastis diatas rata-rata nasional.

Peran Semen Tonasa Menghadirkan Infrastruktur yang Kokoh, Kuat dan terpercaya di Timur Indonesia

Pembangunan infrastruktur tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan akan berbagai material konstruksi untuk dapat mendukung proses pembangunannya. Semen Tonasa memegang peranan yang sangat penting untuk hal ini, dengan posisinya yang strategis di gerbang timur Indonesia. Menyediakan semen berkualitas untuk bangunan infrastruktur yang kuat, kokoh dan terpercaya.

Semen Tonasa memiliki sejarah panjang dan track record yang baik dalam berkontribusi pembangunan di Indonesia Timur. Berdiri sejak tahun 1968 hingga saat ini perseroan terus berkembang dan konsisten menghadirkan produk terbaiknya. Menjadi pabrik semen terbesar di Kawasan Indonesia Timur dengan luas pabrik hingga 1.571 hektar dan kapasitas produksi terpasang hingga 5.980.000 ton.

Semen Tonasa adalah market leader produk semen di Indonesia Timur, hal ini dicapai tidak lepas dari solidnya jaringan distribusi yang tersebar luas di beberapa wilayah penting Indonesia Timur. Unit packing plant tersebar di Pulau Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua memastikan produk bisa terdistribusi dengan cepat dan merata.

Untuk pendistribusian produk ke unit packing plant yang tersebar di berbagai lokasi tersebut, perseroan memiliki Pelabuhan Khusus Biringkassi dan armada kapal untuk mengangkutnya melalui anak usaha Tonasa Lines yang berdiri sejak Februari 1989. Inilah yang menjembatani kebutuhan logistik semen curah sehingga stoknya selalu terjaga di setiap packing plant.

Untuk kebutuhan listrik, Semen Tonasa Sarana memiliki pembangkit listrik sendiri. Ini menjadi unit pendukung operasi yang berkontribusi besar terhadap pencapaian perseoran. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan kapasitas 2×25 MW dan 2×35 MW ditambah lagi dengan hadirnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebesar 10 kWp yang ramah lingkungan.

Mahakarya Tonasa Untuk Negeri

Semen Tonasa terus menghadirkan mahakarya infrastruktur yang kuat, kokoh dan terpercaya di pelosok negeri, terutama Indonesia Timur. Mengubah wajah kawasan ini menjadi lebih modern dan setara dengan kawasan lain di Negeri ini.

Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih di Ambon, ini adalah jembatan terpanjang di kawasan Indonesia timur dengan panjang 1.140 meter. Jembatan ini membentangi Teluk Dalam Pulau Ambon dan menghadirkan konektifitas yang lebih mudah bagi masyarakat. Dari Ambon ke Bandara Pattimura kini bisa ditempuh selama 30 menit dari semula bisa menghabiskan waktu hingga 2 jam. Kondisi ekonomi juga makin meningkat karena akses yang jauh lebih mudah dan efisien.

Jembatan Merah Putih kini adalah simbol kebanggan bagi masyarakat Ambon, nama yang dipakainya juga begitu mencerminkan rasa nasionalisme sehingga bisa merekatkan kembali hubungan antar masyarakat yang dulu pernah bertikai. Ini membuktikan bahwa Infrastruktur tidak hanya menyatukan wilyah tetapi juga masyarakat disekitarnya.

Bandara Hasanudin

Bandara Hasanudin adalah bandara terbesar di Kawasan Indonesia Timur, luasnya kurang lebih 381 hektar. Menyediakan fasilitas lengkap dengan arsitektur yang unik sehingga menjadi pintu gerbang yang cantik bagi siapapun yang datang kesini. Bandara ini memiliki kapasitas hingga 7 juta penumpang dan akan mencapai 13 juta penumpang setelah perluasannya selesai.

Bandara Ngurah Rai Bali

Bandara Ngurah Rai di pulau Dewata ini laksana wajah bagi Indonesia di mata para turis asing yang datang. Bandara Ngurah Rai beberapa kali menyabet penghargaan bandara teribaik di Dunia. Dan tahukah Kamu, bandara ini dibangun menggunakan Semen Tonasa yang kokoh.

Diatas hanyalah sebagian kecil dari kontribusi Semen Tonasa, masih banyak proyek strategis nasional lainnya baik yang sudah selesai maupun sedang dilakukan pengerjaanya di Kawasan Indonesia Timur. Ini tentunya adalah bukti nyata Semen Tonasa berkontribusi secara lebih luas bagi Negara.

