Usaha jualan pulsa itu sangat menjanjikan dan sampai kapanpun akan tetap diminati karena pulsa sudah menjadi kebutuhan dasar manusia modern. Bukan hanya untuk sekedar menelpon, sms, tetapi juga untuk paket internet dan bahkan pembayaran digital. Dibandingkan dengan usaha lainnya, jualan pulsa itu lebih praktis dan relatif tidak membutuhkan modal yang besar. Kita bisa memulai dengan saldo terbatas kemudian ditambah jika konsumen semakin banyak. Tidak perlu ruang besar karena kita bisa memanfaatkan smartphone. Selain itu, Pulsa tidak akan rusak jika tidak laku seperti usaha makanan.

Yang perlu diperhatikan dalam usaha jualan pulsa adalah harus memperhatikan pencatatan keuangan. Gunanya untuk mempermudah pengusaha dalam memantau pemasukan, pengeluaran, serta utang-piutang. Tapi sayangnya, sejumlah pengusaha pulsa masih mencatat keuangan usahanya di dalam buku.

Beralih dari Pencatatan konvensional ke Aplikasi BukuWarung

Tak salah memang membuat catatan keuangan di dalam buku. Tapi cara ini memiliki beberapa kekurangan. Bagaimana kalau buku catatan keuangan itu robek atau rusak sehingga membuat data usaha kalian hilang? Selain itu ketika kita membutuhkan data penjualan, akan butuh waktu lama untuk mengakses catatan-catatan keuangan lawas tersebut.

Untuk menyiasati kekurangan ini, bukankah lebih baik mulai melirik pencatatan keuangan secara digital? Selain lebih praktis, pencatatan keuangan secara digital juga bisa menghemat budget. Anggaran yang biasanya digunakan untuk membeli alat tulis dan buku keuangan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.

Selain itu, pengurangan penggunaan buku juga bisa meminimalisir penyebaran virus karena kita tak lagi bergantian memegang buku catatan yang sama. Apalagi sekarang ini kita masih diimbau untuk menjaga kebersihan tangan karena wabah COVID-19.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat catatan keuangan, salah satunya adalah BukuWarung. Lantas apa sih aplikasi BukuWarung itu? Apa juga manfaat aplikasi ini untuk pelaku usaha? Yuk langsung simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Aplikasi BukuWarung?

BukuWarung adalah aplikasi pembukuan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang memudahkan pemilik usaha dalam mencatat keuangan usahanya. Jika dulunya pembukuan keuangan dicatat secara manual di dalam buku, maka sekarang dialihkan menggunakan aplikasi ponsel.

Fitur di Aplikasi BukuWarung

Aplikasi BukuWarung menawarkan beberapa fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan pengusaha dalam membukukan keuangan. Di antaranya adalah fitur Catat Transaksi, Catat Utang dan Piutang serta Laporan Keuangan. Berikut penjelasan dari masing-masing fitur BukuWarung:

  • Fitur Catat Transaksi
    Fitur ini bermanfaat untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran lengkap dengan detail tanggal serta keterangan transaksi. Misalnya pengusaha pulsa baru saja mengisi saldo utama, maka bisa dimasukkan ke dalam fitur ini dengan mengkategorikannya sebagai pengeluaran. Sementara setiap kali ada pembeli bisa dicatat sebagai pemasukan.
  • Fitur Catat Utang dan Piutang
    Sesuai dengan namanya, fitur ini bermanfaat untuk mencatat utang dan piutang pengusaha. Fitur ini meminimalisir kemungkinan pengusaha lupa dengan utang atau piutang yang dimilikinya.
  • Fitur Laporan
    Lewat fitur ini pemilik usaha bisa melihat daftar laporan keuangan harian, mingguan, dan bulanan. Pemilik usaha bisa dengan mudah mengakses data-data laporan lawas dengan fitur ini. Kalian hanya perlu memasukkan tanggal laporan yang diperlukan, kemudian aplikasi ini akan menyuguhkan data tersebut. Laporan ini juga bisa diunduh dan dicetak jika diperlukan.

Manfaat Aplikasi BukuWarung

Banyak manfaat yang bisa didapat oleh pemilik usaha selama memakai aplikasi BukuWarung ini. Di antaranya adalah

Bisa mendapatkan laporan keuangan secara praktis.
Aplikasi ini secara otomatis mencatat pemasukan dan pengeluaran, sehingga pengguna bisa langsung melihat laporan keuangan lengkap dengan catatan keuntungan atau kerugian dari usaha mereka.

Tagih Utang Lewat SMS atau WhatsApp Secara Gratis.
Pencatatan utang-piutang dalam aplikasi BukuWarung dilengkapi dengan kontak orang yang bersangkutan. Sehingga memungkinkan pengusaha untuk menagihnya lewat SMS atau WhatsApp sesuai kontak itu tanpa dipungut biaya. Aplikasi ini juga bisa menentukan jatuh tempo untuk setiap transaksi utang-piutang.

Data Transaksi Aman Meski Ponsel Hilang atau Rusak. Tidak seperti pencatatan lewat buku, pembukuan keuangan dengan aplikasi BukuWarung menjamin keamanan data. Bahkan jika ponsel kita hilang atau rusak, data transaksi masih tetap aman selama pencatatan dilakukan dengan koneksi internet aktif.

Catatan Keuangan Bisa Diakses di Manapun.
Ponsel menjadi salah satu barang yang hampir selalu dibawa ke manapun. Jika catatan keuangan dibuat di aplikasi ponsel, maka pemilik usaha bisa dengan mudah mengaksesnya di mana pun dan kapanpun. Terlebih akun usaha kalian di  BukuWarung bisa diakses di lebih dari satu ponsel.

Satu Akun BukuWarung Bisa Dipakai Untuk Beberapa Usaha.
Kalian yang punya beberapa usaha tidak perlu khawatir. Karena satu akun BukuWarung bisa digunakan untuk beberapa usaha sekaligus. Kalian tinggal menambahkan usaha milik kalian dan mengelola pembukuan keuangan. Ini semakin praktis karena semua catatan keuangan sudah ada di satu ponsel.

Tersedia Berbagai Jenis Usaha Kecil dan Menengah.
Aplikasi BukuWarung bisa digunakan oleh semua jenis usaha, mulai dari toko kelontong, toko bangunan, laundry, salon, rental mobil, hingga usaha konter pulsa. Jadi kalian tidak perlu khawatir.

Gimana sudah tertarik beralih membuat catatan keuangan secara digital? Cukup dengan menggunakan aplikasi BukuWarung, kita sudah bisa mendapat paket pembukuan keuangan lengkap dengan catatan utang-piutang. Aplikasi BukuWarung bisa langsung didownload di Google Playstore atau App Store dengan mudah.

sumber : https://bukuwarung.com/tips-memulai-usaha-jual-pulsa/

Facebook Comments

Artikel sebelumyaHaloDoc, Mayapada Hospital, dan Mudahnya Mendapat Layanan Kesehatan di Era Digital
Artikel berikutnyaPengalaman Ganti Charger Laptop Asus ROG di ASUS Service Center
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.