Anak Bermain Gadget
Kecanduan Gadget Pada Anak Bisa Disebabkan Oleh Beberapa Faktor. Image credit: pixabay.com

Bagi sebagian besar mama papa, pandemi menjadi saat penuh tantangan dalam hal mendidik si kecil. Terlebih ketika mama papa diuji dengan semakin seringnya si kecil bermain gadget hingga tak kenal waktu.

Selain faktor pelajaran sekolah yang berlangsung daring, ada pula hal lain yang dapat menjadi penyebab si kecil terus menerus menggunakan gadget. Sehingga penting bagi mama papa untuk bijak melakukan pengawasan, agar kecanduan gadget pada anak dapat diminimalisir.

Faktor Penyebab Kecanduan Gadget Pada Anak

  1. Orangtua

Mama papa yang terlalu sibuk dengan pekerjaan, seringkali kurang peduli dengan keberadaan anak dan aktivitasnya. Terlebih saat pekerjaan mama papa sangat banyak dan dibatasi oleh waktu. Sehingga saat si kecil meminta perhatian, gadget menjadi salah satu solusi agar pekerjaan mama papa tetap berjalan lancar. Dan perhatian si kecil teralihkan kepada gadget yang bisa memberikannya hiburan, di kala mama papa tak memperhatikannya.

  1. Lingkungan

Lingkungan sekitar juga menjadi sebab kecanduan gadget pada anak. Meskipun mama papa telah menerapkan peraturan penggunaan barang mewah tersebut, hal ini belum tentu menjadi jaminan si kecil tidak akan tergantung pada gadget. Terlebih ketika menyaksikan teman-temannya diperbolehkan menggunakan gadget, namun sebaliknya ia tidak diizinkan. Ditambah dengan meningkatnya tingkat kejahatan, menyebabkan mama papa lebih merasa nyaman jika si kecil ada di rumah, meskipun harus membekalinya dengan gadget.

Penggunaan gadget pada si kecil akhirnya menjadi dua sisi mata uang bagi mama papa. Di satu sisi, penting bagi si kecil mengenal teknologi, sedangkan di sisi lain ada juga dampak negatif jika si kecil terus menerus bersentuhan dengan gadget. Namun itu bukan berarti mama papa tak bisa berbuat apapun untuk mencegah kecanduan gadget pada anak. Hal yang bisa dilakukan adalah membatasi penggunaan gadget dan mendisiplinkannya, agar si kecil perlahan mulai mengurangi kegemarannya tersebut.

Pengawasan Pemakaian Gadget
Pentingnya Pengawasan Gadget Pada Anak Oleh Orangtua. Image credit: pixabay.com

Batasan Waktu Penggunaan Gadget Pada Si Kecil

Mama papa pastinya sangat memahami, bahwa sebenarnya tak ada yang salah dengan kehadiran gadget ini. Faktanya gadget menjadi salah satu sarana untuk mempermudah aktivitas manusia. Hanya saja diharapkan tetap bijak dalam memanfaatkannya, terlebih jika sudah mulai dikenal si kecil. Dan cara pertama yang bisa dilakukan adalah membatasi waktu penggunaan gadget.

1. Usia Bayi Hingga 1 Tahun

Anak usia bayi hingga 1 tahun, sebenarnya belum saatnya bersentuhan dengan gadget. Namun terkadang ada kejadian di luar kendali mama papa, yang menyebabkan bayi harus mengenal gadget lebih awal. Jika hal ini terjadi, usahakan agar batasan waktu si kecil menggunakan gadget, hanya selama 15 menit saja dalam sehari. Sebab usia bayi merupakan saat berkembangnya kemampuan motorik, komunikasi dan kemampuan lainnya. Sehingga diharapkan mama papa lebih mendampingi proses tumbuh kembang secara langsung, seperti bermain atau mengajaknya bicara, dibandingkan dengan mengenalkannya pada gadget.

2. Usia 2 Hingga 5 Tahun

Usia 2 hingga 5 tahun adalah saat dimana si kecil mengalami pertumbuhan fisik yang semakin cepat. Jika si kecil terpaksa harus bersinggungan dengan gadget, maka mama papa harus membatasi penggunaannya, tak lebih dari 1 jam dalam sehari. Sebab ketika terlalu lama menggunakan gadget, otomatis si kecil menjadi kurang gerak, sehingga menghambat pertumbuhan fisiknya.

