mengatasi sunburn

Penyebab dari sunburn ini biasanya karena kita ini ada di bawah terik matahari dalam waktu yang cukup lama dan terkenal oleh sinar artifisial yang didalamnya ada kandungan ultraviolet (UV).

Tanda-Tanda Sunburn Pada Kulit

Jika Anda mengalami sunburn biasanya tandanya ini akan muncul selama 2 atau 6 jam setelah Anda terpapar, dan puncaknya ini ada di 12 hingga 24 jam. Ini dia beberapa gejala yang akan muncul:

  • Kemerahan dan ruam pada kulit
  • Pembengkakan
  • Iritasi kulit
  • Kulit terasa panas
  • Rasa perih
  • Melepuh

Untuk beberapa kasus yang cukup parah sunburn ini bisa membuat luka bakar yang ada di derajat 2, bisa menyebabkan dehidrasi, syok, infeksi, elektrolit tidak seimbang, hingga kematian.

Cara Mengatasi Sunburn

Kompres air dingin

Cara yang sangat praktis adalah dengan kompres dengan memakai air dingin, kompres di area yang terbakar dan gunakan air dingin atau air es. Kompres ini merupakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika Anda mengalami sunburn. Caranya cukup mudah siapkan lap dingin yang telah di rendam di air yang dingin lalu tampilkan es di atas kain supaya tidak terjadi iritasi.

Mandi

Cara selanjutnya adalah mandi, jika anda sudah sampai rumah Anda ini bisa langsung mandi menggunakan air yang bersih dan juga sejuk. Saat mandi pilihlah sabu yang memiliki bahan lembut dan cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitive. Saat mandi Anda juga bisa menambahkan soda kue kedalam airnya. Saat selesai mandi keringkan badan dengan handung yang lembut.

Gunakan pelembap

Anda ini bisa juga mengatasi sunburn dengan mengoleskan pelembab ke kulit Anda. Pilihlah pelembab yang lembut dan pastikan jangan terbuat dari minyak atau dari petroleum, karena kedua kandungan tersebut malah bisa membuat sunburn jadi lebih parah. Pilihlah pelembab yang memiliki kandungan lidah buaya didalamnya, atau bisa juga memiliki produk yang memiliki kandungan kedelai supaya luka bakarnya mereda. Untuk beberapa bagian yang terasa perih Anda ini bisa mengolesi krim hidrokortison yang bisa Anda beli di apotik.

Minum banyak air putih

Luka bakar ini menarik cairan ke atas permukaan kulit, jadi tubuh Anda ini kekurangan cairan. Jika Anda banyak mengkonsumsi air putih maka cairan yang dibutuhkan oleh kulit ini akan terpenuhi dan Anda ini tidak akan dehidrasi, jadi jangan lupa rutin konsumsi air putih ya.

Minum obat

Sunburn yang terjadi pada kulit bisa juga menimbulkan rasa perih dan rasa sangat tidak nyaman, lebih parahnya lagi bisa menimbulkan pembengkakan. Jadi jika terasa perih karena sunburn sebaiknya Ansa segera minum obat Pereda nyeri. Contoh obatnya bisa aspirin, naproxen, dan ibuprofen.

Jangan memencet kulit yang melepuh

Jika kulit Anda melepuh, Anda ini jangan sampai memencet kulit Anda, karena jika hal ini Anda lakukankarena cairan tersebut merupakan pelindung alami untuk tubuh Anda. dengan Anda memencet lepuhan juga bisa membuat proses penyembuhan jadi terhambat dan meningkatkan resiko infeksi. Jika di perlukan Anda ini bisa menutup luka dengan menggunakan kasa steril. Jika lepuhan pecah Anda ini bisa membersihkan areanya dengan menggunakan sabun dan bilas dengan air.

Rawat kulit yang mengelupas

Untuk daerah yang terkena sunburn yang telah mengelupas sebaiknya Anda rawat dengan baik. Saat proses kulih mengelupas sebaiknya gunakan pelembab dan gunakan juga baju yang bisa melindungi area yang terkena sunburn. Pilihlah baju yang tagannya panjang supata kulit Anda tertutupi dan tidak ada cahaya yang tembus.

 

Facebook Comments

Artikulli paraprakIni Cara Mudah Buka Rekening Bank Raya
Artikulli tjetërAplikasi Paylater JULO, Beli Sekarang Bayar Nanti
Hallo, saya adalah Rusdiana. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.