Bagi masyarakat sendiri, dengan adanya semen berkualitas Semen Tonasa tentunya akan sangat berguna saat ingin melakukan pembangunan. Baik itu perumahan, jalan atau jembatan sehingga pada akhirnya dapat mengubah wajah sebuah wilayah secara keseluruhan menjadi lebih tertata dan modern.

Berkontribusi untuk Masyarakat dan Lingkungan Lewat program CSR

Semen Tonasa tidak hanya berkontribusi lewat produk semen berkualitasnya semata tetapi juga melalui berbagai kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR yang dilakukannya. Empat pilar utama yang didalamnya terdapat berbagai program dan kegiatan TJSL tersebut adalah Program Sehat Tonasa, Cerdas Tonasa, Bina Mitra Tonasa dan Desa Mandiri Tonasa.

Program ini memiliki tujuan mulai dari meningkatkan kesehatan, mempromosikan kesadaran hidup sehat, meningkatkan mutu pendidikan, Ekonomi mandiri masyarakat, mengurangi dampak operasi, kelestarian lingkungan dan ketersedian energi.

Salah satu komitmen Semen Tonasa di bidang lingkungan dibuktikan dengan berperan penting dalam diterimanya Geopark Maros-Pangkep sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Perusahaan memiliki awarenes untuk menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup ditengah aktifitas industri. Dengan mendukung penuh upaya konservasi alam dan lingkungan seperti membentuk Biosite Taman Keanekaragaman Hayati dan Geosite Bulu Sippong yang berada di kawasan perusahaan.

Semen Tonasa Berkomitmen untuk Terus Mempersembahkan yang Terbaik

Kokoh, Kuat dan Terpercaya itulah semangat yang selalu dipegang teguh oleh Semen Tonasa. Kepuasan konsumen kepada produk yang dihasilkan adalah prioritas utama yang tidak bisa ditawar lagi. Semen Tonasa terus berbenah dan berinovasi mulai dari manajemen mutu melalui ISO 9001:2008, hingga ke manajemen lingkungan dengan mendapat sertifikat EMS ISO 14001:2004 juga ISO 50001:2011, dan manajemen sistem keselamatan dengan diraihnya SMK3:1996.

Selain itu, Semen Tonasa juga menciptakan lingkungan yang mendorong karyawan untuk terus berinovasi dalam segala bidang. Belum lama ini dua karyawannya berhasil mendapat sertifikat paten untuk inovasinya. Sehingga total saat ini sudah ada 4 paten yang berhasil dikantongi oleh Semen Tonasa melalui inovasi karyawannya. Bahkan ada 7 paten lagi yang masih dalam proses pengajuan.

PT Semen Tonasa Patenkan 2 Inovasi
https://www.sementonasa.co.id/pt-semen-tonasa-patenkan-2-inovasi-karyawan%EF%BF%BC/

Menjadi market leader dan perusahan yang terbesar serta terbaik tidak melenakan Semen Tonasa untuk terus berbenah dan berinovasi. Ditengah persaingan yang tinggi seperti sekarang ini, kreatifitas dan inovasi memang sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi.

Semen Tonasa Membantu mewujudkan Infrastruktur yang Mampu Mesejahterakan Masyarakat

Agar dapat memberikan dampak yang besar dalam jangka pendek dan stabilitas jangka panjang, infrastruktur harus berkelanjutan, tangguh, dan inklusif. Selain itu infrastruktur juga harus bisa memberikan nilai sosial dan ekonomi bagi semua orang sehingga lebih berkeadilan.

Dengan semangat pembangunan Indonesiasentris, Semen Tonasa mengambil peran yang sangat penting dalam mewujudkan hal ini. Konektifitas antar wilayah, Pembangunan gedung layanan masyarakat, Kawasan Industri baru, Irigasi dan bendungan untuk pertanian. Semen Tonasa membangun Indonesia Timur menjadi lebih modern dan tertata hingga pada akhirnya mampu membahagiakan masyarakat luas.

bahan tulisan:

  • https://www.sementonasa.co.id
  • Youtube company profile Semen Tonasa
  • https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/08/pertumbuhan-ekonomi-maluku-utara-tertinggi-se-indonesia-di-kuartal-ii-2022
  • https://fajar.co.id/2022/10/25/kontribusi-semen-tonasa-ikut-antar-geopark-maros-pangkep-diakui-warisan-dunia/5/?page=all

Facebook Comments