kereta bandara

Kereta bandara menjadi salah satu alternatif moda transportasi bagi Anda yang hendak menuju bandara dan bepergian ke luar kota. Transportasi ini menjadi idola dikarenakan jalurnya yang berbeda dari kendaraan roda empat sehingga anti macet bagi mereka yang tinggal di  kota besar.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ya sebelum Anda naik kereta bandara ini. Sebagai contoh, Anda wajib cek tiket kereta bandara di Traveloka supaya perjalanan lebih lancar dan aman.

Apa lagi sih hal – hal yang harus diperhatikan tersebut? Yuk, kita cek sama-sama info lengkapnya berikut ini. Siapkan catatan Anda ya!

  1. Cek Jadwal Kereta

Hal pertama yang harus dilakukan Anda adalah mengecek jadwal keberangkatan kereta. Sebab jadwal keberangkatan ini sudah pasti, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan pesawat.

Ingat untuk cek stasiun keberangkatan juga. Pilih stasiun yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda supaya lebih hemat waktu saat menuju bandara.

Apabila Anda berangkat dari kota Medan, maka hanya ada satu stasiun yang bisa Anda jadikan pilihan. Anda bisa melakukan pengecekan jadwal kereta ini dari aplikasi yang tersedia.

  1. Beli Tiketnya Online

Setelah Anda menentukan rute dan jadwal keberangkatan, maka Anda bisa langsung pesan tiket kereta bandara secara online melalui Traveloka melalui beberapa klik saja.

Silahkan buka aplikasi dan cari pembelian tiket kereta bandara atau antar jemput bandara. Selanjutnya pilih stasiun keberangkatan, bandara yang dituju, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang, lanjut klik cari.

Tak berapa lama akan muncul jadwal kereta secara lengkap di hari yang dipilih. Kemudian klik salah satu yang paling sesuai dengan jadwal Anda. Selanjutnya isi detail pemesanan seperti nama dan informasi lainnya, kemudian lanjut ke pembayaran secara online.

Berbagai metode pembayaran kemudian akan muncul, pilih salah satu dan selesaikan pembayaran sebelum batas pembayaran berakhir. Setelah pembayaran dilunasi, E-tiket pun segera dikirim ke e-mail Anda.

  1. Datang Lebih Awal dari Jadwal

Pada hari H keberangkatan, ada baiknya Anda datang lebih awal dari jadwal yang ditetapkan. Kereta bandaranya sendiri sih akan berangkat setiap 30 menit sekali. Namun, sekali naik Anda tidak bisa berganti kereta apabila telat datang.

Jadi pastikan untuk datang minimal 30 menit sebelum waktu keberangkatan kereta. Lebih baik menunggu daripada ketinggalan bukan. Hal ini juga membuat Anda lebih cepat sampai di bandara dan anti ketinggalan pesawat.

Datang lebih cepat pada saat check-in di bandara juga menjadi keharusan di saat pandemi seperti sekarang. Sebab Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk memeriksa kelengkapan dokumen perjalanan sesuai yang disyaratkan oleh pemerintah.

Menunggu di Stasiun Kereta Bandara adalah hal yang cukup menyenangkan kok. Ruang tunggu di stasiun kereta bandara juga sangat nyaman lho.

Fasilitasnya pun lumayan lengkap dan ada colokan listrik. Anda bahkan bisa makan dan minum di berbagai outlet makanan yang tersedia untuk menghalau lapar dan haus yang datang.

tiket kereta bandara di Traveloka

  1. Scan Barcode

Sebelum memasuki peron stasiun Anda akan diminta untuk scan barcode yang sudah dikirimkan via e-mail. Segera scan barcode Anda dan masuk ke gerbong kereta.

Carilah gerbong dan nomor kursi sesuai dengan yang tertera di tiket. Kemudian duduklah dengan nyaman dan patuhi segala peraturan saat berada di dalam gerbong. Kereta bandara pun segera melaju kembali sesuai dengan jadwal yang tertera.

  1. Patuhi Prokes di Stasiun Kereta Bandara

Protokol Kesehatan atau prokes juga dilaksanakan dengan ketat di stasiun kereta bandara. Sebelum masuk ke stasiun, Anda akan diminta untuk mengukur suhu. Apabila suhu badan Anda di atas 37,3 derajat celcius maka Anda tidak diperkenankan untuk masuk ke stasiun maupun menggunakan kereta api.

Anda juga diwajibkan untuk mengenakan masker dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer saat di area stasiun dan di dalam gerbong kereta. Selain itu, Anda diwajibkan menjaga jarak minimal satu meter dengan penumpang lainnya.

Perhatikan papan penunjuk yang ada di stasiun dan patuhi petunjuk tersebut. Anda juga dilarang meludah dan membuang sampah sembarangan saat di area stasiun maupun di dalam gerbong.

Apabila Anda merasa kurang nyaman atau tidak enak badan, Anda bisa segera melapor kepada petugas yang berjaga untuk mendapatkan bantuan.

  1. Gunakan Kalayang Menuju Terminal Keberangkatan

Saat tiba di bandara yang dituju, utamanya di bandara Soekarno Hatta, Anda bisa segera menuju Kalayang atau Skytrain. Kalayang ini fungsinya menghubungkan stasiun kereta bandara dengan Terminal Keberangkatan di bandara.

Bandara Internasional Soekarno Hatta sendiri dikenal sangat luas. Berjalan kaki dari stasiun kereta menuju Terminal Keberangkatan akan memakan waktu yang cukup lama dan tenaga ekstra.

Oleh karena itu pergunakan saja Kalayang untuk mempersingkat waktu dan membuat Anda tidak capek berjalan kaki. Terlebih apabila barang bawaan Anda cukup banyak. Kalayang atau Skytrain ini sangat membantu mobilitas penumpang.

Sudah tahu kan beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum dan ketika naik kereta bandara. Mudah-mudahan sudah dicatat dengan baik ya. Oya, selain pesan tiket kereta bandara, Anda juga bisa pesan kebutuhan liburan lainnya di traveloka lho.

Contohnya pesan tiket pesawat melalui https://www.traveloka.com/id-id/tiket-pesawat. Hal ini dikarenakan Traveloka Lifestyle SuperApp menyediakan semua kebutuhan lifestyle Anda dalam satu platform.

Nah, tunggu apalagi? Segera rencanakan jadwal bepergian Anda dan gunakan kereta bandara sebagai alternatif transportasi kekinian. Selamat bepergian dan jangan lupa jaga kesehatan!

Facebook Comments

Artikel sebelumyaDaftar Laptop Terbaik 2021 dengan Harga 5 Jutaan
Artikel berikutnyaUltah POPFM, Penampilan Seru Live Streaming di GoPlay
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.