Akankah 2020 menjadi tahun ketika akhirnya kamu akan menciptakan bisnis online yang menguntungkan?

Akuilah bahwa Kamu sudah memikirkan ini setiap tahun, ide bisnis online yang tak terhitung jumlahnya berseliweran di kepala. Membayangkan seperti apa hidup nantinya jika dapat berhenti dari pekerjaan ofline dan menghasilkan uang di internet rasanya sudah bisa membuatmu berbunga-bunga. Kamu akhirnya bisa lepas dari gaya hidup kantoran dan memiliki waktumu sepenuhnya. Kamu ingin menikmati hidup dengan lebih santai alih-alih hidup dari gaji ke gaji, memutar roda rutinitas terlalu cepat hingga kelelahan dan jatuh dalam keputus asaan.

Tetapi, apa yang terjadi? Biasanya, karena kelamaan mempertimbangkan ide-ide justru akhirnya tidak membawa kita kemana-mana. Seringkali kemudian mengatakan pada diri sendiri, “Tahun ini aku belum siap, mungkin aku akan memulai bisnis online itu tahun depan!”. Tapi tahun depan pun kembali ragu, hingga keinginan tinggalah keinginan yang tidak pernah terwujud.

Ayolah, tahun 2020 adalah tahun yang tepat bagimu untuk memulai bisnis online. Ada lebih banyak peluang daripada sebelumnya, dan kamu harus mengambil keuntungan ini! Kamu bingung untuk memilih bisnis online yang paling tepat? Ngeblog adalah salah satu bisnis online modal kecil yang mudah untuk dimulai.

Neil Patel Pakar Digital Marketing Terkemuka yang mengawali sebagai blogger

Siapapun bisa menjadi blogger, bahkan saya yang tidak memiliki latar belakang IT sekalipun dapat menjalaninya. Untuk membantumu merasa yakin, saya ceritakan bagaimana saya dulu memulai blogging sebagai hobi hingga menjadi full time blogger dan sepenuhnya menggantungkan hidup pada bisnis online satu ini. Sesuatu yang pada akhirnya memberikan kebanggaan dan pengalaman yang jujur saja tidak terbayangkan.

Mulai dan terus lakukan dengan konsisten

Sekitar tahun 2010 saya adalah seorang buruh pabrik, ritme hidup hanya berkisar antara berangkat kerja di pagi hari dan pulang sore hari. Begitu terus setiap hari membuat saya merasa jenuh, untuk mengisi waktu seringkali main ke warnet. Jika teman yang lain memilih main games, saya justru lebih senang browsing dan mencari pengetahuan baru.

Hingga kemudian menemukan blogger.com, coba-coba membuat akun dan meluncurkan blog tanpa tahu kegunaanya untuk apa. Tulisan pertama saya ada di arsip blog ini, dan jujur saja ketika pertama kali membuatnya tidak sedikitpun terlintas ini akan menjadi jalan hidup saya hingga saat ini. Sama sekali tidak terfikirkan untuk mendapatkan uang karena kondisi dulu benar-benar masih serba terbatas. Memonetized blog tak semudah seperti sekarang, bahkan Adsense saja belum mendukung bahasa indonesia.

Artikel yang dipublish hanya berisi curahan hati, waktu itu blog saya hanya dijadikan sebagai diary online. Ukuran kesenangan begitu sederhana, ketika ada pengunjung yang meninggalkan komentar rasanya sangat membahagiakan. Teman nun jauh disana ternyata bisa menikmati tulisan yang kita buat.

Monetize blog dan membeli domain .com

Seiring waktu, ngeblog bukan hanya tentang menulis saja. Saya juga mulai memperhatikan tampilannya, belajar SEO, dan berkenalan dengan blogger lain yang telah lebih dulu menekuni bidang ini. Darisanalah kemudian wawasan saya tentang blog semakin luas. Konten artikel dibuat lebih tertarget agar mampu menarik pengunjung lebih banyak lagi.

Tahun 2011-2012 adalah titik yang sangat penting, karena pada tahun inilah saya mulai merasakan manisnya penghasilan dari blog. Adsense mendukung bahasa Indonesia dan memberikan penghasilan yang lumayan, bahkan bisa lebih besar daripada gaji pekerjaan ofline. Saat itulah Saya merasa yakin jika bisnis online itu sangat menjanjikan.

Saya putuskan untuk lebih fokus, dengan membeli laptop dan tentu saja domain .com!. Domain pada waktu itu umumnya dibeli dari registrar luar negeri dengan menggunakan kartu kredit dalam mata uang dolar. Saya tidak memiliki itu semua, namun kemudian untungnya menemukan registrar lokal untuk mewujudkan impian memiliki domain .com sendiri. Harganya sangat terjangkau dan mudah ketika ingin memperpanjangnya. Harga yang saya keluarkan pertama kali waktu itu untuk adalah Rp 82.390, murah sekali!.

2020 Blog masih menjanjikan!

Bagaimana peluang bisnis online dari blog pada tahun 2020 ini ? Well, sejauh ini blog masih sangat menjanjikan dan worth it untuk ditelateni. Darimana para pemilik blog mendapatkan uang? Ada banyak cara, diantaranya :

Iklan kontekstual

Jenis iklan konteksual yang paling dikenal adalah Google Adsense. Untuk dapat menampilkan iklan ini, Blogger perlu mendaftarkan blognya dan jika sudah di approve akan ada kode untuk dipasang. Bagaimana iklan ini menghasilkan uang? ada yang dihitung per klik, ada pula yang berdasarkan jumlah view seberapa banyak impresi iklanmu dilihat oleh pengunjung. Iklan kontekstual cocok bagi website yang memiliki traffic tinggi sehingga mudah mengumpulkan saldo dan bisa pay out tiap bulan.

