manajemen inventory terbaik systemever
manajemen inventory terbaik systemever

Manajemen Inventory Terbaik untuk kesuksesan Bisnis – Setiap pengusaha pasti ingin bisnis yang dijalankannya terus bertumbuh. Pertumbuhan ini bukan hanya tentang meningkatkan pendapatan dan melakukan ekspansi bisnis, tetapi juga tentang kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan, baik dari segi inovasi produk, maupun inovasi dalam sisi pengelolaan bisnis.

Bagi mereka yang tidak siap, hal ini akan menjadi bumerang tersendiri. Karena dengan pertumbuhan, akan ada banyak kerumitan yang tidak dapat ditangani oleh proses manual yang selama ini digunakan. Jika gagap menerapkan perubahan, bukan tidak mungkin seiring waktu, pertumbuhan tersebut malah justru merusak kondisi perusahaan, mengurangi kepuasan pelanggan, dan gagal memenuhi order yang terus datang.

Mereka yang tidak memikirkan masa depan bisnisnya, kemungkinan besar tidak akan melihat bisnisnya bertahan.

Disinilah dibutuhkan sistem manajemen terpadu atau Enterprise Resource Planning (ERP) yang menawarkan kemampuan untuk mendukung pertumbuhan bisnis melalui fleksibilitas, skalabilitas, dan mobilitas yang dimilikinya. Untuk itu, Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) telah terbukti menjadi fondasi bisnis dari banyak perusahaan terkemuka selama beberapa dekade.

Menerapkan manajemen Inventory dengan Sistem ERP pada Perusahaan Distribusi

keuntungan manajemen inventory berbasis erp
keuntungan manajemen inventory berbasis erp

Mengelola inventory bisa jadi sangat menantang bagi perusahaan distribusi yang sedang berkembang sehingga membutuhkan sistem yang efektif untuk mengatasinya. Jika memiliki masalah dalam mengelola suply chain, maka itu bisa menjadi mimpi buruk. Metode manual yang rawan kesalahan tidak dapat mendukung perkembangan bisnis yang sedang berjalan cepat. Sementara Perusahaan yang unggul dalam menerapkan manajemen inventory akan terus mampu untuk mencetak keuntungan maksimum dan memperoleh kepuasan pelanggan.

Mengelola inventory sangat kompleks, hal ini mencakup pembelian, pemesanan ulang, pengiriman, pergudangan, penyimpanan, penerimaan, pemenuhan kepuasan pelanggan, pencegahan kerugian, perputaran stok, dan banyak lagi. Maka dari itu dibutuhkan sistem manajemen inventory yang komprehensif. Sistem ERP merupakan sistem yang tepat karena ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika mengintegrasikan manajemen inventaris ke dalam sistemnya. Keuntungan itu seperti efisiensi waktu, menghindari kesalahan entri data, implementasi yang lebih sederhana, dan menggabungkan data ke dalam satu database. Keunggulan utama dari sistem erp manajemen inventory adalah kemampuannya untuk berbagi informasi ke berbagai departemen dalam perusahaan secara real-time.

Sistem ERP memanfaatkan berbagai sumber data untuk membantu perusahaan lebih memahami kinerja berbagai SKU dan menggunakan data ini untuk membuat keputusan pemesanan yang lebih tepat dan membuat perkiraan yang lebih akurat untuk memenuhi permintaan di masa mendatang, tanpa khawatir akan kelebihan stok. Manajemen inventory yang dikelola oleh ERP juga meningkatkan efisiensi di seluruh rantai pasokan. Sebagai sistem terintegrasi, ERP juga dapat mengotomatiskan tugas sehari-hari, seperti penataan ulang.

Keuntungan ERP dalam Manajemen Inventory

Transparansi rantai pasokan: Ketika bisnis dapat secara efektif mengintegrasikan sistem back-end dan berkomunikasi langsung dengan mitranya, itu meminimalkan kejutan yang mengganggu, seperti komponen penting yang tidak dikirimkan saat diharapkan atau diberi harga lebih tinggi daripada yang masuk akal untuk produk tersebut. Sistem ERP terintegrasi juga memungkinkan sinkronisasi informasi pemesanan dan pengiriman.

