doge to the moon
doge to the moon source: hdqwalls.com

Berkat pump yang sering dilakukan Elon Musk, CEO dari Tesla Inc. menjadikan Dogecoin sebagai salah satu mata uang kripto yang tengah naik daun. Ya, selain Bitcoin aset kripto yang bagus saat ini adalah Dogecoin atau Doge. Tertarik? Pelajari dulu cara mining Doge yang sebenarnya relatif mudah untuk dilakukan oleh pemula sekalipun.

Ketenaran Doge dimulai sejak Elon Musk rajin memposting tentang aset kripto tersebut melalui akun Twitter miliknya. Mata uang kripto dengan gambar meme anjing mulai disukai sebagai alternatif instrumen investasi apalagi harganya terus naik bahkan mencapai 400% pada bulan April 2021 yang lalu.

Nilai Doge terhadap Dolar US memiliki tren yang cenderung naik, saat ini Doge to USD sekitar 0,244. Artinya 1 koin Doge setara dengan 0,244 US Dollar. Sedangkan dalam rupiah, Dogecoin adalah setara Rp.3.403 per koinnya.

Pengertian Mining Doge

Investasi uang kripto tidak bisa dilepaskan dari aktivitas yang disebut dengan mining termasuk Doge. Menambang atau mining Doge adalah pemberian hadiah berupa Doge baru yang gunanya untuk memeriksa transaksi yang terdapat di blockchain yang merupakan database atau tempat pencatatan setiap transaksi aset kripto.

Cara kerja mining bisa dikatakan mirip dengan lotere dimana penambang sebelumnya harus melakukan beberapa konfirmasi serta adanya pemeriksaan transaksi. Pada umumnya proses mining dilakukan dengan proses pemecahan persoalan matematika sehingga bisa melampirkan blok transaksi Anda yang baru dikonfirmasikan ke sisa blockchain lain.

Mudahnya, mining Doge adalah hadiah yang diberikan kepada para pengguna aset kripto tersebut yang bisa melakukan konfirmasi transaksi. Hadiah yang diberikan berupa Dogecoin baru.

Cara Mudah Mining Dogecoin

mining dogecoin
mining dogecoin
source: wallpapersden.com

Cara mining Doge sebenarnya cukup mudah yaitu melalui :

  1. Solo Mining 

Anda bisa melakukan mining sendiri atau biasa disebut solo mining. Prinsipnya dengan cara ini Anda sedang melakukan kompetisi atau adu cepat dengan miner (penambang) pemakai Doge lainnya untuk memecahkan dan menyelesaikan teka-teki yang diberikan. Kalau berhasil menang maka hadiahnya adalah satu blok Doge yang terdiri dari 10 ribu koin.

Sistem yang digunakan dalam Doge saat ini yaitu 1 blok yang setara dengan 10 ribu koin akan dikeluarkan setiap menit. Agar bisa melakukan solo mining maka yang diperlukan adalah :

  • Dompet atau wallet Doge untuk menyimpan koin. Pilih software wallet Doge yang sudah tersedia seperti Atomic, MultiDoge dan sebagainya.
  • Software untuk melakukan mining, sesuaikan dengan jenis hardware yang dipakai. Misalnya Anda memakai prosesor Intel software miningnya adalah CPU Miner.
  1. Mining Pool

Cara menambang Doge lainnya yaitu dengan bergabung ke dalam mining pool yaitu sekelompok pengguna yang sepakat untuk melakukan penambangan Dogecoin bersama-sama atau gotong royong. Kekuatan komputer masing-masing pengguna akan digabungkan sehingga menghasilkan “tenaga’ yang jauh lebih besar untuk menambang.

Anda bisa bergabung dengan mining pool seperti Litecoinpool atau Aika Pool untuk mendapatkan kesempatan menambang koin lebih banyak. Setelah bergabung dengan mining pool langsung saja jalankan software seperti saat solo mining dan Anda akan mendapatkan bagian koin Doge sesuai dengan tingkat kontribusi yang diberikan.

  1. Cloud Mining

Caranya adalah dengan menyewa komputer milik orang lain untuk menambang koin Doge. Cukup bayar sewanya saja tidak perlu menginstal software dan sebagainya sudah bisa melakukan mining Doge.

Mudah bukan cara mining Doge? Aset kripto Doge semakin diminati oleh kalangan penyuka investasi karena trennya yang relatif selalu naik meskipun pernah beberapa kali mengalami penurunan juga namun tidak signifikan. Dengan rajin melakukan mining maka koin Doge juga akan semakin bertambah. Dimana bisa mendapatkan Dogecoin? Pastinya hanya di Tokocrypto yang merupakan exchanger terpercaya dan salah satu yang terbaik di Indonesia.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaCara Pesan Telekonsultasi Dokter dari Aido
Artikel berikutnyaPentingnya Menggunakan Alat Pembayaran Non Tunai Bagi Pelaku Usaha
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.