Jika ingin memulai traveling ke luar negeri, mulailah dari negara tetangga dulu. Kemiripan bahasa, kultur dan makanan, membuat kita tidak terlalu kaget dan bisa menikmati traveling dengan nyaman.

Malaysia adalah negara serumpun yang memiliki beragam destinasi. Negara ini akan sangat cocok dikunjungi oleh para traveler pemula. Dan salah satu kota tujuan wisata yang paling populer disana adalah Penang, sebuah pulau yang berada di bagian barat laut Malaysia.

Penang memiliki destinasi wisata bertema sejarah yang kental. Kota dengan nuansa kolonial Georgetown diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain ada banyak bangunan tua, museum, spot area bersejarah, kita bisa menemui beragam seni jalanan yang bisa dinikmati. Setelah lelah menjelajah, mencicipi kuliner street food di Gurney Drive akan membuat liburanmu semakin tidak terlupakan.

Perayaan Imlek di Penang yang Meriah

imlek penang
src: penangfoodie.com

Tahun ini Kita memang masih belum bisa bebas traveling karena pandemi yang belum berakhir. Tapi dengan mengetahui keseruan perayaan Imlek di Penang, siapa tau Tahun depan kita bisa pergi kesana secara langsung dan menikmati liburan berkesan yang tidak terlupakan.

Penang selain terkenal dengan wisata sejarahnya juga memiliki beragam festival menarik yang digelar sepanjang tahun. Festival keagamaan, budaya, kesenian, hingga festival kenegaraan silih berganti dilangsungkan. Ini tentunya menjadi atraksi wisata yang membuat penasaran para turis.

Salah satu perayaan terbesar di Penang terjadi saat Imlek tiba. Hal ini cukup dimaklumi karena Penang memiliki populasi etnis Tionghoa yang cukup dominan. Menghabiskan Tahun Baru Imlek di sini akan menjadi pengalaman yang luar biasa, karena ada berbagai perayaan tahun baru yang khusus berlangsung di seluruh pulau.

Imlek adalah hari libur terbesar yang dirayakan orang Tionghoa di seluruh dunia sepanjang tahun. Mereka percaya bahwa harus memulai tahun baru dengan meriah untuk mendapatkan keberuntungan sepanjang tahun penuh.

Inilah mengapa Tahun Baru Imlek tidak diperingati hanya satu malam seperti Tahun Baru Masehi 1 Januari. Perayaan Tahun Baru Imlek Penang berlangsung lebih lama dan menjadi hari libur terpanjang dalam setahun, yaitu selama 16 hari! Biasanya selalu jatuh antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari, tetapi tanggalnya berubah setiap tahun karena mengikuti kalender lunar Cina.

Bersiaplah untuk mendengar banyak petasan di mana-mana. Sekitar dua minggu penuh acara, dengan banyak ritual dan malam penuh kembang api! Tahun Baru Imlek adalah tentang tradisi. Jadi, berikut adalah rangkaian perayaan Imlek di Penang.

Rangkaian Perayaan Imlek di Penang

kek-lok-si

Kek lok Si Light Up

Kuil Kek Lok Si yang merupakan kuil Budha terbesar di Asia Tenggara dan telah berusia lebih dari 125 tahun. Kuil yang berlokasi di Air Itam, George Town, Penang ini akan mempercantik diri dengan 20.000 ribu lampion dan juga lampu-lampu neon modern. Tampilan cahaya di Kuil Kek Lok Si selama Tahun Baru Imlek, itu benar-benar spektakuler.

