software absensi

Pernahkah karyawan Anda harus mengantri ketika hendak mencatatkan kehadiran? Biasanya kejadian seperti ini umum terjadi di perusahaan skala besar yang masih menggunakan  mesin absensi berbasis fingerprint. Untuk memudahkan karyawan mencatat kehadiran, perusahaan dapat menggunakan aplikasi absensi yang dapat digunakan secara online. Yuk, mari simak lebih lanjut!

Cara Kerja Aplikasi Absensi Online

Berkat mencatatkan kehadiran menggunakan aplikasi, karyawan tidak perlu lagi berurusan dengan mesin fingerprint. Cara kerjanya cukup mudah. Pertama, karyawan perlu mengunduh aplikasi yang sudah ditetapkan dan selanjutnya login dengan menginput password dan username yang sudah diberikan.

Setelah berhasil login, karyawan bisa langsung mencatatkan kehadiran mereka dengan menekan tombol “record time”, kemudian karyawan akan melakukan selfie untuk mencatatkan kehadiran. Mudah dan praktis, bukan? Untuk pencatatan waktu selesai kerja, caranya serupa dengan mencatatkan kehadiran di sebelumnya.

Data tersebut akan langsung masuk ke dalam sistem dan dapat dipantau oleh HRD melalui dashboard. Akan terlihat jelas mana karyawan yang sering terlambat dan selalu tepat waktu.

Manfaat Utama Aplikasi Absensi Online

Manfaat Aplikasi absensi

Dari penjelasan di atas mengenai cara kerja aplikasi absensi online, bisa terbayang bahwa penggunaan aplikasi ini sangat membantu karyawan dalam mencatatkan absensi serta memudahkan HRD untuk memantau kehadiran karyawan.

Namun, adakah manfaat lain dari aplikasi ini?

Aman dan Rahasia

Bukan rahasia umum jika banyak kejadian pencurian dan manipulasi data yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab. Oleh karenanya, perusahaan harus memastikan bahwa data karyawan terjaga keamanannya dengan baik.

Penggunaan aplikasi absensi dapat mendukung keamanan dan kearahaan data kehadiran karyawan berkat bantuan sistem keamanan yang tinggi. Di samping itu pula, data kehadiran karyawan juga dapat meminimalisir manipulasi data kehadiran karyawan dari oknum karyawan nakal.

Baca Juga: 7 Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Melamar Kerja

Mudah Digunakan

Manfaat berikutnya yang dapat dirasakan baik pihak karyawan dan perusahaan adalah fitur yang mudah digunakan. Sehingga, karyawan tidak butuh adaptasi lama dalam menggunakan aplikasi.

Hemat

Bagaimana bisa penggunaan aplikasi absensi justru menghemat anggaran dalam perusahaan?

Ketika perusahaan mulai menggunakan aplikasi absensi, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian alat atau pemeliharaan mesin fingerprint karena aplikasi langsung diunduh dan dipasang di ponsel pintar milik karyawan. Hal ini akan mempengaruhi besaran anggaran pengeluaran suatu perusahaan. Justru jauh lebih hemat, ya?

Ada banyak aplikasi absensi yang ditawarkan oleh vendor di luar sana. Salah satu contohnya adalah aplikasi absensi dari LinovHR. LinovHR sendiri sudah dikenal menjadi vendor terpercaya dalam menyediakan berbagai software dan aplikasi yang akan membantu manajemen SDM di perusahaan Anda.

Melakukan absensi online menggunakan aplikasi akan membantu karyawan serta pihak perusahaan. Pihak karyawan jadi mudah melakukan absensi bahkan ketika berada di luar kota sekalipun ketika melakukan perjalanan dinas. Sedangkan pihak perusahaan bisa memantau karyawan lebih dalam mengenai kehadiran serta berhemat anggaran. Yuk, beralih menggunakan aplikasi absensi online!

Facebook Comments

Artikel sebelumyaAplikasi Belajar Online QuBisa, Upskilling dan Reskilling Tanpa Ribet
Artikel berikutnyaMengenal Otot Polos dan Fungsinya bagi Tubuh Manusia
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.