Pelaporan yang ditingkatkan: Data inventaris yang akurat memungkinkan pembuat keputusan untuk memanfaatkan sepenuhnya wawasan berdasarkan data, seperti memahami SKU dengan kinerja terbaik, harga pokok penjualan (COGS), dan penjualan menurut lokasi dan saluran. ERP memungkinkan laporan khusus dan, oleh karena itu, data yang akurat dan dapat digunakan, tanpa memakan waktu.

Penghitungan yang lebih akurat: Sistem ERP melacak dan melaporkan kelebihan stok, kekurangan, restok yang direncanakan, dan tingkat perputaran rata-rata. Di gudang, sistem melacak dan melaporkan perputaran produk dengan akurat.

Analisis inventory menyeluruh: ERP menyediakan analitik untuk setiap tahap aliran inventory, seperti harga pokok penjualan, tingkat perputaran dan penyusutan. Dengan menganalisis inventory secara meyeluruh, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi yang siginifikan.

Pemeriksaan kualitas otomatis: Sebagian besar sistem ERP memiliki kemampuan untuk menentukan pemeriksaan kualitas inventory. Misalnya, jika produk harus mematuhi standar tertentu, staff dapat menentukannya dan sistem akan memeriksa informasi pada produk secara otomatis. Jika sistem mendeteksi item mungkin tidak sesuai, itu akan memberi tahu staf untuk memperbaruinya. .

Perencanaan inventory: Setiap produk memiliki status inventaris yang tercantum dalam ERP, memungkinkan staf, mitra, dan pelanggan untuk memeriksa ketersediaan dan nomor yang ada, serta pesanan. Memiliki data dan metrik inventaris akan memudahkan untuk melakukan perencanaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Penghitungan Siklus Pesanan: Sistem ERP memandu staf untuk melakukan penghitungan siklus yang rapi dan terencana. Mengintegrasikan penghitungan siklus reguler ke dalam operasi gudang Anda berfungsi sebagai alat penting untuk memeriksa dan menyeimbangkan serta meningkatkan catatan inventaris.

Bisnis Apa Lagi yang Membutuhkan Sistem ERP?

sistem erp bisnis jasa
sistem erp bisnis jasa

Sistem ERP adalah sebuah sistem terintegrasi yang memastikan semua hal dapat berjalan dengan efisien. Bukan hanya sebatas manajemen inventory yang dibutuhkan oleh perusahaan distribusi, tetapi juga sistem manajemen yang dibutuhkan oleh perusahaan jasa.

Pentingnya Sistem ERP untuk jasa

Industri jasa pada dasarnya berorientasi pada proyek, bukan pada pengelolaan ataupun produksi barang. Walaupun begitu, Sistem ERP tetap sangat berguna, seperti untuk mengelola laporan transaksi, laporan keuangan, laporan order dan sistem pengelolaan karyawan. Sistem ERP bagi perusahaan jasa memungkinkan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk menciptakan diferensiasi layanan.

Kepuasan pelanggan dapat dengan mudah dicapai dengan bantuan ERP karena memungkinkan platform memeriksa status “layanan” kapan saja dan dari mana saja. Sistem ERP membantu mengevaluasi anggaran bisnis dan memeriksa kemajuan proyek secara cepat diamnapun secara realtime. Selain itu, Software ERP bisa menciptakan jalur data yang terkini antara karyawan, departemen, dan vendor melalui satu antarmuka. Sistem ERP dapat menyediakan semua yang diperlukan agar perusahaan terus berkembang karena mampu memfasilitasi kebutuhan di antara industri jasa.

Pentingnya Sistem ERP pada Era Digital

erp era digital
erp era digital

Pada masa digital seperti sekarang ini, perusahaan dituntut untuk melakukan perubahan agar bisa terus bertahan dan berkembang. Namun, sayangnya banyak perusahaan mengalami kebingungan tentang apa itu transformasi digital dan bagaimana memulai strategi transformasi digital yang sukses.