Yang perlu di ingat, Butuh usaha untuk mendaki ke kuil karena ada lebih banyak anak tangga setelah Kita masuk ke halaman. Namun ini akan terasa sepadan karena ketika sampai di sana lampu mulai menyala dan terlihat sangat epik. Saat Imlek, tempat itu benar-benar penuh dengan orang yang berlomba-lomba untuk mengambil foto.

kuil ular penang
ada ular asli di kuil ini

Kuil Ular Ban La Kan

Kuil Ular Ban Ka Lan berlokasi di Jalan Sultan Azlan Shah, Bayan Lepas Industrial Park, 11900 Bayan Lepas, Penang. Kuil ini mengadakan perayaan meriah untuk menghormati ulang tahun dewa kuil, Cheng Chooi Chor Soo Kong, yang jatuh pada hari keenam Tahun Baru Imlek.

Akan ada banyak tarian Barongsai dan Liong, pertunjukan genderang, beragam kedai makanan dan kejutan, kembang api! Hal ini patut untuk dicoba, terutama untuk puncak acara, ‘upacara menonton api‘, yang seharusnya melambangkan ramalan dewa tentang ekonomi Penang untuk tahun mendatang.

penang-hot-air-balloon

Ballon Festival

Pesta balon tahunan Penang digelar di Padang Polo dan selalu berlangsung menjelang akhir perayaan selama dua hari. Para penerbang balon udara dari seluruh dunia berkumpul dan menerbangkan balon warna-warni yang unik, plus ada beragam permainan dan tentu saja pertunjukan kembang api pada malam hari.

Hokkien-New-Year
oldpenanghotel.com

Festival Pa Ti Kong

Festival Pa Ti Kong digelar oleh Orang Tionghoa Hokkien di Penang pada hari kesembilan Tahun Baru Imlek dan dikenal sebagai salah satu acara terbesar dalam kalender China. Perayaan Pa Ti Kong ini diadakan di Chew Jetty, dekat terminal feri di Georgetow.

Kita dapat menyaksikan tarian dan kembang api yang berlimpah untuk merayakan ulang tahun Dewa Kaisar Langit, yang konon menyelamatkan leluhur Hokkien, yang berasal dari provinsi Fujian, Cina, dari tentara yang haus darah. Nenek moyang mereka melarikan diri dari pasukan penyerang dengan bersembunyi di ladang tebu. Tidak heran mereka akan menghiasi meja dan rumah dengan batang-batang tebu tersebut.

Pada tengah malam doa dipanjatkan kepada Dewa Kaisar Langit untuk memohon keberuntungan dan perlindungan selama setahun kedepan.

chap go meh penang
lempar jeruk

Chap Go Meh

Chap Go Meh menandai akhir perayaan Imlek dengan pesta epik. Chap Goh Meh dirayakan pada malam ke-15 Tahun Baru Cina. Perayaan ini berpusat di Esplande, Dermaga Bukit Tambun. Ada suasana karnaval dengan berbagai pertunjukan, kios jajanan, dan kembang api.

Chap Go Meh juga dikenal sebagai ‘Hari Valentine China‘, dan secara tradisi wanita lajang akan melakukan ritual membuang jeruk ke laut dengan harapan menemukan ‘Mr Right’. Namun pada hari ini berkembang menjadi menuliskan nama dan keinginan mereka pada buah sebelum melemparkannya ke air pada penghujung malam, sebelum pulang.

Traveling Melihat Perayaan dan Juga Cek Kesehatan di Penang

Yang menarik dari Penang selain bangunan bersejarah dan perayaannya adalah Kita juga bisa sambil berobat atau sekedar check up kesehatan. Saat ini Malaysia memang menduduki peringkat teratas sebagai tujuan wisata kesehatan dunia berkat perawatan medisnya yang terjangkau dan berkualitas tinggi. Dengan mayoritas wisatawan kesehatan menjadikan Penang sebagai tujuan pilihan mereka sehingga dikenal sebagai pusat wisata kesehatan Malaysia selain Kuala Lumpur.penang medical tourism

Berbagai fasilitas medis terbaik ada disini, dari segi jarak juga relatif dekat, Kita hanya butuh beberapa jam saja untuk bisa sampai. Apalagi kini sudah banyak penerbangan langsung antara kota besar di Indonesia menuju ke Penang. Pengurusan visa yang mudah juga akan mempercepat penanganan kesehatan yang dibutuhkan.

