Salah satu bumbu masakan yang wajib digunakan untuk melezatkam setiap sajian adalah bawang putih. Sehingga tidak heran jika keberadaannya sangat dibutuhkan didapur. Tetapi apakah kamu sudah tahu jika manfaat bawang putih ternyata merupakan obat herbal yang ampuh mengatasi berbagai macam penyakit.

Berikut dibawah ini berbagai penyakit yang bisa diatasi oleh bawang putih, diantaranya yaitu :

1.Menurunkan Kolesterol

Untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah bisa dengan memanfaatkan bawang putih. Beberapa penelitian menemukan bahwa bawang putih mampu melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot halus. Tetapi bukan berarti bawang putih bisa dijadikan obat herbal yang efektif untuk mengatasi kolesterol serta hipertensi, karema masih dibutuhkan penelitian yang lebih luas.

2.Mengatasi dan Mencegah Pilek

Bawang putih bisa dimanfaatkan untuk mencegah pilek karena mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi bawang putih jarang mengalami flu dan pilek. Jika mengalami pilek juga bisa cepat sembuh lagi. Bawang putih bisa memberikan khasiat yang maksimal saat dikonsumsi dalam keadaan mentah. Pasalnya proses pemasakan bawang putih yang terlalu matang akan menghancurkan kandungan didalamnya. Jika kamu berminat mengkonsumsi suplemen yang mengandung bawang putih, sebaiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3.Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung juga bisa memanfaatkan bawang putih. Sebuah penelitian menemukan bahwa pemberian suplemen yang mengandung bawang putih berpotensi mampu memberi efek perlindungan bagi jantung. Efek tersebut bisa dilihat dari kemampuan bawang putih yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4.Kesehatan Saluran Pencernaan 

Bawang putih ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan jantung saja, tetapi juga bermanfaat untuk membantu kesehatan saluran cerna. Bawang putih mengandung zat allicin yang berguna sebagai antibiotik dan antijamur. Sebuah studi mengungkapkan bahwa bawang putih juga dapat digunakan untuk melawan bakteri H.pylori pada lambung.

5.Mencegah Kanker

Manfaat lain bawang putih yang banyak diteliti adalah sebagai obat untuk mencegah kanker. Sebuah studi menujukkan bahwa bawang putih mampu menekan aktivitas sel kanker. Bawang putih berpotensi tinggi sebagai sumber antikanker.

6.Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

Kandungan anti bakteri yang dimiliki bawang putih mampu membantu mengatasi bakteri plak yang menjadi penyebab kerusakan gigi. Selain itu juga bawang putih mentah bermanfaat untuk mengatasi infeksi mulut. Untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan mulut, kamu hanya perlu menggunakannya bersamaan dengan antibiotik.

khasiat bawang putih
khasiat bawang putih

Jika kamu ingin mengkonsumsi bawang putih mentah tetapi tidak ingin menimbulkan bau nafas, maka bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini :

1.Mengkonsumsi Makanan Segar

Setelah mengkonsumsi bawang putih, sebaiknya kamu segera buah buahan yang segar seperti apel, pir, dan lainnya. Makanan makanan tersebut mampu menghilangkan bau mulut.

2.Setelah Mengkonsumsi Bawang Putih, Segera Sikat Gigi

Plak gigi biasanya merupakan bakteri penyebab bau mulut. Untuk mengatasinya kamu bisa langsung menyikat gigi setelah makan bawang putih.

3.Menggunakan Obat Kumur

Sudah banyak bukti ilmiah yang mengungkapkan bahwa obat kumur dengan kandungan klorin dioksida mampu membantu menghilangkan bakteri lidah, plak, dan juga sisa makanan. Sebaiknya menggunakan obat kumur setelah sikat gigi dan flossing.

4.Menggunakan Minyak Esensial

Untuk mengatasi bau mulut biasanya minyak esensial akan dicampurkan dengan obat kumur yang mengandung alkohol. Minyak esensial ini bermanfaat untuk menyegarkan nafas serta sebagai antibakteri.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTips Merencanakan Bepergian untuk Liburan Akhir Tahun 2020
Artikel berikutnya8 Cara Untuk Menghindari Bau Mulut
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.