review lenovo ideapad flex 5
techradar.com

Lenovo IdeaPad Flex 5 adalah gadget two in one, yakni bisa digunakan sebagai laptop dan juga tablet dengan fleksibilitas layar hingga 360°. Flex 5 adalah salah satu laptop 14 inci paling affordable di kelasnya. Build Quality, input, audio, IO, dan masa pakai baterainya sangat memuaskan.

Jadi mari gali lebih dalam Review Lenovo IdeaPad Flex 5 ini dengan kelebihan dan kekuranganya, sehingga bisa menjadi referensi kamu apakah itu layak untuk dibeli atau tidak?

Ulasan Lenovo IdeaPad Flex

Desainnya sederhana dan tidak terlihat berlebihan. Build quality laptop ini walaupun terbuat dari plastik, tetapi terlihat kuat dengan aksen logam pada permukaannya. Pada kisaran harga ini pemilihan material plastik memang cukup masuk akal. Berat IdeaPad Flex hanya 1,5 KG yang cukup ringan untuk dibawa kemanapun.

IdeaPad Flex memiliki semua port yang diperlukan saat ini yaitu HDMI, USB Type-A, SD Card Port, Type-C, dan Audio Jack. Menariknya, port type-C juga bisa digunakan untuk charging. Secara keseluruhan ia memiliki build quality yang layak dengan desain yang tidak berlebihan.

Layar

laptop ideapad flex 5
dailysocial.id

Lenovo IdeaPad Flex 5 memiliki layar LCD 14 inci touchscreen. Sudut pandang layarnya cukup luas. Namun sayangnya layarnya ini masih menggunakan sRGB ~75% dan kecerahan 250 nits, yang cukup nyaman digunakan dalam ruangan. Namun, itu tidak cukup terang saat digunakan di luar ruangan. Kualitas warna mungkin tidak sebaik yang diharapkan, tetapi jika kamu hanya menggunakannya untuk komputasi biasa rasanya ini tidak cukup mengganggu.

Keyboard

Umumnya, keyboard bawaan laptop Lenovo nyaman digunakan untuk mengetik. Termasuk Ideapad Flex 5 ini juga memiliki tombol yang sempurna, selain itu keyboardnya dilengkapi dengan backlit. Jadi dalam cahaya redup laptop ini akan bisa digunakan mengetik dengan baik.

Touchpad memiliki dimensi yang cukup proporsional. Kita bisa menggunakannya dengan baik dan untungnya, permukaan touchpadnya ini tidak glosy, sehingga tidak terasa licin saat digunakan.

Hardware

kekurangan ideapad flex 5
sumber yangcanggih.com

Ideapad Flex 5 dilengkapi dengan prosesor Ryzen 5 4500U, dalam penggunaan kasual, kinerjanya ini sangat cepat. Skor benchmarknya menunjukkan hasil yang lebih besar daripada skor Intel i7 Generasi ke-10. Laptop ini bisa menangani tugas-tugas berat seperti pengeditan foto dan video dengan sangat baik. Managemen panas diterapkan dengan sangat baik, kipas tidak menyala dalam keadaan normal sehingga kebisingannya minimal.

Lalu apakah kuat dipakai gaming? Ini adalah laptop kelas menengah, dan bukan seri laptop yang berfokus pada game. Tapi dengan hardware yang dimilikinya, Ideapad Flex 5 ini mampu memainkan game-game kasual. Secara keseluruhan, ini adalah salah satu laptop terbaik di segmen harga menengah dengan kemampuan yang ideal.

Baterai:

Ideapad Flex 5 memiliki baterai yang juga bisa diandalkan. Dengan penggunaan kasual laptop ini mampu bertahan hingga 7-9 jam. Penggunaan ini meliputi pengeditan video, streaming, penelusuran web, pengetikan, dan gaming (sekitar 1 jam). Durasi baterai yang cukup lama ini membuatnya sangat nyaman jika dibawa kerja atau kuliah seharian tanpa harus menenteng charger.

Lenovo menyediakan pengisi daya cepat 65 watt, ada port daya khusus dan mendukung pengisian daya perangkat melalui port Type-C. Dibutuhkan sekitar 2 – 2½ jam untuk mengisi penuh baterai.

harga lenovo ideapd flex blibli
harga lenovo ideapd flex blibli

Fitur lain:

  • OS – Laptop ini berjalan pada sistem Operasi Windows 10. Software yang ada dioptimalkan dengan baik.
  • Speaker – ada dua speaker depan, di samping sudut kiri dan kanan keyboard. Kualitas suaranya jernih dan cukup keras.
  • Webcam – webcam terletak di bagian atas layar. Kualitas kamera cukup
  • Pen Stylus – Lenovo menyediakan pen stylus dalam paket penjualan. Ini sangat membantu saat melakukan catatan cepat, menggambar, dll.

Kekurangan Ideapad Flex 5

  • Bahan desainnya plastik
  • Memakai GPU internal
  • RAM disolder, jadi kita tidak bisa menambah kapasitas RAM secara manual.
  • Ini tidak cocok untuk game profesional.
  • Permukaan laptop lentur saat memberikan sedikit tekanan pada area penutup keyboard.

Kesimpulan

Lenovo IdeaPad Flex 5 adalah laptop terbaik di kategori mid-range. Prosesor Ryzen 5 memberikan performa yang dapat diharapkan. Ketahanan baterainya luar biasa sehingga dapat dipakai lama tanpa khawatir kehabisan daya.

Dan tentu, Laptop ini two in one sehingga dapat digunakan sebagai tablet ketika kita melipatnya. Pen stylush juga akan sangat berguna untuk beberapa hal praktis seperti menulis, menggambar cepat, dll. Secara keseluruhan, ini adalah laptop serbaguna yang cocok untuk penggunaan kasual.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBeragam Aksesoris AC yang Tersedia di Toko Daikin
Artikel berikutnyaKeuntungan Memilih Laptop 2in1 dibanding Laptop Biasa
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.