Medical Tourism berkembang dengan sangat baik di Penang karena didukung oleh berbagai aspek akomodasi yang akan memanjakan siapapun yang datang kesini. Seperti sistem transportasi publik yang terintegrasi sehingga akses terhadap fasilitas kesehatan menjadi sangat simpel dan mudah. Hotel dengan harga terjangkau juga membuat biaya tinggal disini sangat affordable.

kenapa mhtc malaysia

Dibekali dengan peralatan dengan tekhnologi tinggi, rumah sakit swasta maupun umum di Penang menawarkan berbagai layanan kesehatan. Ditambah dengan staf medis profesional yang menguasai bahasa Indonesia juga menjadi nilai plus tersendiri. Karena dapat memudahkan pasien melakukan konsultasi maupun perawatan.

Perawatan medis terlengkap, mulai dari tindakan bedah seperti ortopedi dan reumatologi, ofhalmologi, onkologi, kardiologi dan bedah kadiovaskular, kebidanan dan ginekologi, telinga, hidung dan tenggorokan, nefrologi dan urologi, restorasi plastik dan rekonstruktif serta gastroenterologi. Perawatan kosmetik dan estetika juga merupakan bagian dari perawatan yang bisa didapatkan.

genesis-ivf-gurney-paragon
Genesis IVF Woman’s Specialist Centre

Beberapa rumah sakit yang bisa dituju di Penang diantaranya adalah Rumah sakit Gleneagles Penang, Island Hospital, Penang Adventis Hospital, bahkan rumah sakit khusus untuk kesehatan wanita pun ada seperti Genesis IVF Woman’s Specialist Centre dan TMC Fertility & Woman Specialist Centre.

Wisata kesehatan di Malaysia diawasi secara ketat oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pariwisata Malaysia untuk menjamin perawatan dan perawatan kelas satu pasien yang berkunjung. Selain itu, banyak rumah sakit yang juga terakreditasi ISO 9001 untuk Sistem Manajemen Mutu dan memiliki akreditasi Joint Commission International (JCI). Institusi perawatan kesehatan swasta terkemuka di Penang memenuhi standar Malaysian Society for Quality in Health (MSQH).

Tidak hanya Penang, ada beberapa kota lain yang bisa dipilih untuk mendapatkan pelayanan medis terbaik dan juga pengalaman traveling yang tidak terlupakan. Kunjungi http://www.medicaltourismmalaysia.id/ untuk mengetahui berbagai info lebih lengkap tentang Malaysia Health Travel Council. Atau jika ingin lebih mudah, bisa follow akun instagram @medtourismmy.id.

Menikmati #LiburanSehat di Penang

Wisatawan medis yang mengunjungi Penang akan menemukan lingkungan yang sempurna untuk pemulihan. Tempat-tempat wisata seperti Bukit Penang dan Kebun Raya Penang menawarkan jalur jalan kaki, dan udara yang menyegarkan.

Selain itu banyak resor yang menawarkan spa, pijat refleksi, yoga dan meditasi, serta restoran vegetarian dan organik, tersebar di sekitar pulau, semuanya siap melayani pengunjung yang tertarik dengan kesehatan.

Saat traveling, kita bisa meredakan stress dan membuat fikiran lebih positif sehingga semakin mempercepat proses penyembuhan. Perasaan senang dan gembira terbukti dapat memproduksi hormon yang menguatkan imun tubuh. Jadi jangan ragu untuk datang ke Penang, liburan sehat yang menyenangkan menunggumu disini.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumya6 Destinasi Baru di Bali, yang Layak Dikunjungi
Artikel berikutnyaJangan Lewatkan Promo Kartu Kredit Citibank, Yuk Segera Aply!
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.