fungsi otot polos
fungsi otot polos

Sadarkah kamu bahwa kita bisa bergerak, berbicara, mengunyah, dan mengontrol anggota tubuh adalah berkat dari berfungsinya sebuah otot? Selain itu, walaupun kita tidak merasakannya secara langsung tetapi otot juga memiliki kemampuan untuk mengatur tekanan darah, penglihatan, detak jantung dan bahkan sistem pencernaan.

Secara umum, berat tubuh manusia terdiri dari 40 persen otot. Dan tidak hanya tampak dipermukaan tubuh tetapi juga ada bagian didalam tubuh yang digerakan secara tidak sadar atau involunter. Untuk mengenalnya lebih jauh mari kita ketahui jenis-jenis otot manusia.

Jenis-jenis Otot Manusia

perbedaan otot manusia
perbedaan otot manusia

1. Otot rangka

Sesuai namanya, Otot ini melekat terutama pada tulang rangka tetapi beberapa juga melekat pada struktur lain seperti pada mata. Otot rangka juga disebut otot lurik karena bentuk polanya dan merupakan otot volunter karena kontraksi otot ini dikontrol secara sadar.

2. Otot jantung

Otot inilah yang bertanggung jawab atas kontraksi ritmik jantung. Otot jantung bersifat involunter, karena untuk menggerakannya otot ini menghasilkan rangsangannya sendiri.

3. Otot polos

Otot Polos terdapat pada bagian tubuh seperti usus, kandung kemih, lambung dan pembuluh darah. Otot bergerak tanpa ada kontrol dari kita, dan tidak disadari. Contohnya adalah gerakan peristaltik, distribusi darah dan mengatur kemih.

Mengenal Otot Polos dan Fungsinya.

Apa saja fungsi dari otot polos? Otot polos terdapat di seluruh bagian tubuh dan dikendalikan oleh sistem saraf dengan berbagai fungsinya yang sangat penting. Seperti pada sistem pencernaan di mana ia membantu usus untuk mengumpulkan nutrisi. Sementara pada seluruh sistem kemih, otot polos berfungsi untuk membantu membersihkan tubuh dari racun dan menyeimbangkan kadar elektrolit yang mempengaruhi kinerja ginjal.

Selain itu, Otot polos juga ada pada sistem pembuluh darah dan memegang fungsi yang sangat vital yaitu mengatur tekanan darah dan memastikan setiap organ mendapatkan oksigen yang cukup. Tanpa kehadiran otot polos ini, tubuh tidak akan mampu mempertahankan fungsi yang paling sederhana sekalipun.

Sistem saraf secara otomatis mengatur banyak subsistem tubuh melalui otot polos tanpa disadari oleh kita. Hal ini contohnya seperti ketika seseorang berolahraga maka tekanan darahnya akan beradaptasi. Sistem saraf mengontrol otot polos untuk menyuplai kebutuhan oksigen lebih banyak lagi.

Jadi apa perbedaan dengan otot lainnya? Otot polos berbeda dalam beberapa hal dari otot tubuh lainnya, tetapi perbedaan yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk berkontraksi dan diatur secara tidak sadar oleh sistem saraf.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMudahkan Pencatatan Kehadiran Karyawan Anda dengan Aplikasi Absensi!
Artikel berikutnyaCara Pesan Telekonsultasi Dokter dari Aido
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.