liburan akhir tahun
liburan akhir tahun

Liburan pernah jadi hal yang sulit dilakukan saat awal-awal pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Bosan dan kangen traveling pun banyak digaungkan di sosial media dengan postingan ber-hashtag throwback. Tapi kabar baiknya, kini semua bisa jalan-jalan lagi dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Meski semua jenis transportasi sudah boleh beroperasi di tengah pandemi, namun bukan berarti kamu bisa bebas seperti sebelumnya karena mesti tetap waspada akan potensi yang ada. Kamu wajib pakai masker ke mana pun, menjaga jarak fisik, dan sering sering cuci tangan pakai air dan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas.

Terkesan lebih repot, namun hal ini penting dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19. Merencanakan liburan di tengah pandemi juga harus dilakukan dengan teliti agar kamu tetap bisa bersenang-senang dan terhindar dari COVID-19.

Berikut ini ada tips rencanakan libur akhir tahun di tengah pandemi yang bisa jadi referensi kamu.

  1. Cari destinasi di luar zona merah

Pemerintah secara berkala memperbarui status berbagai provinsi hingga kabupaten yang masuk dalam zona merah hingga hijau untuk indikasi penyebaran COVID-19. Pastikan kamu selalu update dengan info ini untuk memilih destinasi wisata tahun baru nantinya.

Tentu saja kamu diharapkan sebisa mungkin menghindari daerah yang masuk zona merah untuk keselamatan diri sendiri maupun keluarga jika berlibur bersama.

traveling ke pantai
traveling ke pantai

Selain itu, kamu bisa memilih kota yang jaraknya tidak terlalu jauh dari domisili agar lebih mudah dijangkau, tidak memakan waktu lama untuk mencapainya dan tetap bisa memuaskan keinginan untuk liburan. Misalnya jika kamu dari Jakarta, maka Bandung, Malang dan Semarang bisa jadi tujuan wisata seru.

  1. Pilih transportasi paling aman dan nyaman versi kamu

Karena kata aman dan nyaman itu subjektif, coba tanyakan ke diri sendiri moda transportasi apa yang paling aman dan nyaman untuk dipakai liburan nantinya. Pilihan transportasi sedikit banyak tergantung pada tujuan wisata kamu lho.

Misalnya jika jaraknya tidak terlalu jauh, bus atau shuttle bisa jadi pilihan seru. Jika pilih liburan akhir tahun naik bus, pastikan untuk pilih operator terpercaya yang sudah pasti memiliki armada nyaman, mengikuti protokol kesehatan dan juga tersedia untuk banyak rute. Misalnya, DAMRI.

  1. Pesan tiket dari sekarang

Sudah memutuskan akan naik apa? Selanjutnya adalah pesan tiket kamu sekarang juga. Meski masih dalam masa pandemi, namun libur panjang di akhir tahun pasti dimanfaatkan banyak orang untuk liburan atau pulang kampung.

Jangan sampai rencana liburan kamu gagal karena kehabisan tiket ya. Jika kamu berencana naik bus DAMRI yang sudah dikenal memiliki armada nyaman dan pelayanan yang baik, kamu bisa pesan tiket bus DAMRI dari Traveloka praktis dan mudah lho!

  1. Pilih hotel yang sudah menerapkan protokol kesehatan

Saat ini sudah banyak hotel yang menerapkan protokol kesehatan kepada tamu hotel.Mulai dari pengecekan suhu tubuh, hand sanitizer di berbagai tempat, staf hotel yang memakai alat perlindungan diri lengkap serta kamar yang didisinfeksi secara berkala.

Jika sudah punya daftar hotel yang disukai, kamu bisa menelepon hotel untuk menanyakan standar protokol kesehatan yang diberlakukan di hotel tersebut. Jadikan jawaban mereka sebagai salah satu penentu dimana akan menginap selama liburan akhir tahun di luar kota.

  1. Pilih tempat wisata yang punya layanan reservasi online

Untuk mengurangi kontak langsung dengan orang lain, akan sangat baik jika kamu mengunjungi tempat wisata yang punya sistem reservasi online. Hal ini untuk hemat waktu dan menghindari kontak dengan petugas wisata.

Selain itu, di masa pandemi ini banyak tempat wisata yang membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung di satu waktu untuk mencegah kerumunan demi pencegahan penularan COVID-19. Jadi dengan reservasi online berarti kamu sudah mengamankan tiket untuk main ke tempat wisata tertentu tanpa khawatir tidak bisa masuk karena kehabisan tiket atau kuota kunjungan harian.

Nah, sudah siap liburan akhir tahun? Liburan di tengah pandemi bisa menjadi tantangan tersendiri, namun dengan menerapkan tips di atas perjalanan bisa lebih nyaman dan aman.

Pastikan juga kamu mengikuti protokol kesehatan di mana pun agar liburan tetap aman ya!

Facebook Comments

Artikel sebelumyaRekomendasi HP Oppo Murah 1 Jutaan Spesifikasi Memadai
Artikel berikutnyaBawang Putih Mampu Mengatasi Berbagai Macam Penyakit 
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.