Tips Memilih Baby Cot yang Awet dan Tahan Lama

Memilih tempat tidur bayi yang nyaman sangatlah penting, karena bagaimanapun proses tidur akan sangat berarti bagi perkembangan si kecil. Saat ia bisa tidur dengan baik maka hormon pertumbuhannya akan bekerja dengan optimal. Kemampuan kognitifnya juga meningkat dan selain itu suasana hatinya juga menjadi lebih baik.

Jika memungkinkan, pilihlah ranjang bayi atau Baby Cot untuk tempat tidur si kecil. Ranjang bayi bisa memberikan lebih banyak ruang bagi bayi untuk bergerak dan meregangkan tubuh. Ia akan lebih leluasa jika dibandingkan harus tidur bersama orang tuanya dalam satu kasur. Cot memberikan ruang yang cukup bagi bayi untuk berputar, berguling, dan meregang, sehingga bisa tumbuh dan berkembang.

Memilih baby cot yang awet dan tahan lama dimulai dengan mempertimbangkan bahan, kepraktisan dan fitur keselamatan yang dimilikinya. Karena dalam usia 2 sampai 3 tahun pertamanya, bayi akan menghabiskan sebagian besar waktunya disini. Jadi pastikan kita memilih baby cot yang dibuat dengan baik sehingga bisa bertahan lama, nyaman dan aman.

Inilah Yang Harus diperhatikan Saat Memilih Baby Cot

baby cot yang aman
startingblocks.gov.au/

1. Apakah Sisinya bisa dibuka atau tidak

Tempat tidur bayi memiliki beberapa pilihan model, diantaranya jenis yang tradisional dimana semua sisinya tidak dapat dipindahkan atau dibuka. Tetapi ada juga baby cot yang bisa dibuka salah satu sisinya agar memudahkan orang tua untuk meletakan dan mengambil si kecil.

Namun yang perlu di ingat adalah selalu menguncinya kembali untuk menghindari si kecil terjatuh karena bersandar pada sisi yang kurang kokoh. Selain itu pastikan sisinya tersebut cukup tinggi sehingga tidak bisa dipanjat oleh si kecil.

2. Pastikan memiliki celah yang aman

memilih baby cot
sumber choice.com.au

Tempat tidur bayi biasanya memiliki celah diantara sisi-sisinya. Nah pastikan celah-celah tersebut aman sehingga tidak membuat tangan, kaki atau kepala bayi dapat tersangkut diantaranya.

3. Memilih Bahan yang Tepat

Tempat tidur bayi kebanyakan terbuat dari kayu solid atau memiliki lapisan plastik di sekitar tepinya. Karena akan dipakai dalam waktu yang cukup lama, maka pilih tempat tidur bayi yang memiliki bahan berkualitas. Selain itu pastikan bahan-bahan tersebut aman untuk kesehatan bayi, mulai dari cat finishingnya, bahan kasur, plastik dan yang lainnya.

4. Pilih Kasur yang Nyaman Namun jangan Terlalu lembut

Pilih kasur yang nyaman namun jangan yang terlalu lembut karena bisa membuat bayi susah bernafas ketika tengkurap. Kasur juga harus berukuran persis sama dengan ranjang bayi agar tidak ada kemungkinan bagi si kecil terjepit.

5. Tampilan juga penting

Jangan lupakan tampilan dari baby cot yang dipilih, karena akan dipakai dalam jangka waktu yang lama tentu kita tidak mau itu akan terlihat tua dan membosankan bukan? Pilihlah yang memiliki tampilan yang segar dan menarik, dan ini tentu tergantung pada preferensi masing-masing.

harga baby cot
pilih baby cot di mothercare.co.id

Hal yang harus di ingat.

Hal yang penting setelah kita memilih baby cot adalah bagaimana menempatkannya dengan sesuai. Untuk mengamankan si kecil saat ia tidur, tempat tidur bayi harus dijauhkan dari jendela, tirai, dan tali yang dapat digunakan bayi untuk menarik dirinya keluar dari tempat tidur atau dapat menimbulkan bahaya tercekik. Pastikan tempatnya aman dan mudah untuk diawasi oleh orang tua.

Lakukan pengecekan berkala pada baby cot yang dimiliki, seperti apakah perlu di kencangkan lagi sambungan-sambungannya atau tidak. Karena seiring waktu bisa saja sambungannya menjadi longgar yang mana akan membahayakan si kecil.

Bersihkan juga secara teratur, cuci kasurnya, seprai dan selimut jangan ketinggalan. Saat akan menidurkan si kecil, cek baby cot dari kemungkinan ada serangga atau mainan yang tertinggal yang bisa membuatnya tidak nyaman.

Facebook Comments