menjaga kesehatan sendi

Kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan kesehatan persendian dan mengabaikannya. Sampai kemudian baru menyadarinya saat sudah mulai terasa sakit. Persendian seperti juga anggota tubuh lainnya, membutuhkan perhatian yang serius untuk menjaga kondisinya. Pencegahan benar-benar adalah obat terbaik dalam hal nyeri sendi.

Arti sendi sangatlah penting, karena dengan sendi yang sehat kita bisa tetap bergerak bebas kemanapun tanpa merasa sakit. Merawat sendi sejak dini dapat membantu meringankan sejumlah masalah yang mungkin mengganggu seiring bertambahnya usia, tidak hanya pada kemampuan mobilitas kita tetapi juga pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Agar kita terbebas dari rasa tidak nyaman pada sendi yang terasa terus mengganggu. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

Pertahankan berat badan yang Ideal.
Sebisa mungkin untuk menjaga berat badan tetap ideal agar sendi tidak tertekan oleh kelebihan berat badan. Sendi yang seringkali bermasalah adalah sendi lutut, pergelangan kaki, pinggul, dan punggung. Bagian sendi inilah yang biasanya mengalami risiko kerusakan persendian karena berat badan yang berlebih.

Terus Aktif Jangan lupa Berolahraga
Jika kita memiliki rutinitas kerja yang menuntut untuk duduk berjam-jam, maka sebisa mungkin untuk menyelinginya dengan melakukan beberapa gerakan yang akan membuat sendi tidak kaku. Hindari untuk terus terpaku pada satu posisi tubuh terlalu lama. Usahakan untuk rutin berolahraga, tidak perlu yang menyita banyak waktu tetapi lakukanlah olahraga sederhana seperti berjalan kaki, berenang, dan bersepeda.

melatih otot
melatih otot

Melatih otot
Otot-otot memiliki peran yang juga penting dalam menjaga kesehatan sendi, otot yang kuat akan bisa menyangga sendi tetap pada tempatnya. Kita bisa mempertahankan atau meningkatkan kekuatan otot dengan melakukan beberapa latihan terutama penguatan pada otot perut, dada dan punggung. Namun yang perlu di ingat adalah mengatur kecepatan latihan dengan teratur dan jangan berlebihan. Dengan latihan kekuatan yang tepat, kita bisa meningkatkan stabilitas sendi dan sekaligus mengurangi rasa sakit

Gunakan postur tubuh tepat.
Biasakan untuk menjaga postur tubuh pada posisi yang tepat. Jika memungkinkan, pilihlah kursi kerja yang nyaman dan memiliki kemampuan menyangga tulang belakang dengan baik.

Jaga pola Makan
Jaga pola makan yang sehat bisa menjadi kunci untuk memiliki sendi yang kuat. Selain membantu untuk memelihara berat badan idela, makanan yang memiliki kandungan protein dapat membantu kita untuk memiliki otot yang kuat. Jangan lupakan juga untuk menjaga asupan nutrisi kalsium dan vitamin D agar tulang dan otot tetap kuat. Sementara untuk mencegah peradangan kita bisa memilih makanan yang mengandung omega-3 seperti seperti salmon, mackerel dan sayuran hijau.

Yang tidak kalah pentingnya adalah, berhentilah merokok serta hindari mengkonsumsi minuman energi dan soda. Lalu sebaliknya perbanyaklah minum air putih.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi. Pada dasarnya cukup mudah untuk diikuti namun yang seringkali sulit adalah menjaga konsistensinya. Untuk itu cobalah untuk melakukannya sedikit demi sedikit hingga kemudian menjadi kebiasaan yang baik dan tidak terasa memberatkan lagi.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaAplikasi Fleet Management, Solusi Armada Bebas Kecelakaan
Artikel berikutnyaPenyebab BRIMO Tidak Bisa Login dan Cara Mengatasinya
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.