Laptop terbaik masih menjadi incaran banyak orang, walaupun smartphone dan tablet semakin populer tapi peranan laptop tetap belum bisa tergantikan. Laptop sangat nyaman digunakan untuk bekerja, baik itu mengedit foto, menulis banyak email, menulis dokumen, ataupun gaming. Mengetik menggunakan keyboard, layar yang lega dan kemampuannya untuk dibawa kemanapun membuat laptop benar-benar masih dibutuhkan.

Laptop terbaik 2021 adalah laptop yang mampu menyeimbangkan antara daya, efisiensi, portabilitas, dan kenyamanan. Laptop tersebut harus bisa diandalkan dengan memiliki performa yang apik agar mampu melakukan semua hal, mulai dari software editing dan juga gaming. Selain itu harus mudah dibawa-bawa dari satu tempat ke tempat lain, dan memiliki baterai yang awet hingga bisa bertahan sepanjang hari tanpa perlu dicolokkan.

Daftar Laptop Terbaik 2021

Bagi kamu yang mempunyai budget sekitar 5 jutaan jangan khawatir, karena cukup banyak laptop yang bisa kita pilih di segmen ini. Bagi pelajar, mahasiswa maupun pekerja yang tidak membutuhkan spek tinggi maka laptop di kisaran harga 5 jutaan sudah cukup akomodatif. Performanya cukup mumpuni jika digunakan untuk pemakaian casual.

1. Asus Chromebook C214

Asus Chromebook C214

Ini adalah seri terbaru chromebook dari ASUS yang ditujukan bagi segmen pelajar. ChromeOS yang digunakannya didesain khusus dengan dibekali oleh berbagai aplikasi edukasi. Selain itu tampilannya yang sederhana juga membuatnya menjadi lebih mudah digunakan oleh pelajar. Layarnya memiliki dimensi 11,6 inci, dengan berat hanya 1.2 kilogram sehingga mudah dibawa kemanapun.

Layar Chromebook C214 mendukung touchscreen 10 titik dan bisa diputar hingga 360 derajat menjadi sebuah tablet. Walaupun dibanderol dengan harga yang terjangkau, Asus menyediakan stylus khusus yang menambah kenyamanan saat digunakan. Ditengah pandemi pelajar seringkali mengikuti kelas daring, maka Chromebook C214 juga dilengkapi dengan dua buah kamera yang bisa digunakan.

Dari sisi performa, Asus Chromebook C214 memakai prosesor Intel Celeron N4000 yang sudah cukup bisa diandalkan untuk menjalankan aplikasi edukasi. Selain itu juga dilengkapi dengan memori DDR4 RAM sebesar 4GB yang cukup nyaman untuk multitasking, penyimpanan internalnya menggunakan eMMC hingga 32GB.

Asus Chromebook C214 dibanderol dengan harga sekitar Rp 5.6 jutaan.

2. Lenovo S14 Ideapad

Lenovo S14 Ideapad

Dibanderol dengan harga sekitar Rp 5.010.000 Lenovo S14 ideapad ini layak dipertimbangkan untuk dipilih. Layarnya terbilang cukup lega yakni 14 inci dengan resolusi HD. Prosesor yang digunakan adalah Intel celeron 4205U yang disandingkan dengan RAM berkapasitas 4GB dan kartu grafis Intel 610.

OS yang digunakan adalah Windows 10 home, dengan kapasitas penyimpanan 256 GB SSD. Beratnya hanya 1,6 kilogram, dan di sisi penyuplai daya ada baterai 3 Cell 45Wh yang bisa bertahan hingga sekitar 6 jam. Lenovo S14 Ideapad bisa sangat rekomended bagi kamu yang sedang mencari laptop murah 5 jutaan.

3. Acer Aspire 3 Slim A314

Acer Aspire 3 Slim A314

Aspire adalah seri laptop terjangkau dari Acer yang cocok dipilih bagi kamu yang menginginkan perangkat yang sederhana namun dapat diandalkan. Acer Aspire 3 Slim A314 menggunakan prosesor AMD Athlon dengan dukungan RAM 4GB yang masih bisa diupgrade karena ada 1 slot yang masih kosong. Kapasitas memori internalnya adalah 1TB, dan masih berupa HDD.

Layarnya memiliki bentang sekitar 14 inci dengan resolusi HD. Cukup lega dan nyaman untuk digunakan mengetik tugas berlama-lama. Acer Aspire 3 Slim A314 dibanderol dengan harga sekitar Rp 5.1 jutaan.

4. ASUS E410MA

ASUS E410

Walaupun dibanderol dengan harga terjangkau, tetapi ASUS E410MA memiliki desain yang sangat menarik. Warna yang yang tersedia menampilkan gradasi yang bisa terihat berbeda tergantung dengan sudut yang diambil. Selain itu, ada motif dari logo ASUS di seluruh covernya yang membuat laptop ini terlihat elegan dan segar.

ASUS E410MA memakai OS Windows 10 Home, prosesor intel Celeron, dan SSD hingga 512GB. Dengan spesifikasi seperti ini terlihat cukup menjanjikan bukan? Belum lagi baterainya yang awet bisa bertahan hingga 12 jam. Membawa laptop ini keluar rumah rasanya tidak perlu repot-repot membawa charger.

Asus E410MA dibanderol dengan harga Rp 5.799.000

Nah itulah 4 laptop di kisaran harga 5 jutaan yang bisa kamu pilih. Untuk desain, ini kembali lagi pada kebutuhan, apakah nyaman dengan desain laptop 2 in1 yang bisa jadi tablet atau cukup dengan laptop konvensional. Sementara dari segi brand, antara Lenovo, Asus, dan Acer semuanya relatif setara.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTips Agar Kerja Pertamamu Lebih Semangat dan Tidak Takut Kehabisan Ide
Artikel berikutnyaCermati Tips Naik Kereta Bandara Saat Pandemi Berikut Ini
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.