anggaran membuat rumah
anggaran membuat rumah sr: pinterest

Memiliki rumah dari hasil jerih payah sendiri tentu menjadi keinginan semua orang. Namun, harga rumah yang sangat tinggi membuat banyak orang harus mempertimbangkan banyak hal sebelum mendirikan rumah, khususnya bagi kamu yang punya dana terbatas. Sebetulnya, kalau kamu sudah cukup teliti dan jeli dalam merancang segala persiapan untuk mendirikan sebuah rumah, rencana membangun rumah pun tidak akan terasa sulit, kok.

Buat kamu yang ingin membangun rumah dengan biaya terbatas, jangan khawatir. Di artikel berikut, kami punya beberapa tips penting membangun rumah dengan biaya terbatas yang bisa kamu simak dan terapkan.

  1. Pilih Lahan Kecil
sr: pinterest

 

Jika kamu ingin membeli tanah kosong buat membangun rumah dengan biaya minim, ada baiknya pilih luasan lahan yang kecil. Lahan yang kecil akan memudahkan kamu dalam segala hal. Kamu tidak akan mengeluarkan banyak dana untuk membeli tanah kosong, biaya untuk membangun rumah jadi lebih murah, dan pajak yang harus dibayar juga relatif murah. Tak hanya itu, hidup kamu ke depannya juga dapat lebih simple serta masalah biaya jadi lebih terjangkau.

  1. Gunakan Desain Rumah yang Minimalis
sr: pinterest

 

Desain rumah menjadi salah satu hal penting saat membangun rumah. Agar dana kamu lebih hemat, pilihlah desain rumah minimalis. Meski kesannya minimalis, tapi desain rumah seperti ini mempunyai kesederhanaan dari segi bentuk, fungsi, serta dekorasi rumahnya sehingga bisa menghemat dana yang harus digunakan.

Untuk mendapatkan desain rumah minimalis, kamu gak perlu mengeluarkan biaya buat menyewa jasa arsitek. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis lewat browsing di internet atau kalau kamu punya ide desain rumah minimalis yang kamu impikan, kamu bisa menggunakan itu untuk membangun rumah idamanmu.

  1. Riset Harga pada Bahan Bangunan yang Dibutuhkan
sr: megapixl

 

Supaya anggaran dana buat bahan bangunan bisa diperkirakan, sebaiknya kamu melakukan riset harga pada bahan bangunan terlebih dahulu. Mulai dari harga semen, pasir, batu bata, genteng, dan lain sebagainya. Kamu bisa menanyakan harga bahan bangunan yang dibutuhkan di toko-toko material. Kamu juga bisa membandingkan harga yang dibanderol di setiap toko material sebab gak semua toko material menjual produk dengan nilai harga yang sama.

  1. Bikin Anggaran Dana
sr: pinterest

 

Sebelum membeli bahan bangunan, kamu harus merancang terlebih dahulu anggaran dana dengan cermat. Membuat anggaran dana akan memudahkan kamu dalam memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan buat membangun rumah dengan biaya terbatas. Meski terkadang anggaran dana yang sudah dibuat tidak sesuai dengan biaya yang kamu keluarkan nilainya. Tapi, setidaknya ini bisa menjadi gambaran mengenai kisaran dana yang perlu kamu keluarkan.

Selain mencatat anggaran dana untuk membeli bahan bangunan seperti harga bondek. Kamu juga perlu merancang anggaran buat membayar ongkos tukang, peralatan, instalasi air, listrik dan IMB. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang nantinya perlu kamu keluarkan.

  1. Cari Tukang Bangunan dengan Selektif

 

Untuk menghemat biaya bangun rumah, hindarilah menggunakan jasa kontraktor. Karena itu hanya akan membebani anggaran yang perlu kamu keluarkan. Sebagai alternatif, carilah tukang bangunan dengan selektif. Gunakanlah jasa tukang bangunan yang mempunyai reputasi baik dan sudah berpengalaman dalam membangun sebuah rumah.

  1. Membangun Rumah Secara Bertahap
anggaran membuat rumah
anggaran membuat rumah
sr: pinterest

 

Agar biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah lebih teratur, lakukanlah pembangunan rumah secara bertahap. Walau hal ini memerlukan waktu yang terbilang lebih lama, tapi dengan melakukannya secara bertahap, pembangunannya dapat disesuaikan dengan dana yang ada.

Meski dengan budget terbatas, kamu tetap bisa membangun rumah impian kamu, bukan? Semoga bermanfaat!

 

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaCara Membuat Website Mudah Untuk Pemula, Pilih Zyro Website Builder
Artikel berikutnyaUlasan Toyota New Yaris 2020, Kini Makin Lincah dan Sporty
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.