Kemampuannya dalam memberi gebrakan pada ranah otomotif roda empat Indonesia yang lumayan gemar segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), membuat Toyota Rush menjadi sebuah produk menarik di pasaran.

Beberapa tahun lalu, tepatnya tahun 2006, Toyota perdana menghadirkan produk Sport Utility Vehicle (SUV) Rush. Tujuannya tak lain adalah melengkapi lini produk Toyota. Desain Rush nan sporty, postur tinggi, berkarakter gagah, menjadi sebuah gambaran segar bagi sosok SUV.

Alhasil, respons konsumen pun terbuka lebar, dan permintaan Toyota Rush pun beranjak naik. Saat dirilis, mesin 4-silinder 1,5 liter yang jadi andalan. Ditopang pilihan transmisi 5-speed manual dan 4-speed otomatis. Populer karena andal, dengan efisiensi bahan bakar mumpuni. Diperkuat penggerak roda belakang, yang tepat dengan nilai ketangguhan SUV.

Pertama kali ditawarkan, model Rush dibagi ke dalam tiga tipe transmisi, yaitu 1.5 G manual, 1.5 S manual dan 1.5 S otomatis.  Kemudian pada tahun 2009, Toyota Rush mengalami penyegaran. PT Toyota Astra Motor (TAM) berani mengoperasi tampilan Rush menjadi lebih elegan.

Permak signifikan dilakukan mulai dari parasnya, terutama grille ornamen baru bilah melintang, diimbuhi bingkai lampu kabut berlist krom. Pelindung bumper depan dan belakang juga menjadi bagian penyegaran.

Tahun berikutnya, penyegaran Toyota Rush kembali dilakukan TAM, dan tipenya pun ditambah satu yakni 1.5 G transmisi otomatis. Eksterior Rush seperti grille, bumper, velg dan lampu belakang, termasuk yang diubah signifikan penampilannya.

Lalu tahun 2013, menjadi sebuah momen khusus, ketika TAM membidani lahirnya Toyota Rush TRD Sportivo, yang mengeliminasi tipe S selaku kasta tinggi dari Rush. Pembeda dari Rush TRD Sportivo antara lain desain bumper dan sejumlah ornamen berlabel TRD Sportivo. Niscaya menjadikan tampilan Rush kian sporty.

Toyota Rush pun selanjutnya mendapat penyegaran lini kabin, terutama kelir interior baru dark grey, diperuntukkan panel instrumen dan trim pintu. Pada 2013, selain facelift, fitur safety juga ditingkatkan. Adanya Dual SRS Airbag, dan pretensioner, pada sabuk pengaman. Plus pengingat pemakaian sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang depan.

test NCAP Toyota Rush

Memasuki 2015, wajah Toyota Rush kian sedap dilirik, berkat desain grille yang seakan menyatu dengan lampu depan model terbaru. Teknologi LED mulai menghampiri lampu belakang. Warna baru juga diaplikasikan untuk velg. Khusus kelas atas TRD Sportivo, ada tambahan aksesori bodi di bawah bumper depan. Melongok sektor kabin, head unit baru meningkatkan daya tarik terkait kelengkapan fitur.

Seolah tak puas hanya sampai situ, TAM merenovasi kembali Toyota Rush di tahun 2016. Melalui penambahan varian tipe G manual dan otomatis, TRD Sportivo 7 manual dan otomatis, TRD Sportivo Ultimo manual dan otomatis.

Jadi kalau dilihat seperti penjelasan barusan, mengatakan kalau Toyota Rush hadir dengan pilihan 5 dan 7 seater. Khusus varian tertinggi TRD Sportivo Ultimo, ada genjotan performa signifikan, berkat suspensi baru berlabel TRD, dan desain velg juga beda dari lainnya.

Mulailah di tahun 2017, All New Rush diluncurkan. Rush versi baru ini mengusung banyak pembaruan. Perubahan bentuk, peningkatan fitur dan performanya juga cukup mumpuni. Desain interior dan eksterior direvisi, menjadi semakin dinamis dan terkesan mewah. Mesin baru berteknologi Dual VVT-i, yang menawarkan responsivitas dan irit bahan bakar dibenamkan di balik kap mesin.

Fitur pun jauh lebih canggih dan lengkap, mulai dari head unit layar sentuh 7 inci sarat fungsi. Lalu tombol Start/Stop untuk menyalakan dan mematikan mesin. Penyejuk udara tampilan digital otomatis. Ketersediaan fitur keselamatan, yakni 6 airbag, rem ABS, vehicle stability control (VSC), hill start assist (HSA), dan kamera parkir mundur serta emergency brake signal (EBS). Sebagai kadonya akan performa dan fitur keamanannya itu, All New Rush mendapat lima bintang dari hasil uji tabrak ASEAN NCAP.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaLindungi Rumah dari Resiko Kebakaran Dengan Memilih MCB Box Domae Schneider
Artikel berikutnyaTerbaru Dari V-KOOL, Benarkah Produk Kaca Film Terbaik Saat Ini?  
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.