paket hosting murah backup harian
paket hosting murah backup harian domainesia

Backup data blog atau website itu sangat-sangat penting, lakukan sekarang, jangan sampai kamu menyesal ketika hal buruk itu terjadi.

Peristiwa di bulan September tahun lalu menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Saya setelah selama ini Ngeblog. Bagaimana tidak, Blog yang dibangun dengan mengorbankan waktu, energi, dan segenap hati itu hampir hilang untuk selamanya. Perjuangan bertahun-tahun mulai dari awal memilih domain, memilih desain situs web yang tepat, memilih tema, memasang plugin, hingga membuat konten postingan hanya dalam sekejap semuanya hancur.

jejak si hacker

Ketika mengakses blog tersebut secara langsung, semua postingannya hilang tidak berbekas. Tampilannya pun berubah menjadi seperti sebuah situs yang baru saja di Install. Celakanya, tidak hanya blog ini saja yang terkena serangan tetapi totalnya ada 6 blog yang juga dihapus tak tersisa.

Tadinya saya kira ini adalah eror biasa, tapi ternyata, ini jauh lebih serius dari apa yang saya pikirkan. Ketika masuk ke myphpadmin, saya menemukan pesan yang benar-benar membuat kaget. Ternyata ini adalah kerjaan hacker! Ia memindahkan semua data blog saya ke server yang ia miliki, dan  meminta tebusan berupa bitcoin! Hanya ada waktu 9 hari untuk mendapatkan data tersebut atau Ia akan menjualnya.

ancaman dan minta bitcoin

Tak Sanggup Menebus, Untungnya ada Backup Data Blog

Terus terang Saya tidak sanggup jika harus menebus data blog yang dicuri tersebut. Tetapi berita baiknya, saya memiliki backup harian dari ke 6 blog tersebut. Sehingga bisa dengan mudah melakukan instalasi dan mengembalikannya seperti semula.

Andai tidak memiliki backup, sepertinya akan sangat mustahil untuk mengembalikan semuanya. Saya memang masih memiliki domainnya dan bisa meneruskannya saja. Namun masalahnya adalah bagaimana dengan postingan yang hilang tersebut? Terutama pertanggung jawaban kepada klien yang telah bekerjasama selama ini. Belum lagi postingan pribadi yang tentunya tidak kalah berharga karena ada nilai kenangannya.

Bisa saja Konten-konten yang telah terposting Kita cari cachenya dari Google. Tetapi Itu akan sangat memakan waktu, apalagi jika itu adalah 6 blog dengan jumlah postingan yang sudah ribuan jumlahnya.

Jangan remehkan security Blog yang Kamu Miliki

blog terkena hack
blog terkena hack

Jangan pernah menganggap jika hacking “hanya terjadi pada situs web besar“. Karena hal seperti ini bisa menyerang secara luas dan menargetkan situs web apapun. Dibanding mengincar website besar dengan security berlapis, Hacker tentu lebih suka mengincar blog pribadi yang securitynya lemah sehingga mudah saja untuk diambil alih.

Tidak ada yang benar-benar ingin itu terjadi, bagi pemiliknya bagaimanapun blog tersebut pasti sangat berharga. Ada perjuangan yang mungkin tidak bisa diukur oleh uang dan akan sangat disayangkan jika harus hilang untuk selamanya.

Hack ini dapat merusak blog dengan berbagai cara, termasuk yang paling parah adalah kehilangan data. Atau bisa saja hanya sebatas redirect ke situs web lain yang tidak diinginkan atau menempatkan iklan ilegal di blog Kita.

Cara terbaik untuk mencegah kehilangan file penting adalah dengan membackupnya.

Percayalah, selalu lakukan backup secara berkala terhadap apapun file yang sekiranya penting. Pun termasuk data blog yang kita kelola. Backup pada dasarnya adalah salinan situs web yang Kita miliki, dan dapat digunakan untuk memulihkan situs jika ada yang menyebabkan situs tersebut rusak hingga tidak bisa diakses.

