TRUK FAW

FAW atau First Automobile Works adalah produsen kendaraan asal negeri tirai bambu yang memiliki track record sangat baik dalam menghadirkan kendaraan truk dan heavy duty yang reliable dan disaat yang bersamaan juga ramah lingkungan. Karena saat ini perubahan iklim dan pemanasan global menjadi perhatian bersama dari banyak negara di Dunia. Dan sektor transportasi adalah salah satu sektor yang paling disorot karena memiliki andil yang cukup besar dalam menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Sebagai upaya untuk menguranginya adalah dengan menerapkan standar emisi gas buang dari negara-negara eropa. Standar Euro mengatur ambang batas emisi gas buang dari setiap kendaraan yang pada akhirnya mendorong produsen kendaraan untuk memproduksi mesin yang semakin rendah emisi.

Untuk Indonesia sendiri, standar Euro 4 bagi mesin diesel resmi diberlakukan pada bulan April 2022. Setelah sebelumnya sempat ditunda satu tahun karena adanya pandemi. Ini adalah bentuk nyata pemerintah dalam mengurangi emisi gas buang kendaraan terhadap lingkungan. Regulasi ini berlaku bukan hanya untuk kendaraan penumpang, tetapi juga untuk angkutan barang dan juga kendaraan bermotor gandengan atau tempel.

FAW Selangkah di Depan Dengan Menghadirkan Kendaraan Euro 5

FAW adalah penguasa segmen mobil truk medium-heavy duty no 1 di Tiongkok dengan track record yang panjang sejak tahun 1953. Sebagai produsen otomotif milik pemerintah Tiongkok, FAW terus berkembang untuk menghadirkan truk produk dengan durabilitas yang tinggi karena dari segi material maupun komponen yang digunakan memiliki kualitas terbaik.

Saat Indonesia baru memberlakukan standar emisi Euro 4, dan FAW berada selangkah di depan dengan menghadirkan produk terbaru yang sudah memiliki standar Euro 5. Dari segi teknologi, FAW sangat siap menghadirkan truk-truk dengan mesin ramah lingkungan mengingat di Tiongkok sendiri sudah mengadopsi Euro 6.

PT GMM sebagai Agen Pemegang Merek menghadirkan produk yang uptodate bagi para pelanggan setianya. Adapun aplikasi Euro 5 dipilih ketimbang Euro 4 karena standar regulasi yang berlaku saat ini kemungkinan akan segera berganti lagi. Mengingat di beberapa negara maju sendiri standar yang berlaku sudah memasuki Euro 6. Dengan menghadirkan lini truk berteknologi Euro 5 di masa sekarang, peralihan tersebut akan bisa terjadi dengan lebih lancar.

Pertimbangan selanjutnya adalah dengan memasukan mobil truk Euro 5 maka sparepartnya akan lebih terjamin. Ini karena teknologi Euro 5 hampir mirip dengan Euro 6 jadi ketersediannya masih terjamin dalam jangka waktu yang lebih panjang. Sebaliknya jika dimasukan euro 4 dalam beberapa tahun kedepan akan sulit didapat karena ekosistemnya sendiri sudah berubah.

Kelebihan Truk FAW Euro 5

Kelebihan Truk FAW Euro 5

Lebih Ramah lingkungan

FAW menghadirkan Truk murah dengan harga jauh lebih terjangkau tetapi dari sisi spesifikasi jauh lebih unggul dengan fuel consumption lebih irit. Truk FAW dibekali dengan mesin berstandar emisi Euro 5 yang dilengkapi Selective Catalytic Reduction (SCR), yaitu teknologi yang dikombinasikan dengan cairan AdBlue yang secara signifikan dapat mengurangi pembuangan gas berbahaya ke atmosfer dan penghematan bahan bakar.

Torsi Kuat, mesin lebih Halus dan Efisien

FAW Trucks menggunakan engine dengan torsi besar, tetapi dengan CC yang kecil, sehingga mempunyai tenaga yang kuat untuk medan berat tetapi penggunaan BBMnya bisa sangat hemat. Selain itu dari segi mesin, Euro 5 FAW Truck mudah dalam perawatan dan biayanya juga jauh lebih efisien. Hal ini tentunya akan menguntungkan karena dapat mengurangi biaya operasional perusahaan.

