Softlens saat ini bukan hanya sekedar sebagai alat untuk mengatasi masalah penglihatan saja, tetapi juga digunakan sebagai bagian dari pendukung penampilan. Penggunaannya semakin luas bahkan bisa di mix match dengan busana yang akan digunakan. Dengan berbagai variasi dan warna, Softlens bisa membuat kita menjadi terlihat lebih menarik.

Namun sayangnya masih banyak orang yang kesulitan saat memakainya. Mata kering adalah salah satu keluhan paling umum saat memakai lensa kontak. Walaupun sebetulnya bukanlah lensa kontak yang menyebabkan mata kering, namun kondisi ini bisa menjadi lebih serius jika tidak diatasi.

Bisakah lensa kontak merusak mata? Anggapan ini tidaklah benar. Karena kenyataanya lensa kontak sangatlah aman. Masalah terbesar dengan lensa kontak bukan terletak pada perangkatnya itu sendiri, tetapi terletak pada orang yang memakainya. Memakai lensa kontak dapat merusak mata jika tidak dibersihkan dengan benar atau tidak menggantinya seperti yang disarankan.

Kenapa Mata yang memakai Softlens terasa Kering?

Pada dasarnya mata memiliki kelenjar penghasil air mata yang menjaga permukaan mata tetap basah dan membersihkan kotoran yang masuk. Namun terkadang kuantitas atau kualitas air mata tidak cukup untuk menjaga kelembapan pada mata. Jika sudah demikian maka mata akan merasakan gejala yang paling umum dari mata kering yaitu kemerahan, gatal, terasa seperti ada pasir, mata berair, dan nyeri.

Penjelasan kenapa mata terasa kering saat memakai softlens, ini karena cara penggunaan dan perawatannya yang kurang tepat sehingga dapat memperburuk gejalanya. Karena lensa kontak dipasang langsung pada mata dan menutupi seluruh kornea, lensa kontak dapat mengurangi jumlah oksigen yang mencapai mata. Padahal pasokan oksigen yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut tips cara mencegah mata kering serta cara meredakan gejala nyeri saat memakai lensa kontak.

1.Jaga Kebersihan saat Memakai dan Melepaskannya

Orang yang mengabaikan untuk mencuci tangan sebelum memasang atau melepas lensa dapat terkena infeksi mata. Ini terjadi karena disebabkan oleh bakteri dan organisme lain yang tertempel dpada tangan dapat mencapai softlens.

2. Lepas Softlens saat Tidur

Tidur dengan softlens yang masih dipakai juga dapat meningkatkan risiko infeksi kornea dua puluh kali lipat. Kornea kekurangan oksigen saat lensa dalam dan kelopak mata tertutup, sehingga memudahkan kuman dan bakteri untuk berkembang.

3.Gunakan Softlens Sekali Pakai

Memilih softlens harian dapat membantu mengurangi mata kering, terutama jika mata kita sensitif. Kotoran di udara yang dapat menempel pada softlens kemudian mengendap dapat memperburuk gejala mata kering serta menyebabkan saluran air mata tersumbat.

Kotoran yang menumpuk di atasnya seiring waktu, membuat air mata lebih sulit menyebar secara merata ke bola mata. Dengan semakin sering mengganti softlens maka akan semakin sedikit kotoran yang mengumpul pada permukaan lensa.

4.Pakai Softlens Silicone Hydrogel (SiHy)

Softlens sangat bermacam-macam, tidak hanya dari segi warna atau bentuk saja tetapi dari bahan pembuatannya juga. Softlens memiliki berbagai karakteristik yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi mata masing-masing pemakai. Beberapa orang lebih nyaman dengan lensa dari bahan yang memiliki kadar air rendah, sementara yang lain lebih nyaman dengan lensa yang memiliki kandungan air tinggi.

Softlens Silicone Hydrogel direkomendasikan bagi mereka yang memiliki mata kering. Softlens yang lunak ini memiliki keunggulan untuk memungkinkan lebih banyak oksigen mencapai mata dan menjaganya agar tetap lembab lebih lama daripada lensa kontak konvensional. Softlens ini mengkombinasikan hidrogel dan silikon sehingga dapat meningkatkan permeabilitas oksigen, bahkan dengan volume air mata yang rendah sekalipun. Lensa hidrogel silikon modern ini mampu mengurangi risiko hipoksia mata.

5. Bersihkan wadah lensa setiap hari.

Saat softlens dikeluarkan dari wadahnya untuk dipakai, maka sebaiknya tersebut harus dibersihkan dan dibilas dengan larutan lensa kontak, kemudian dikeringkan di atas kertas tisu yang bersih. Membiarkan larutan lensa kontak berlama-lama di wadahnya akan mengurangi keefektifan untuk membersihkan sehingga dapat menyebabkan masalah seperti peradangan dan infeksi.

