harga mobil

Banyak yang bilang kalau beli mobil dengan kredit akan membuat rugi dibandingkan beli mobil cash. Hal ini terjadi karena Anda akan membayar berkali-kali lipat dari harga mobil jika membeli dengan cara kredit.

Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar Anda tidak dirugikan meski memilih beli mobil dengan cara kredit. Apa saja tipsnya? Simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Tips Kredit Mobil Agar Tidak Rugi

1. Perbesar Uang Muka

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbesar uang muka di saat awal pengajuan kredit. Umumnya, uang muka atau down payment (DP) yang harus dibayarkan minimal 30% dari harga mobil. Namun Anda bisa memperbesar DP di awal, misalnya 50% atau 60% dari harga mobil.

Dengan membayarkan uang muka lebih besar, cicilan yang perlu dibayarkan per bulan menjadi lebih kecil dan ringan. Perlu diingat bahwa cicilan tidak boleh melebihi 30% dari total penghasilan selama sebulan.

2. Pilih Jangka Waktu yang Singkat

Bunga berlaku dalam pembelian mobil dengan cara kredit. Bunga inilah yang membuat orang merasa rugi ketika kredit mobil. Pasalnya, total bunga bisa membuat harga mobil menjadi berkali-kali lipat dari harga normal.

Untuk mengurangi banyaknya bunga yang harus dibayarkan, Anda bisa memilih untuk memperpendek tenor atau jangka waktu kredit. Sebaiknya tenor tidak boleh melebihi 5 tahun atau sebelum masa ekonomis mobil berakhir.

3. Sertakan Asuransi

Jangan lupa untuk menyertakan asuransi dalam pembelian mobil secara kredit. Asuransi akan melindungi mobil dari hal-hal tidak terduga. Misalnya ketika mengalami kecelakaan di jalan raya, mobil penyok karena membentur dinding saat parkir, dan sebagainya.

Dengan asuransi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan sendiri. Dengan begitu, Anda bisa lebih hemat dan tidak rugi.

4. Manfaatkan Momen Spesial untuk Membeli Mobil

Membeli mobil secara kredit juga harus dilakukan di waktu yang tepat. Jadi, kapan waktu yang tepat tersebut?

Waktu yang tepat adalah ketika Anda sudah butuh dan budget untuk membeli mobil sudah tersedia. Agar lebih untung, Anda bisa memanfaatkan momen spesial untuk membeli mobil. Contohnya saat ada pameran otomotif, saat akhir tahun, dan di hari-hari spesial.

Tapi perlu diperhatikan, promo yang ditawarkan sebaiknya tidak membuat Anda berperilaku impulsif. Tetap perhatikan, apakah secara finansial Anda sudah siap untuk kredit mobil?

5. SEVA: Solusi Kredit Mobil Mudah dan Nyaman

Tips terakhir supaya Anda untung ketika memilih kredit mobil adalah menggunakan platform bernama SEVA. Salah satu produk Astra Financial yang satu ini mempermudah pembelian mobil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial konsumen.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, bisa dipastikan Anda tidak akan mengalami kerugian saat kredit mobil. Membeli mobil secara kredit juga jauh lebih ringan bagi sebagian orang. Jadi, tidak ada salahnya kalau Anda memilih cara tersebut.

 

Facebook Comments

Artikulli paraprakBedah Perbedaan Pajak Dan Retribusi Daerah
Artikulli tjetërTahukah Anda Tentang Kelainan Demiseksual? Ternyata Inilah Ciri – Ciri Jika Anda Mengalaminya  
Hallo, saya adalah Rusdiana. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.