Keju adalah produk olahan dari susu yang akhir-akhir ini semakin populer, kita bisa menemukannya di berbagai makanan mulai dari roti, martabak, pizza dan juga banyak makanan kekinian lainnya. Rasanya yang asin dan gurih membuat sensasi yang enak di lidah ketika disajikan diatas makanan lain sebagai taburan atau juga isian.

Dari segi kesehatan, Keju merupakan sumber kalsium, lemak, dan protein yang baik. Keju juga mengandung vitamin A dan B-12 dalam jumlah tinggi, bersama dengan seng, fosfor, dan riboflavin. Keju yang terbuat dari susu 100 persen hewan yang diberi makan rumput adalah yang paling tinggi nutrisinya dan juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K-2 yang baik bagi tubuh.

Seiring semakin banyaknya distributor keju berkualitas, saat ini kita semakin mudah untuk menemukan produk keju di pasaran. Diantara banyaknya jenis keju, beberapa diantaranya cukup populer di kehidupan kita seperti Keju Cheddar, Mozarella, dan Permesan. Keju-keju ini memiliki tekstur dan peruntukan yang berbeda-beda.

perbedaan keju

Mozarella

Keju yang berasal dari Italia ini pada awalnya terbuat dari susu kerbau, namun pada saat ini banyak juga keju mozarella yang terbuat dari susu sapi atau kambing. Mozarella memiliki tekstur yang lembut dan meleleh ketika dipanaskan. Sangat cocok ketika di jadikan toping di atas makanan seperti pizza, atau bahkan isian camilan seperti roti, corn dog dan banyak yang lainnya.

Cheddar

Jenis keju ini sudah begitu populer di masyarakat, penggunaannya juga sangat luas di berbagai makanan. Cheddar pada awalnya berasal dari Inggris dan terbuat dari susu sapi, teksturnya cukup solid dan lembut membuatnya cocok sebagai taburan diatas makanan seperti martabak, pizza, kue kering ataupun isian pada sandwich.

Permesan

Keju ini berasal dari Italia dengan tekstur yang keras dan aromanya yang cukup kuat. Bagi beberapa orang, keju permesan adalah keju dengan rasa terbaik dibandingkan yang lainnya. Keju Permesan biasanya disajikan sebagai taburan bagi pasta, sup, pizza dan kue kering. Dari segi harga, permesan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan yang lainnya ini karena prosesnya yang lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak susu.

Memulai Usaha makanan kekinian dari Keju

Bagi kamu yang sedang bingung ingin membuka usaha mungkin bisa mempertimbangkan usaha makanan yang menggunakan bahan keju. Banyak sekali makanan kekinian yang populer menggunakan keju sebagai toping atau isiannya. berikut diantaranya.

Ayam Geprek Keju

Olahan ayam rasanya tidak pernah terasa membosankan, apalagi geprek yang saat ini begitu populer. Nah daripada tampil biasa saja, tidak ada salahnya mencoba untuk menyajikannya dengan Keju Mozarella yang meleleh.

Selain tampilannya yang akan terlihat semakin menggoda tentunya rasanya pun semakin menggugah selera. Pedasnya geprek ayam berpadu dengan gurihnya keju yang menari didalam mulut. Untuk proses pembuatannya pun relatif tidak sulit sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama.

Pisang Goreng Keju

ide usaha pisang keju

Pisang Goreng adalah makanan yang sudah sedari dulu dikenal, nah kita bisa memadukannya dengan keju sebagai toping sehingga membuatnya terlihat berbeda. Pisang kepok yang sudah digoreng kemudian dilumuri coklat yang ditaburi oleh irisan keju cheddar. Dari segi rasa tentunya akan menjadi lebih kaya, sementara tampilannya naik kelas dari sekedar pisang goreng biasa.

Dari proses pembuatanya relatif mudah, kita hanya menambahkan langkah melumuri coklat dan memarut keju sebagai taburan. Begitu saja sehingga sangat simpel.

Kentang Goreng Keju

kentang goreng keju

Pada dasarnya ini sama seperti pisang goreng keju, hanya saja bahan yang digunakan disini adalah kentang. Prosesnya sangat sederhana kentang digoreng hingga crispy kemudian diberi toping saus dan keju.

Selain ide usaha diatas masih banyak yang lainnya yang bisa dimodifikasi dengan keju. Misalnya Jasuke, Cimol Keju, Roti Keju, Singkong Keju, Corn Dog, bakpau keju. Pada dasarnya keju sangat mudah diaplikasikan pada beragam makanan dan membuat tampilannya semakin berkelas. Dengan demikian konsumen tertarik untuk mencoba dan dari harga jualnyapun meningkat sehingga keuntungan makin tinggi.

Facebook Comments