nasi gandul
nasi gandul

Mungkin kamu penasaran, dimana tempat makan nasi gandul yang paling enak di Kabupaten Pati? Ternyata Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang berada di wilayah pesisir pantai utara Pulau Jawa ini punya kuliner lezat. Belum banyak orang yang tahu kalau Pati punya kuliner nikmat dan khas daerah tersebut yaitu nasi gandul pati.

Bagi yang belum tahu apa itu nasi gandul, maka berikut dibawah ini beberapa fakta menariknya yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

  1. Nasi Gandul Adalah Makanan Khas Pati

Nasi gandul adalah makanan khas Pati yang banyak ditemukan di setiap sudut kota Pati. Tetapi dari sekian banyak warung yang menjual nasi gandul, ada tiga warung yang wajib kamu coba. Seperti yang dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, ada tiga warung nasi gandul yang nikmat dan bisa menjadi referensi saat kamu berkunjung atau berlibur ke Pati.

  1. Gandul Dalam Bahasa Jawa Berarti Menggantung

Seperti yang telah disinggung diatas, belum banyak orang yang mengetahui nasi gandul ini. Nama gandul ini sendiri dalam bahasa Jawa berarti menggantung, tetapi bukan berarti nasinya disajikan secara menggantung, melainkan cara berjualannya.

Kabarnya, penjual nasi gandul di Pati akan menjajakan dagangan mereka dengan cara menggantungkannya pada pikulan. Dari situlah kemudian muncul sebutan nasi gandul untuk makanan khas Pati tersebut.

  1. Nasi Gandul Adalah Nasi Putih Yang Dilengkapi Lauk Dan Disiram Kuah

Nasi gandul adalah nasi putih biasa yang diberi lauk empal atau daging sapi bumbu bacem, lalu disiram dengan kuah bercita rasa gurih.

Lalu tempat yang menjajakan kuliner gandul paling enak di Pati itu dimana? Berikut dibawah ini rekomendasi 3 warung nasi gandul paling enak di Pati, diantaranya yaitu :

nasi gandul pak meled

  1. Nasi Gandul Pak Meled

Untuk menjaga cita rasa nasi gandul yang dijajakannya, hingga saat ini Pak Meled masih menggunakan metode memasak yang sama yaitu dengan merebus kuah nasi gandul dalam kuali tanah liat atau gerabah.

Warung nasi gandul ini beralamat di Krajan Gajah Mati, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati. Warung nasi gandul legendaris ini buka setiap hari, mulai pukul 11.00 hingga 21.30 WIB. Harga  satu porsi nasi gandul Pak Meled hanya Rp. 25 ribu saja.

nasi gandul warsimin

  1. Nasi Gandul H A Warsimin

Warung nasi gandul yang paling enak lainnya di Pati adalah warung nasi gandul H A Warsimin. Warung ini menyediakan pilihan daging yang lengkap seperti kikil, daging, paru, empal, hingga otak sapi. Soal rasanya, tidak perlu diragukan lagi karena dijamin enak.

Warung nasi gandul H A Warsimin ini berada di Jalan Roro Mendut, Semampir, Kabupaten Pati. Warung ini buka setiap hari, mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

nasi gandul romantis pak sardi

  1. Nasi Gandul Pak Sardi

Kalau kamu mampir ke warung nasi gandul Pak Sardi ini harus siap siap mengantri. Pasalnya warung ini menjadi favorit warga Pati untuk menikmati nasi gandul. Cira rasa nasi gandul Pak Sardi ini tidak pernah berubah sejak tahun 1978, rasanya tetap lezat dan nikmat.

Untuk bisa menikmati satu porsi nasi gandul di warung ini, kamu hanya perlu keluarkan uang Rp. 18 ribu hingga Rp. 20 ribu saja. Warung nasi gandul ini terletak di Panunggulan, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati. Buka setiap hari, mulai dari pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumya2 Varian Mie Indomie Goreng Terenak
Artikel berikutnyaCara Membuat Nasi Rames Komplit
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.