menghindari bau mulut

Bau mulut adalah salah satu hal paling mengganggu yang akan membuat kita merasa minder. Perasaan tidak nyaman karena napas kita tidak sesegar yang seharusnya membuat kita menjaga jarak dari teman kerja, pacar, dan bahkan keluarga. Jika sudah demilikian, kita tidak bisa bersosialisasi dan selalu tidak percaya diri untuk membuka obrolan karena khawatir lawan bicara tidak nyaman.

Makanan penyebab bau mulut, merokok, gigi berlubang, kebersihan mulut yang buruk adalah penyebab paling umum yang membuat nafas kita berbau. Penyebab lain bau mulut lainnya bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan lain seperti malnutrisi, diabetes yang tidak terkontrol, mulut kering, infeksi seperti sakit tenggorokan dan gangguan pencernaan.

Cara agar kita terhindar dari bau mulut.

1. Sikat gigi secara teratur
Lakukanlah sikat gigi setidaknya dua kali sehari untuk menghilangkan plak dan sisa makanan. Sangat penting untuk menyikat gigi sebelum tidur. Pilihlah pasta gigi yang memiliki kemampuan untuk mengurangi keasaman dan menyulitkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

2. Floss setiap hari
Flossing akan menghilangkan sisa makanan dari sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau sikat gigi. Jika sisa makanan tidak dihilangkan bakteri akan berkumpul sehingga menyebabkan bau mulut.

3. Sikat atau kikis lidah

Untuk menghilangkan sisa makanan yang mungkin menumpuk pada lipatan di lidah maka kita perlu menyikat lidah. Gunakan alat penyikat lidah yang saat ini sudah mudah untuk ditemukan.

4. Gunakan obat kumur
Perlu diingat bahwa jika masalah gigi adalah penyebab bau mulut kronis, obat kumur hanya akan menutupi bau dan tidak menyembuhkannya. Dalam beberapa kasus, obat kumur sebenarnya dapat memperburuk masalah bau mulut dengan mengiritasi jaringan mulut.

Untuk berkumur dengan bahan alami kita bisa mencoba campuran air dan beberapa tetes minyak peppermint. Berkumur dengan teh hitam atau hijau juga dapat menekan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

5. Kunjungi dokter gigi
Cara terbaik untuk menjaga kebersihan mulut dengan baik adalah dengan mengunjungi dokter gigi secara teratur. Disana kita bisa mendapatkan saran medis terbaik untuk mengatasi masalah bau mulut.

6. Berhenti merokok dan hindari produk tembakau
Merokok bisa menyebebabkan bau mulut. Tembakau cenderung mengeringkan mulut dan dapat meninggalkan bau yang tidak sedap bahkan hal tersebut tidak bisa hilang setelah menyikat gigi.

7. Minum Teratur
Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup (enam sampai delapan gelas setiap hari untuk menghindari mulut kering. Air minum akan membantu mengendalikan bau karena membantu membersihkan partikel makanan dan bakteri, penyebab utama bau mulut.

8. Makan permen tanpa gula atau kunyah permen karet tanpa gula.
Mengisap permen tanpa gula atau mengunyah permen karet tanpa gula dapat membantu merangsang aliran air liur. Air liur akan membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBawang Putih Mampu Mengatasi Berbagai Macam Penyakit 
Artikel berikutnyaCara Praktis dan Tepat Hitung Usia Kehamilan
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.