Penyebab hilangnya data blog bukan hanya sebatas ulah hacker, tetapi bisa juga dari sisi kegagalan sistem di hosting, update yang tidak komaptible, atau bahkan Kita tidak sengaja menaruh script atau menghapus file sehingga terjadi crash. Yang pasti, ada banyak hal yang bisa menyebabkan blog yang kita miliki terhapus, untuk itu pencegahan dengan membackupnya sangatlah penting. Sebagai seorang blogger, pada akhirnya adalah tanggung jawab Kita untuk melindungi blog Kita sebaik mungkin.

Backup Juga Memudahkan kita saat Migrasi

Tidak ada sistem yang sempurna, karena beberapa hal terkadang kita perlu beralih hosting. Prosesnya akan cukup merepotkan jika melakukannya secara tergesa. Tetapi jika Kita memiliki backup lengkap dari situs tersebut, maka prosesnya akan mudah dan simple. Memiliki backup yang siap berarti Kita dapat beralih hosting kapan saja jika diperlukan.

Pilih Hosting yang mendukung Backup berkala.

Mengingat pentingnya backup data blog, pilihlah penyedia web hosting yang menawarkan fitur backup data harian. Layanan pencadangan data harian ini akan sangat berarti untuk memberi Kita jaminan pemulihan otomatis atas data yang hilang. Ketika bencana terjadi, Kita tidak perlu merasa khawatir dan blog yang dimiliki bisa langsung UP lagi dengan cepat.

Paket hosting murah backup harian yang memiliki reputasi baik dan rekomended diantaranya adalah Domainesia. Dengan adanya fitur ini, kita tidak perlu takut kehilangan data karena semua paket domain dan hosting di DomaiNesia telah otomatis dilengkapi dengan backup harian ke cloud.

kelebihan domainesia
kelebihan domainesia

Tidak hanya itu, Hosting domainesia juga memiliki uptime hingga 99.9% dengan jaminan SLA (Servise Level Agrement). Ini menunjukan bahwa Domainesia sangat yakin jika layanannya tangguh dan bisa diandalkan.

Harga yang ditawarkan oleh Domainesia sangat terjangkau, mulai dari paket yang termurah hanya Rp 16.000 saja Kita sudah bisa menjalankan sebuah website yang bisa diakses. Paket ini cocok digunakan oleh kamu yang memang baru mengenal dunia web dan ingin mempelajarinya lebih lanjut. Atau bagi situs sekolah, pemerintahan dan toko online yang belum memiliki banyak pengunjung.

Jika membutuhkan hosting dengan space yang lebih lega, ada paket bisnis yang bisa kita pilih. Mulai dari Rp 80.000, Rp 160.000, Rp 320.000, dan Rp 640.000. Menariknya semua paket ini sudah termasuk domain gratis lho, cocok sekali bagi kamu yang memang ingin membangun blog pertama kamu.

domainesia paket hosting
domainesia paket hosting

Panel yang digunakan untuk mengontrol semua pengaturan hosting yang dipilih adalah cPanel. Sebuah panel kontrol yang sangat familiar dan relatif mudah untuk digunakan. Tidak ada biaya tambahan yang dikenakan untuk menggunakannya.

Kesimpulan

Blog dan website adalah aset digital yang berharga hingga bisa menjadi investasi yang sangat bagus. Bagi mereka yang membuatnya sebagai wadah personal dapat menjadikan blog sebagai tempat untuk merawat kenangan, menyimpan karya dan melakukan self branding. Sementara bagi mereka yang memproyeksikannya untuk usaha bisa mengubahnya menjadi online shop atau company profile yang berguna membagikan informasi kepada para calon konsumen potensial dimanapun mereka berada.

Dengan adanya fitur backup otomatis pada penyedia hosting yang dipilih akan membuat proses pencadangan dan pemulihan menjadi lebih simple. Sehingga memungkinkan Kita menjadi lebih produktif dan tetap aman. Jadi, selamat ngeblog, dan semoga sukses!

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPesona Inova Barong Diesel Matic, Harganya 200 Jutaan
Artikel berikutnyaBardi SMART IR Remote, Ucapkan Selamat Tinggal Pada Remot Jadulmu
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.