Bisa Memakai Bio Solar

Walaupun sudah memakai standar Euro 5 tetapi produk truk FAW bisa mengkonsumsi BBM Bio Solar. Dikutip dari channel Youtube TransGo, sejak 2 tahun lalu FAW sebetulnya sudah menghadirkan produk Euro 5 yakni tractor head 6×4 550hp yang beroperasi di Sumatra, Jawa bahkan mengangkut alat berat di Kalimantan dapat beroperasi dengan baik walau memakai Bio Solar. Begitupun dengan truck Euro 5 yang saat ini didatangkan sudah melalui serangkaian tes dan dipastikan memiliki kinerja yang sangat baik di kondisi jalanan dan BBM Indonesia.

Fitur lebih advance

Fitur baru ditambahkan mulai dari tampilan lebih fresh, kabin, panel instrumen baru, dan sistem panduan pengemudi. Fitur ini kemudian akan membuat driver lebih nyaman, efisien dan safety. Selain itu ditambahkan juga fitur lebih advance seperti Fleet Manajemen System yang memungkinkan konsumen bisa memantau armada dari kantor secara langsung.

Perusahaan bisa mendapatkan informasi real-time tentang di mana kargo berada dan apakah itu bergerak sesuai jadwal. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melacak pengemudi dan kendaraan, mengelola pengiriman dan penjadwalan dari jarak jauh, pengiriman dan pengambilan, meningkatkan perawatan armada, dan banyak lagi.

Jajaran Produk Truk Euro 5 dari FAW yang dibawa PT GMM

Untuk menyambut regulasi Euro 5 yang diterapkan oleh pemerintah PT GMM memboyong seri terbaru truk FAW yang sudah mengadopsi standar Euro 5 ini. Seri produk terbaru ini terdiri dari Dump Truck, Tractor Head, Cargo Truck, Truck Molen hingga Manhauler.

Tractor Head

Tractor head
Tractor head FAW

Tractor head ini bisa digunakan sebagai penarik trailer, baik itu kontainer trailer, angkut alat berat, hingga kargo. Truk jenis ini cocok untuk industri pertambangan, transporter cargo dan alat berat. Tersedia beberapa pilihan mulai dari 4×2 290hp, 6×4 390hp, 460hp, dan 550hp sehingga lebih leluasa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kargo truk

cargo truk
cargo truk FAW

Cargo truck akan terus meningkat seiring dengan kebutuhan logistik yang akan terus berkembang. FAW menyediakan truk kargo dengan pilihan 4×4, 6×2, 6×4 hingga 8×4 juga pilihan tenaga 240hp, 290hp, 375hp. Truk kargo flatbed dan juga van cargo yang mempunyai bak tertutup sehingga barang bisa terlindungi selama pengiriman.

Dump truk

dump truk
dump truk FAW

Dump Truck adalah salah satu produk unggulan dari PT GMM yang biasanya populer di area pertambangan dengan kondisi jalan yang berat. Walaupun begitu ada pilihan mulai dari konfigurasi 4×4, 6×4 dan 8×4 dengan torsi mesin yang besar dan irit bahan bakar.

Truk Molen/Mixer Truk

truk molen
truk molen FAW

PT GMM juga menghadirkan seri Truk Molen yang berfungsi untuk membawa beton curah ke tempat konstruksi. Sudah dibekali dengan mesin standar Euro 5 dan Turbo sehingga lebih bertenaga.

Manhauler

manhauler

Kebutuhan mobilisasi orang di site mining melengkapi jajaran produk truk yang dihadirkan oleh PT GMM.

PT GMM Your Trusted Business Partner

GMM
GMM

PT Gaya Makmur Mobil (GMM) adalah satu-satunya dealer truk brand dari Tiongkok yang tidak pernah berubah-rubah atau berganti brand. PT GMM sangat konsisten sebagai agen tunggal pemegang merk untuk FAW Truk sejak tahun 2009. Pilihan truknya beragam untuk segmen market yang berbeda seperti untuk sektor logistik, konstruksi, pertambangan, kehutanan dan perkebunan.

GMM sangat serius dan komit dari awal dalam menghadirkan truk FAW di Indonesia dengan menyiapkan layanan after sales yang mumpuni sehingga konsumen dapat merasa nyaman dan tidak khawatir selama memakai produk FAW. Hingga saat ini GMM jaringan dealer tersebar di Indonesia mulai dari Pekanbaru, Jambi, Medan, hingga ke Indonesia Timur yaitu Makasar, Kendari dan Sorong. Selain itu, GMM juga aktif dalam beberapa event otomotif seperti yang terakhir pada gelaran Mining Expo Indonesia 2022.