Transformasi digital bukan hanya tentang memiliki sekedar situs web atau aplikasi. Tetapi lebih jauh dari itu, transformasi digital adalah sebuah pola pikir dan respons untuk menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompetitif dan menantang. Perusaahaan harus dapat mendorong inovasi atau mengembangkan model bisnis baru sesuai dengan tuntutan pasar. Menerapkan solusi Enterprise Resource Planning (ERP) modern dapat menjadi dasar dari strategi transformasi digital yang kuat dan berkelanjutan.

Tujuan utama menerapkan Sistem ERP adalah:

  • Memberikan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik
  • Peningkatan Alur Kerja Dan Kelincahan Operasional
  • Peningkatan Produktifitas Kerja
  • Budaya Kerja yang Lebih Baik
  • Integrasi Teknologi Digital

Sebagian besar, strategi transformasi digital adalah tentang memanfaatkan teknologi untuk mewujudkan efisiensi dalam perusahaan. Mulai dari karyawan, pelanggan, dan pemasok hingga semua mitra dan top management. Sistem ERP adalah salah satu cara paling ampuh untuk melakukan ini, karena software ERP dapat menampilkan dan mengintegrasikan faktor analitik, otomasi, dan big data untuk mendorong proses serta produktivitas dan efisiensi operasional.

Sistem ERP memiliki kemampuan untuk mengubah semua proses dalam bisnis, mulai dari menyederhanakan manajemen inventory hingga meningkatkan efisiensi di seluruh sektor seperti, penjualan, pembelian, keuangan, dan akuntansi.

Keuntungan Menerapkan Sistem ERP

  1. Membuat keputusan bisnis berdasarkan data: Sistem ERP memungkinkan aliran informasi berjalan secara real time dan mudah diakses. Seluruh data dapat tersaji dengan komprehensif sehingga mudah untuk melakukan analisa. Dengan demikian, pengambilan keputusan dan perencanaan strategis bisa lebih tepat karena berdasarkan data yang akurat.
  2. Membuat Perusahaan Lebih kompetitif – Melakukan transformasi digital dengan benar dapat menjadi tantangan, tetapi tidak diragukan lagi bahwa strategi transformasi digital menempatkan perusahaan untuk memanfaatkan peluang baru. Solusi ERP dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan dikonfigurasi secara khusus untuk mencapai tujuan bisnis dan memiliki fleksibilitas sehingga lebih unggul dan kompetitif.
  3. Integrasi – Sistem ERP melakukan berbagai tugas melalui berbagai fitur dalam satu platform. Semua transaksi bisnis, keuangan, dan manajemen inventory dapat terintegrasi dalam satu platform.
  4. Skalabilitas – Bisnis tidak berkembang dalam ruang hampa, maksudnya semua hal, termasuk alat, proses, dan manajemen juga perlu beradaptasi untuk mendukung bisnis yang sedang berkembang. Sistem ERP modern dirancang untuk melakukan hal itu. Sistem ERP dapat disesuaikan untuk menangani berbagai tugas bisnis saat perusahaan bertumbuh.
  5. Meningkatkan Kinerja – ERP difokuskan untuk mendorong efisiensi dalam bisnis secara otomati. Produktivitas karyawan dapat meningkat karena data informasi dapat berjalan secara lebih cepat dan real time. Data penjualan, pengiriman, pergudangan, pembelian, dan manajemen dapat diakses dengan mudah.

ERP Cloud terbaik SystemEver

systemever erp terbaik
systemever erp terbaik

Ketika memutuskan untuk memilih sistem ERP terbaik, kita harus memperhatikan reputasi, support dan kompatibilitas yang dimilikinya. Sistem software ERP berbasis cloud SystemEver yang dikembangkan oleh Younglimwon Soft Lab Co., Ltd. dari Korea Selatan adalah yang terbaik dibidangnya. Dengan pengalaman panjang selama lebih dari 27 tahun, SystemEver telah memiliki reputasi yang baik dalam menghadirkan sistem ERP untuk ribuan pelanggan.

