resep rendang
Ilustrasi rendang (photo/pinterest)

Berbicara soal masakan padang, pasti tak lepas dari menu masakan yang  satu ini apalagi kalau bukan menu khas masakan padang  yaitu rendang. Rendang adalah masakan khas Indonesia dari Minangkabau, Sumatera Barat yang diolah dengan cara ‘merendang’, yakni dimasak sampai hilang airnya.

Resep yang digunakan untuk membuat rendang sapi menggunakan santan dan rempah-rempah yang dimasak sekitar 7-8 jam agar rendang awet disimpan lama.

Cara membuat bumbu dan memasak rendang sapi yang  lezat dan empuk ternyata ada langkah-langkahnya, loh! mari simak di sini!

Resep Rendang Daging Sapi

resep rendang padang
Ilustrasi rendang sapi (photo/pinterest)

 

Berikut ini dirangkum dari indozone resep rendang daging sapi beserta bumbunya dan tips cara memasak/membuat rendang khas Padang yang empuk.

  • 1 kg daging sapi
  • 100 ml minyak goreng
  • 3 butir kelapa (ambil santan kental dan santan encer)
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai (memarkan)
  • 4 butir asam kandis

Bahan-bumbu rendang:

  • 60 gram bawang merah
  • 50 gram bawang putih
  • 250 gram cabai merah besar
  • 100 gram lengkuas
  • 2 gram cengkeh
  • 50 gram kemiri

Cara membuat rendang:

  1. Campurkan semua bahan bumbu lalu blender atau ulek hingga halus.
  2. Kemudian tumis bumbu tadi dengan sedikit minyak goreng sampai harum.
  3. Masukkan batang serang, daun jeruk, asam kandis, dan garam lalu aduk rata.
  4. Tuangkan santan kemudian masak hingga mendidih.
  5. Masukkan daging lalu masak dengan api kecil sambil aduk sesekali.
  6. Masak selama beberapa jam sampai daging empuk  dan bumbu mengental kecoklatan, angkat lalu sajikan.

Tips Memasak Rendang Sapi

tips memasak rendang sapi
Ilustrasi rendang sapi (photo/unsplash/@bawahreserve)

Memasak rendang sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja membutuhkan langkah-langkah yang benar agar daging yang dihasilkan tidak alot dan bumbunya meresap.

Simak tips dan cara memasak rendang sapi agar dagingnya empuk dan rasanya nikmat yang dirangkum dari Indozone di bawah ini.

  1. Pilih daging bagian paha

Daging sapi bagian paha teksturnya cenderung lebih kuat dan tidak mudah hancur, sehingga cocok diolah menjadi rendang yang dimasak dalam beberapa jam.

  1. Buang bagian lemak

Membuang bagian lemak merupakan tips memasak rendang yang jarang diketahui banyak orang. Dengan menyingkirkan bagian lemak pada daging, maka rendang menjadi empuk dan tidak alot.

  1. Potong searah dengan serat daging

Hal lainnya yang harus diperhatikan saat memasak rendang adalah cara memotong daging sapi. Potonglah daging searah dengan serat daging yang panjang, supaya teksturnya tidak keras ketika dimasak.

  1. Daging dipukul-pukul terlebih dahulu

Agar bumbu rendang meresap sempurna, sebelum daging dimasak, pukul-pukul terlebih dahulu. Namun, jangan memukul terlalu keras dalam durasi lama karena daging bisa pipih atau hancur.

  1. Lumuri daging dengan jahe atau nanas

Cara memasak rendang sapi yang tak kalah penting adalah dengan melumuri daging menggunakan jahe atau nanas yang sudah diparut, selama beberapa menit sebelum diolah, agar dagingnya empuk.

Itulah beberapa resep bumbu dancara mengelola rendang daging sapi khas Padang yang lezat empuk. Selamat mencoba, semoga berhasil.!

Facebook Comments