bebas bergerak

Kesehatan tulang dan persendian sangat penting agar kita bisa senantiasa bergerak aktif bebas kemanapun tanpa gangguan rasa sakit. Untuk itu, kita harus senantiasa menjaganya agar tetap dalam kondisi yang terbaik.

Waktu paling penting dalam perkembangan tulang adalah pada saat memasuki pubertas. Dan seiring usia, tulang secara alami akan menjadi lebih tipis. Semua orang mulai kehilangan massa tulang setelah mencapai kepadatan tulang puncak pada usia sekitar 30 tahun.

masa tulang

Kenapa demikian? Ini terjadi karena Sel-sel tulang yang rusak terjadi lebih cepat daripada kemampuan untuk menggantinya dengan yang baru. Saat ini terjadi, tulang akan kehilangan mineral berharga, massa, dan strukturnya sehingga membuatnya lebih lemah dan meningkatkan risiko cedera.

Agar tulang tetap kuat, penting untuk mendapatkan kalsium yang cukup dan melakukan olahraga secara teratur. Untuk meningkatkan kesehatan tulang, orang dewasa membutuhkan setidaknya 30 menit aktivitas menahan beban secara berkala dalam 4 hari atau lebih per minggu. Dan juga direkomendasikan latihan penguatan otot setidaknya dua hari dalam seminggu.

Apa yang Kita makan berdampak langsung pada kesehatan secara keseluruhan, dan lebih khusus lagi, kesehatan tulang. Dua nutrisi penting yakni Kalsium dan Vitamin D merupakan yang paling penting dalam memelihara tulang tetap kuat dan sehat. Kebutuhan kalsium harian baik bagi pria maupun wanita setidaknya 1.000 mg.

Peran Kalsium dalam Tubuh

Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk pembekuan darah dan kontraksi otot. Hampir semua kalsium dalam tubuh ditemukan di tulang dan gigi.

Namun setelah usia 20-25 tahun, kepadatan tulang menurun, sehingga kalsium sangat penting dalam memperlambat hilangnya kepadatan tulang. Tubuh tidak dapat menghasilkan kalsium sendiri, jadi penting untuk mengonsumsi kalsium dalam makanan karena ketika kalsium kekurangan pasokan, tubuh akan mengambilnya dari tulang. Selain itu, asupan kalsium yang tidak memadai secara signifikan berkontribusi pada perkembangan osteoporosis.

Kalsium Tetap membutuhkan Vitamin D

Vitamin D, adalah nutrisi penting dalam menjaga kesehatan tulang. Fungsi fisiologis umum vitamin D termasuk meningkatkan tulang yang kuat, menjaga otot agar berfungsi dengan baik, dan mendorong sistem kekebalan yang efektif.

Meskipun mengonsumsi cukup kalsium, itu saja tidak cukup untuk melindungi kesehatan tulang. Ini karena kalsium membutuhkan Vit D agar bisa bekerja optimal. Kalsium membantu membangun dan memelihara tulang, sementara Vitamin D membantu tubuh agar bisa menyerap kalsium tersebut.

Jika tubuh tidak menyerap cukup kalsium, tubuh akan mengambil kalsium yang dibutuhkan untuk berfungsi dari tulang. Jika dibiarkan ini dapat menyebabkan pengeroposan tulang, penurunan kepadatan tulang, dan peningkatan cedera tulang seiring bertambahnya usia.

Rekomendasi Kalsium yang Cukup

Meskipun dosis makanan standar bervariasi menurut usia, jenis kelamin dan kadar hormon, tetapi organisasi kesehatan memberikan pedoman yang direkomendasikan. Asupan harian yang direkomendasikan kalsium untuk orang dewasa di bawah usia 50 tahun adalah 1.000 mg, sedangkan mereka yang berusia di atas 51 tahun membutuhkan 1.200 mg karena percepatan pengeroposan tulang yang lebih cepat karena faktor penuaan.

