Banyak orang berkata bahwa perjalanan dinas keluar kota atau bahkan keluar negeri sambil berburu promo hotel adalah kesempatan untuk kerja dan liburan sekaligus. Katanya, momen tersebut sangat seru, susah dilupakan, dan bikin kecanduan. Tapi, apakah memang benar demikian?

Nyatanya, bekerja keluar kota tidak selalu menimbulkan kesan mendalam yang positif. Terkadang, kepala tetap pening karena menumpuknya pekerjaan padahal berada di kota lain dan sangat ingin healing. Nah, berikut beberapa hal yang asyik dan tidak asyik dari sebuah business trip dan bagaimana cara mengatasinya agar bisa tetap bahagia. Baca sampai selesai ya!

1.  Pergi jalan-jalan tapi tiket dan akomodasinya dibayarin Kantor

Melakukan meeting di kantor yang sama, dalam ruangan yang sama, juga suasana yang sama pada titik tertentu akan membawa kejenuhan tersendiri. Oleh karena itu, tak heran banyak kantor memutuskan untuk sesekali rapat di tempat serta suasana yang berbeda.

Jadi, pergi keluar kota tidak melulu perihal ketemu klien baru. Bisa saja alasannya karena bosan dan ingin merasakan hal yang berbeda. Pergi berjalan-jalan disebut sebagai salah satu cara yang bisa meningkatkan kreativitas otak. Bisa jadi, dengan mengambil jeda dan meeting di tempat lain, ada ide-ide baru bermunculan yang pada akhirnya membuat perusahaan dapat mengambil untung.

Nah, karena yang memutuskan untuk pergi berjalan-jalan adalah kantor, maka segala urusan mulai dari transportasi, hotel, makanan, serta oleh-oleh menjadi tanggung jawab kantor. Kantor bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti flash sale untuk mendapatkan diskon atau potongan harga yang lumayan namun tetap dengan fasilitas yang oke serta mumpuni.

Persiapan Bisnis Trip
Persiapan Bisnis Trip
pixabay.com

2.  Persiapan Untuk Perjalanan Dinas Alias Business Trip itu lebih ribet

Perjalanan Dinas, seperti halnya perjalanan biasa, anda harus tetap mempersiapkan segala hal sebelum waktu keberangkatan tiba. Dalam business trip, anda diharapkan tetap membawa pakaian kantor seperti kemeja atau celana yang rapi. Anda tidak boleh hanya membawa pakaian santai saja.

Hal ini membuat barang bawaan jadi meningkat dua kali lebih banyak. Terutama bila anda tidak tahu cara melipat pakaian yang benar sehingga menjadi kusut. Anda bisa mengatasinya dengan membawa setrika portable sehingga pakaian tetap rapi sebelum dipakai.

Selain kebutuhan pribadi, anda juga harus mempersiapkan kebutuhan kantor. Entah itu dokumen-dokumen, presentasi, ataupun peralatan lainnya. Tapi tenang, anda bisa menulisnya ke dalam list pekerjaan lalu centang satu persatu jika sudah selesai. Dengan membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum pergi, anda terhindar dari keaalpaan membawa dokumen ataupun kebutuhan pribadi.

Anda tidak perlu merasa ribet atau mengeluh terlalu banyak karena hal ini rentan membuat rasa bahagia menguap begitu saja. Tersenyum, dan coba lakukan step by step serta pastikan bahwa anda enjoy melakukannya.

3.  Mampu Membagi Waktu Untuk Pekerjaan Adalah Kunci Sukses Business Trip

Sebagian orang mengeluhkan business trip yang isinya rapat dari pagi sampai malam hari. Bagi mereka, hal ini merupakan kondisi yang sama dengan di kantor. Bahkan lebih melelahkan karena sebelum rapat harus melakukan persiapan serta perjalanan terlebih dulu.

Solusi terbaik adalah anda harus berusaha untuk membuat jadwal yang rasional. Hindari waktu untuk rapat yang terlalu lama karena justru akan menimbulkan rasa penat serta bosan. Lakukan rapat di pagi hingga sore hari saja, seperti jam kerja normal. Setelahnya, berikan hak untuk istirahat.

Pada sore hari, destinasi wisata biasanya sudah mulai tutup. Namun anda tidak perlu khawatir karena banyak tujuan wisata kuliner yang justru baru buka. Sambil menikmati jalanan di kota yang menjadi tempat anda menginap, anda harus meluangkan waktu untuk menjajal makanan serta menikmati suasana yang ada disana.

Maka dari itu, siapkan fisik yang prima sebelum berangkat perjalanan dinas. Rasanya akan sangat rugi jika berada di kota lain yang belum pernah dikunjungi namun anda hanya melewatkan waktu di kamar saja.

Meski memiliki suka dan duka, yakinlah kalau melakukan business trip tetap lebih banyak Sukanya. Kapan lagi anda bisa jalan-jalan keluar kota tanpa harus kehilangan hak cuti bukan? Terutama bila seluruh akomodasinya ditanggung oleh kantor.

Selain itu, anda juga bisa menjajal beragam alat transportasi. Ada orang yang baru bisa merasakan naik pesawat ketika sudah bekerja dan itupun karena mendapatkan kesempatan untuk perjalanan dinas. Bagi mereka yang berada di luar pulau Jawa, mungkin akan merasa takjub dan sangat excited ketika mencoba kereta api.

traveloka promo

Jadi, jangan bilang kalau business trip itu menyebalkan ya. Lakukan dengan santai, yakin deh perjalanan dinas anda akan jadi menyenangkan!

Oh iya, ada informasi lain yang perlu anda tahu nih! Saat ini anda bisa menemukan Holiday Stays yang merupakan produk terbaru dari Traveloka. Dulunya layanan ini bernama Villa and Apartment. Holiday Stays menyediakan jenis atau tipe akomodasi yang lebih lengkap dengan mengedepankan nuansa liburan yang lebih privat, seperti villa, apartemen, penginapan, guest house atau homestay, glamping, dan resort. Buka aplikasi Traveloka dan temukan produk holiday stays pilihan anda!

Traveloka Host sendiri adalah partnership program terbaru dari Traveloka. Anda bisa banget mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyewakan properti seperti apartemen, villa, penginapan, homestay, resort, dan berbagai jenis akomodasi lainnya. Tidak harus dalam bentuk perusahaan, perorang pun bisa loh. Segera kunjungi halaman Traveloka Host dan daftarkan properti anda sekarang juga!

Facebook Comments