SystemEver membantu banyak perusahaan Small Medium Enterprises untuk berkembang dengan sistem aplikasi ERP yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan. SystemEver kompatibel bagi banyak perusahaan baik itu sektor Perdagangan, Distribusi, Pabrik maupun Industri Jasa dengan memberikan layanan menyeluruh mencakup sistem aplikasi ERP mulai dari aplikasi inventory, aplikasi penjualan, program akuntansi, hingga sistem manajemen. Software sistem ERP SystemEver memiliki user interface yang mudah digunakan, bisa disesuaikan dan juga sangat inovatif.

SystemEver solusi Cloud ERP Indonesia

kelebihan Software Sistem ERP Cloud systemever

SystemEver adalah sistem software ERP berbasis Cloud Computing yang menawarkan penggunaan yang lebih mudah dan efisien. Dengan menggunakan teknologi cloud computing, SystemEver dapat diakses dengan mudah melalui internet langsung tanpa perlu install aplikasi atau membangun server khusus. Sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses dan kemudian menjalankan program atau aplikasi.

Salah satu manfaat terbesar dari Sistem ERP Cloud adalah akses ke analitik secara real time. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melihat informasi penting saat itu juga dengan relevan dan mutakhir. Selama memiliki akses Internet, semua data dan informasi yang dibutuhkan tersedia untuk diakses dari lokasi mana pun dan kapan pun. Sistem cloud menyimpan dan mengoperasikan semuanya dari jarak jauh, jadi meskipun karyawan tersebar atau harus WFH mereka masih dapat memasukkan data secara real-time dari perangkat yang mereka gunakan (laptop, smartphone, tablet, dll.). Sistem ERP Cloud juga lebih affordable karena tidak membutuhkan pemeliharaan manual ataupun pembaruan perangkat keras dan perangkat lunak.

Pilihan Sistem ERP Cloud SystemEver

SystemEver® sistem Cloud ERP ini memiliki dua pilihan versi produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. i Series menfasilitasi setiap kebutuhan untuk penjualan, distribusi dan juga kebutuhan skala pabrik.

SystemEver i5

Ini adalah pilihan Sistem ERP yang lebih cocok digunakan untuk Manajemen Penjualan dan Distribusi maupun Perusahaan yang tengah membutuhkan sistem manajemen yang lebih terintegrasi dan bisa diakses secara real time. i5 menyediakan sistem software ERP yang komprehensif mulai dari Basic Costing, data penjualan hingga manajemen Inventory. Kelebihannya adalah karena berbasis sistem Cloud ERP, data yang tersedia dapat diakses secara real time sehingga dapat mudah diakses dimana saja dan kapan saja selama ada internet. Selain itu, pengelolaan dan akses dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

SystemEver i7

Sementara SystemEver i7 merupakan versi yang lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan yang kompleks seperti bagi Manajemen Pabrik. i7 adalah sistem software ERP yang terintegrasi dan dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan manajemen pabrik sehingga memastikan Perusahaan berjalan lebih efektif dan efisien.

Dengan Sistem ERP, Perusahaan dapat lebih efektif dan efisisen dalam menyusun Perencanaan produksi jangka pendek (Master production Schedule) maupun BOM (Bill of Material) yang biasanya memuat informasi tentang prioritas type produk yang akan diproduksi, kebutuhan dan kapan pembelian bahan-bahan produksi tersebut, jadwal proses produksi dan bahkan jadwal kerja karyawan serta jadwal operasional mesin. Merencanakan kapasitas produksi dan kebutuhan material semua dilakukan berdasarkan data akurat yang diberikan secara real time dari sistem ERP.

Kesimpulan Sistem ERP SystemEver

Manajemen yang baik akan membawa perusahaan pada kesuksesan. Dan memilih Sistem ERP dari SystemEver adalah pilihan bijak untuk mewujudkannya. Dengan kemampuannya yang terintegrasi memastikan semua aspek dapat berjalan dengan efisien dan efektif. Data secara real time dapat diakses sehingga memudahkan perencanaan, pengelolaan dan pengambilan keputusan.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaDestinasi Wisata Populer di Bali Menunggu untuk Kamu Kunjungi
Artikel berikutnyaAplikasi Fleet Management, Solusi Armada Bebas Kecelakaan
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.