3. Usia 6 Tahun Ke Atas

Usia ini merupakan saat si kecil mulai belajar banyak hal, dan mampu diajak berkomunikasi tentang kesepakatan peraturan penggunaan gadget. Untuk itu, mama papa dapat memberikan akses waktu selama 3 jam dalam sehari. Durasi tersebut diharapkan bisa diatur antara waktu belajar dan bermain, mengingat jika kegiatan sekolah saat ini menggunakan sistem daring di rumah.

Berikan gadget pada si kecil ketika tiba waktunya bersekolah, dan usahakan fokus belajar, tanpa adanya keinginan mengakses permainan atau aplikasi lainnya. Lalu ketika si kecil ingin mendapat hiburan dari gadget, batasi pula durasinya sesuai kesepakatan. Mama papa dan si kecil harus sama-sama komitmen mematuhi kesepakatan yang telah dibuat, agar perlahan kecanduan gadget pada anak bisa teratasi.

4. Pilihan Program

Selain membatasi durasi penggunaan gadget, hal lain yang perlu disikapi adalah program, aplikasi dan permainan yang akan diakses oleh si kecil. Mama papa tetap harus mengetahui dan mengawasi program, permainan atau aplikasi apa saja, yang diijinkan untuk diakses. Atau untuk lebih amannya mama papa bisa turut serta bermain, atau menyaksikan aplikasi yang dipilih si kecil.

5. Maksimalkan Kontrol Mama Papa

Mama papa juga harus memaksimalkan pengawasan pada aplikasi yang diakses si kecil. Pada beberapa aplikasi, terkadang ada beberapa fitur, yang memudahkan mama papa melakukan fungsi pengawasannya. Seperti memfilter aplikasi yang bisa diakses, dan berapa lama alokasi waktunya. Sehingga asi kecil tetap dapat menggunakan gadget, tanpa harus merasa mama papa membatasi aktivitasnya.

6. Atur Waktu

Sediakan pula waktu khusus untuk si kecil benar-benar tidak menggunakan gadget. Seperti saat makan, belajar dan akan tidur. Usahakan di jam tersebut, mama papa mengajak untuk berkomunikasi, belajar dengan cara yang asyik, atau membacakan dongeng sebelum tidur. Sehingga perlahan si kecil akan memahami, kapan saat memakai dan lepas dari gadget.

Mengkondisikan si kecil agar tidak kecanduan gadget, menjadi tantangan tersendiri bagi mama papa, di tengah masa pandemi, dan era kemajuan teknologi. Sehingga penting bagi mama papa untuk bijak membatasi penggunaan gadget, dan lebih mengalihkan perhatian si kecil pada hal lain yang bermanfaat.

Untuk itu Kiddo.id hadir sebagai solusi atas semua permasalahan mama papa, terkait tumbuh kembang si kecil. Termasuk bagaimana mengantisipasi kecanduan gadget pada anak. Sebab Kiddo memiliki banyak program pengembangan kemampuan si kecil, seperti kursus, mainan edukasi, dan lain-lain. Dan kini Kiddo.id memiliki fitur baru bernama Milestone Tracker. Fitur yang membantu mama papa memantau tumbuh kembang si kecil sesuai usianya, tes potensi sesuai 8 kecerdasan majemuk, panduan aktivitas mulai usia 0 hingga 12 tahun, serta jurnal harian untuk tumbuh kembang si kecil. Fitur yang terbukti mampu meminimalisir kecanduan gadget pada si kecil.

Gadget adalah kemajuan teknologi yang tetap disyukuri. Namun penting pula untuk bijak dalam mengendalikannya, sehingga si kecil dapat mengikuti perkembangan teknologi, tanpa harus merasa dikekang oleh mama papa.

Referensi :

https://www.halodoc.com/artikel/berapa-lama-anak-diperbolehkan-main-gadget
https://www.halodoc.com/artikel/berapa-waktu-ideal-untuk-anak-bermain-gadget
https://kesehatan.kontan.co.id/news/berapa-lama-anak-di-bawah-5-tahun-boleh-lihat-hp-ini-panduan-dari-who?page=all
https://www.popmama.com/life/health/mariana-politton/batasan-penggunaan-gadget-oleh-anak-sesuai-dengan-umurnya/4

Facebook Comments

Artikel sebelumyaGernas BBI Puncak Kilau Digital Permata Flobamora, Wujudkan Transformasi UMKM Lokal Go Digital
Artikel berikutnyaKeren! Investasi Forex Bikin Kamu Bebas Gaptek dan Bisa Raih Banyak Cuan
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.