mimpi

Mimpi basah memang menjadi hal yang biasa dialami oleh banyak kaum Adam, beragam faktorpun dapat menjadi penyebabnya. Seperti memimpikan hal yang berbau seksual, sampai pembuangan sperma tua yang sudah lama diproduksi namun tidak dikeluarkan karena tidak bersetubuh ataupun onani. Namun jika hal ini terjadi di tengah hari ketika menjalankan ibadah puasa, apakah dapat mimpi basah saat puasa dapat membatalkan?

Nyatanya sesuatu hal yang tidak bisa dikontrol alias tidak disengaja maka hal tersebut tidak bisa membatalkan ibadah puasa Ramadhan, hanya makan minum dan mengeluarkan air mani yang dilakukan dengan kesengajaan saja yang dapat membatalkan Ibadah Puasa Ramadan.

Hal tersebut dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Aisyah: “Ada tiga golongan yang dibebaskan dari ketentuan hukum, yaitu orang sedang tidur sebelum bangun, anak-anak sampai ia ihtilam (bermimpi basah tanda dewasa), dan orang gila sampai ia sembuh,” (H.R. Nasa’i, Abu Dawud, dan Tirmizi).

Dalam kejelasam lain juga diterangkan bahwa berdasarkan pendapat Abu Dawud Sulaiman bin Al-Asy’ats As-Sijistani dalam kitab Puasa Sunan Abu Dawud (2007:48). Menegaskan bahwa mimpi basah tidak akan bisa membatalkan puasa seseorang.

Pernyataan ini juga disokong oleh hadits riwayat Muhammad bin Katsir, bahwa Sufyan memberi kabar dari Zaid bin Aslam, dari salah satu sahabatnya, yang mengisahkan dari salah seorang sahabat Nabi, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Tidaklah batal puasa orang yang muntah [tak sengaja], mimpi basah, dan orang yang berbekam,” (H.R. Abu Dawud).

Walaupun sudah jelas begitu, saat ada seorang muslim mengalami mimpi basah di tidur siang ketiy menjalankan ibadah puasa, diwajibkan untuk segera mandi junub alias mandi besar. Dan setelahnya seorang muslim tersebut bisa kembali melanjutkan puasa hingga waktu berbuka di Maghrib nanti.

mimpi basah

Kemudian juga sering bermunculan mitos tentang mimpi basah yang sangat berbeda dengan faktanya, berikut ini ulasan tentang mitos dan fakta dari mimpi basah agar tak salah pengertian lagi:

  1. Obat Bisa Bikin Mimpi Basah

Mimpi basah setelah menikah juga bisa dipengaruhi obat-obatan. Nyatanya, menelisik salah satu penelitian dalam National Library of Medicine, efek samping obat-obatan termasuk penenang, dan obat tekanan darah berpengaruh dalam persoalan seksual pada pria. Obat-obatan ini menjadikan penurunan atau hilangnya libido, impotensi (gejala yang paling umum), atau kegagalan ejakulasi atau anorganisme.

  1. Tidur Tengkurap Bikin Mimpi Basah

Beberapa studi masih mempelajari hal ini, banyak pernyataan pria yang membenarkan tetapi tidak ada jaminan kalau tidur terlentang dapat mengurangi intensitas mimpi basah.

  1. Semua Pria Pernah Mimpi Basah

Pernyataan yang satu ini masih mitos ya karena kenyataanya, seseorang sangat mungkin untuk:

– Tidak pernah mengalami mimpi basah.

– Mimpi basah dengan cairan yang hanya sedikit, selama masa remaja.

– Mimpi basah yang teratur sepanjang hidup mereka.

  1. Sering Mimpi Basah Penis akan Mengecil

Sangat dipastikan ini mitos, karena tidak studi ilmiah yang membuktikan kebenarannya. Penyusutan organ reproduksi itu bisa terjadi karena penyakit, bukan karena mimpi basah.

  1. Mimpi Basah Pertanda Penyakit

Lagi-lagi pernyataan mitos muncul, mimpi basah yang terlalu sering selalu dikaitkan dengan penyakit. Padahal, yang benar justru sebaliknya. Mimpi basah adalah kejadian normal dan mungkin sebuah tanda fungsi seksual yang sehat.

Sekian informasi tentang mimpi basah saat puasa mulai dari mitos fakta dan hukumnya, semoga bermanfaat!!

Facebook Comments