6. Gunakan obat tetes mata

Obat tetes mata akan sangat menolong jika Kita memiliki masalah mata kering. Kita harus benar-benar meneteskannya bahkan ketika mata tidak terasa kering sekalipun. Hal ini akan membantu mencegah kekeringan muncul dan melindungi mata dari kotoran dan bakteri yang mungkin terpapar dari udara.

7. Beri Jeda, Jangan Mengenakan Softlens sepanjang Waktu

Meskipun Kita bisa saja mengenakan lensa kontak sejak Kita membuka mata hingga kemudian tidur di malam hari, namun ini sebaiknya tidak dilakuakn jika memiliki mata kering. Yang terbaik adalah membiarkan mata bernapas selama beberapa jam tanpa softlens. Hal ini memungkinkan mata mendapatkan asupan oksigen yang baik dan menerima nutrisi secara maksimal.

Kta dianjurkan untuk melepaskan harus softlens setidaknya dua jam sebelum waktu tidur, dan memakainya kembali setelah dua jam dari saat kita bangun. Ini artinya kita tidak boleh memakai lensa lebih dari 14 jam berturut-turut. Sangat baik untuk memberi mata waktu untuk istirahat.

Miacare Softlens Silicone Hydrogel (SiHy) Terbaik Untuk Mata Kering

Mengingat faktor kesehatan mata yang sangat penting, maka memilih softlens harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Gunakan softlens berbahan Silicone Hydrogel (SiHy) yang bisa mengurangi efek mata kering. Rekomendasi softlens terbaik bagi mata kering adalah gunakan CONFiDENCE Silicone Hydrogel Color dari Miacare. Softlens tersehat dan alami dari Miacare ini merupakan satu-satunya softlens yang memakai teknologi Silicone Hydrogel (SiHy) dan tersedia dalam beberapa pilihan warna.

Miacare Silicone Hydrocel ini memiliki dua varian produk yakni softlens untuk pemakaian harian dan juga softlens untuk pemakaian bulanan.

  1. Yang membutuhkan softlens untuk harian maka bisa memilih softlens Miacare CONFiDENCE Shimmer dengan tiga pilihan warna yang tersedia, yaitu Ocean Blue, Pearl Grey, dan Hazel Nude.
  2. Sementara jika ingin memilih produk yang bisa dipakai lebih lama, kita bisa memilih Miacare CONFiDENCE Flash yang bisa dikenakan bulanan dengan tiga pilihan warna, yaitu Daisy Pink, Icy Blue, dan Ashley Grey.

Miacare adalah No.1 Healthy and Charming Softlens in the world, softlens ini memiliki banyak keunggulan yang membuatnya begitu direkomendasikan. Softlens Miacare sangat nyaman digunakan bahkan dalam waktu lebih dari 8 jam karena ultra-comfortable.

Bahan yang digunakannya dijamin aman dipakai, selain itu, softlens ini diproduksi dengan teknologi Eautrasil™ Techonolgy. Sebuah formula yang mampu memberikan melindungi penggunanya dari sinar UV.

Rekomendasi Softlens Terbaik Untuk Mata Kering

– Bahan: Filcon V Silicone Hydrogel
– Tech: EautraSil Plus
– Pemakaian: Daily
– Oxygen Transmissibilty: DK/t 151
– Water content: 49%
– Thickness: 0.08@-3.00D
– Modulus: 0.45Mpa
– Base curve: 8.7 mm
– Diameter: 14.1 mm
Color Ring: OD:13.0/ID:6.0
Smart Peripheral Edge Design
– Kemenkes RI AKL: 21204021759
– Made in Taiwan
Isi: 10 Pcs

Miacare juga memastikan mata memperoleh pasokan oksigen yang cukup. Untuk softlens pemakaian harian, Miacare memiliki standar Oxygen transmissibility DK/t-nya 151 dan 193 untuk yang pemakaian bulanan. Dengan demikian, Miacare softlens ini akan sangat nyaman dipakai tanpa khawatir mata menjadi kering.

Semakin yakin memilih Miacare adalah karena Softlens ini juga sudah terdaftar secara resmi di Kemenkes RI untuk “Alat Kesehatan” dengan No. 21204021590 dan 21204021759. Tidak berlebihan jika menyebut Miacare sebagai softlens paling sehat dan cantik alami yang sangat mengerti kondisi mata kita.

Untuk dapat memilikinya kita bisa dengan mudah menemukannya di situs e-comerce Shopee klik disini Softlens warna SiHy. Nah jadi tidak ada alasan lagi takut mata kering karena ada Miacare yang terbukti sehat dan selain itu tentu saja membuat kita tampil lebih menarik dan berbeda.

Facebook Comments