GMM Mining Expo Indonesia 2022
GMM pada acara Mining Expo Indonesia 2022

PT GMM Memberikan Jaminan after sales yang mumpuni

PT GMM bukan hanya sebagai trading company yang menjual unit lalu setelah itu selesai, tetapi lebih dari itu juga memiliki komitmen untuk layanan after sales yang terbaik. Seperti menjaga ketersediaan sparepart, teknisi yang terlatih, dukungan dealer yang tersebar di beberapa wilayah bahkan hingga pelatihan driver sekalipun.

after sales faw truk

1. Pelatihan Driver dan Teknisi

PT GMM mendirikan Pusat pelatihan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional di bidang trucking. Upgrade teknis dan skill ini diberikan oleh para pelatih yang sangat berpengalaman. Dengan SDM yang berkualitas, PT GMM siap melayani dengan profesional dan dapat diandalkan.

Selain itu GMM juga memberikan kesempatan kepada pelanggan dapat mengirimkan mekanik dan driver untuk diberikan pelatihan teknis & skill agar bisa memahami dan mengerti tentang produk GMM sehingga pada akhirnya dapat memberikan perawatan dan perbaikan dengan tepat.

2. Kontrak Layanan Pemeliharaan

Sebagai kendaraan Truk FAW bagaimanapun membutuhkan pemeliharaan agar dapat berjalan dengan baik. GMM memiliki program pelayanan servis berkala dan penggantian spare part sesuai dengan jadwal servis.

Layanan ini berupa jasa mekanik on site untuk perawatan & perbaikan serta penggantian parts. Selain itu GMM juga menyediakan kontrak layanan pemeliharaan lengkap “Full Maintenance Contract” sehingga pelanggan tidak perlu bingung dan bisa lebih fokus ke bisnis.

3. Garansi

Semua produk Truk FAW dari PT GMM akan diberikan garansi servis dan suku cadang dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi untuk hal ini konsumen tidak perlu merasa khawatir karena GMM akan memastikan bahwa unit akan dapat beroperasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

4. Layanan 24/7

Pelanggan bisa menghubungi layanan dukungan terhadap customer berupa informasi, bimbingan teknis, perbaikan sederhana dan troubleshooting melalui layanan telepon atau WhatsApp kapanpun dibutuhkan.

5. Ketersediaan suku cadang

Ketersediaan suku cadang adalah suatu keharusan sehingga ketika ada trouble pelanggan tidak perlu menunggu lama. GMM sebagai Agen Pemegang Merek Tunggal, menyediakan sistem layanan distribusi Sparepart dengan Sistem barcode dan terintegrasi antar cabang-cabang, dealer-dealer dan Part Shop GMM di seluruh Indonesia. Sehingga stok dapat dipantau dan dilakukan restocking dengan cepat ketika dibutuhkan. Selain itu GMM masuk ke e-comerce, jadi bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

6. Program Pertukaran Komponen

GMM memiliki program tukar tambah komponen yang tentunya akan membantu pelanggan setia kami mengurangi waktu tunggu kerusakan unit akibat kendala pada komponen.

7. Konsinyasi Suku cadang

Konsinyasi adalah program yang memungkinkan untuk menempatan sparepat di dalam area pelanggan dengan perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak. Dengan konsinyasi ini pelanggan dapat mengurangi biaya inventaris sprepart juga memastikan ketersediaan lebih baik lagi.

Kesimpulan

Langkah baru PT GMM dengan menghadirkan jajaran produk TRUK FAW Euro 5 menunjukan bahwa perusahaan memiliki komitmen yang tinggi untuk selalu turut serta dalam menggerakkan sektor industri Indonesia. Dan juga ikut berkontribusi untuk mewujudkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Disamping itu kepuasan pelanggan adalah tujuan utama dari GMM, untuk itu perusahaan selalu memberikan produk terbaru yang berkualitas tinggi, harga yang lebih ekonomis dan pelayanan after sales yang dapat diandalkan. Pada akhirnya semua ini menunjukan bahwa PT Gaya Makmur Mobil adalah “trusted business partner” yang sesungguhnya bagi para pelanggan.

sumber penulisan:

  • https://gmmobil.com/index.php/after-sales-service/
  • https://news.olx.co.id/faw-pamer-truk-tangguh-standar-emisi-euro-5/
  • https://fawindonesia.com/blog/
  • youtube channel Transgo

 

Blog Competition FAW
Blog Competition FAW

Facebook Comments