Sumber makanan dengan kandungan kalsium tinggi antara lain:

  • Sereal yang diperkaya
  • Sarden kalengan
  • Keju cheddar
  • Susu tanpa lemak atau rendah lemak
  • Yoghurt tawar, rendah lemak
  • Kedelai
  • Tahu
  • Salmon kalengan
  • Sayuran lobak, sawi, kangkung, sawi
  • Brokoli, kubis, bok choy
  • Kacang polong hitam, kacang hitam, kacang kering
pentingnya vitamin d
pentingnya vitamin d

Rekomendasi Vitamin D yang Cukup

Asupan vitamin D harian yang direkomendasikan untuk setiap orang dibawah usia 70 tahun adalah 600 International Units (IU). Dan diatas usia 70 tahun, disarankan untuk meningkatkan asupannya menjadi 800 IU.

Ada tiga cara untuk mendapatkan vitamin D:

  • Paparan sinar matahari melalui kulit
  • Makanan
  • Suplemen

Paparan sinar matahari sangat penting untuk mendapatkan vitamin D. Kulit membuat vitamin D dari sinar ultraviolet di bawah sinar matahari (sinar UVB). Tubuh kemudian menyimpan vitamin tersebut dan menggunakannya saat dibutuhkan. Berbagai faktor memengaruhi jumlah vitamin D yang dapat dibuat oleh kulit, termasuk waktu, musim, garis lintang, serta pigmentasi kulit.

Vitamin D tersedia di sejumlah makanan, termasuk:

  • Kuning telur
  • Ikan berlemak (salmon, tuna, mackerel)
  • Minyak hati ikan
  • Hati sapi
  • Susu yang diperkaya, jus jeruk, dan susu kedelai
  • Sereal yang diperkaya

Jadi jika ingin membangun dan memelihara tulang yang kuat, kita harus memastikan bahwa tingkat asupan kalsium dan vitamin D mencukupi, karena kedua elemen ini bergantung satu sama lain untuk berfungsi dengan baik dalam tubuh.

Lengkapi dengan Suplemen seperti CDR

CDR

Suplemen Vitamin D dibutuhkan karena tubuh sulit untuk mendapatkan 1.000 IU Vitamin D secara alami, bahkan dari makanan yang sehat sekalipun. Suplementasi dengan vitamin D, diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. CDR sebagai suplemen kalsium No. 1 memiliki kandungan lengkap untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi terbaik dalam membentuk tulang yang sehat.

Dalam setiap tablet CDR mengandung kalsium, vitamin C, D, dan B6. Sebagai tablet effervescent, CDR mudha dikonsumsi dengan cara dilarutkan dalam air. Kita bisa mengnsumsinya setelah makan, inilah saat terbaik agar kalsium dapat terserap secara maksimal dan mengurangi ketidaknyamanan pencernaan akibat dari asam lambung.

manfaat cdr

Kita bisa mengonsumsi 1 tablet CDR setiap hari, atau menurut anjuran dokter. Tetapi yang perlu diingat adalah jangan diminum bersamaan dengan teh atau kopi. Berikanlah jeda agar tubuh bisa menyerap kalsium secara maksimal.

CDR aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, jadi kebutuhan kalsium mereka bisa dipenuhi tanpa harus khawatir. Selain itu, CDR juga aman dikonsumsi dalam jangka panjang karena secara umum kalsium, vitamin C, D, dan B6 merupakan bagian dari pendukung metabolisme di dalam tubuh.

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, olahraga teratur, dan menjaga asupan nutrisi seimbang maka kita bisa terus senantiasa sehat. Usia hanyalah angka, karena kita memiliki tulang dan persendian yang kuat. Meminum 1 tablet CDR setiap hari bila perlu, dapat membantu kita nikmati hidup yang lebih berkualitas dengan tetap sehat dan aktif.

Facebook Comments

Artikel sebelumya5 Rekomendasi Mobil Paling Nyaman untuk Perjalanan Jauh dengan Keluarga
Artikel berikutnyaMelepas Stigma Kusta dan Mewujudkan Inklusifitas Disabilitas
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.