Affiliate

Berbeda dengan iklan kontekstual, affiliate baru memberikan pendapatan jika ada aksi/transaksi yang dihasilkan dari link yang kita pasang. Link atau referral code didapatkan dari penyedia affiliate, dan ini berfungsi untuk mengenali sumber pengunjung yang bertransaksi tersebut berasal dari akun kita. Link ini bisa berupa link langsung atau bahkan banner layaknya iklan kontekstual.

Content Placement dan Endorsment

Blogger menerima bayaran dari kerjasama langsung dengan brand ataupun agency. Kerjasama ini bisa berupa review produk atau endorsment atau hanya sebatas memberikan link rekomendasi menuju web yang diminta. Untuk mendapatkan kerjasama ini, blog yang kita miliki harus memiliki parameter yang bagus, seperti statistik traffic yang ramai, domain authority yang tinggi, dan spam score yang rendah.

Bekerja online mengelola blog memberi kesempatan bagi kita untuk menjalin kerjasama dengan banyak orang, memberikan servis jasa review yang terkadang bukan hanya masalah uang semata tetapi juga ada kebanggaan tersendiri ketika klien merasa puas dengan apa yang kita kerjakan.

Jualan Produk

Memanfaatkan blog untuk jualan tentu sah-sah saja. Berbeda dengan affiliate yang hanya mengejar komisi, maka ketika jualan produk sendiri keuntungan akan sepenuhnya menjadi milikmu. Pembeli yang datang dari mesin pencari biasanya benar-benar berniat tertarget untuk membeli.

Bank Indonesia Netifest 2020

Ikut Lomba dan diundang ke Event

Selain mendapatkan penghasilan, ngeblog juga memberikan hal-hal manis yang bagi saya rasanya patut dibanggakan. Kekuatan tulisan pada sebuah artikel ternyata bisa memberikan banyak hal yang sulit saya wujudkan seandainya tidak ngeblog. Gara-gara ngeblog bisa dibayarin naik pesawat untuk pertama kali, merasakan tidur di Hotel berbintang lima yang bahkan tidak pernah terbayangkan sebelumnya, memenangkan lomba berhadiah laptop gaming dan menghadiri event teknologi di Ibu Kota.

Ayo Mulai Bisnis Online dan miliki Blogmu Sendiri.

Percayalah pada tahun 2020 ini, jauh lebih mudah untuk memulai blog daripada masa sebelumnya. Saat ini komunitas blog banyak sekali, kita tidak akan kesulitan menemukan teman untuk sharing ilmu. Monetized blog juga relatif banyak pilihan, mau pasang iklan, atau sponsored post sama-sama menjanjikan. Pokoknya ngeblog sangat cocok bagi kamu pemula yang ingin memulai bisnis online modal kecil walau masih belum paham dunia internet sekalipun.

Bagaimana cara Sukses bisnis online dengan mengelola blog?

1. Tentukan platform blogging.

Ini adalah keputusan penting, memilih platform yang salah mungkin akan menghambat perkembangan bloggingmu. Platform yang paling fleksibel dan mudah digunakan adalah WordPress. Ada dua jenis situs WordPress, yaitu WordPress.com, yang memungkinkan kita memiliki blog dalam beberapa menit secara gratis dengan ekstensi domain misalnya www.yoursite.wordpress.com. Saya tidak merekomendasikan menggunakan versi ini untuk mengembangkannya sebagai blog bisnis, karena banyak keterbatasan.

Pilihlah WordPress.org dengan domain dan juga hosting mandiri untuk blog bisnis dalam jangka panjang karena sangat fleksibel dari sisi desain, fungsionalitas, dan SEO. Situs ini mudah digunakan, meskipun mungkin membutuhkan instalasi pada awal pembuatannya.

2. Pilih tema WordPress.

Salah satu fitur terbaik WordPress adalah memungkinkan kita untuk dengan mudah menyesuaikan tampilan menggunakan theme. Ada banyak theme gratis yang tersedia di Direktori Tema WordPress, atau bahkan membeli theme premium di situs seperti ThemeForest.

Tidak usah bingung saat memilih theme, perhatikan hal berikut:

  • Apakah responsif? Saat ini penting untuk memilih theme yang dapat tampil dengan baik di berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan smartphone
  • Kecepatan loading. Jangan biarkan pengunjung menunggu untuk sekedar membuka blogmu, berikan pengalaman yang menyenangkan dengan loading yang cepat.
  • Tampilan clean, navigasi yang mudah sehingga pengunjung memiliki pengalaman pengguna yang menyenangkan.
  • SEO Friendly. Ada beberapa theme yang didesain SEO friendly sehingga dapat meningkatkan performa blog di mesin pencari.

3. Daftarkan nama domain dan pilih hosting.

Setelah memutuskan platform blog mana yang akan digunakan, sekarang waktunya memilih nama domain. Ini akan menjadi alamat URL yang digunakan untuk mengakses blogmu. Cobalah untuk memilih domain TLD seperti .com, .net, .id dll. Pilih domain yang mudah diingat namun cukup unik sehingga dapat menjadi branding yang positif.

4. Riset keyword, dan terbitkan tulisanmu!

Ini adalah bagian yang menyenangkan selanjutnya, Ketika membangun bisnis online yang sukses, konsistensi untuk menjadi yang terbaik adalah keharusan. Untuk itu, sebelum memutuskan membuat blog, langkah nomor satu adalah menentukan konten apa yang akan kita sajikan dan kepada siapa konten tersebut akan ditujukan. Cari tahu kira-kira minat apa yang kamu miliki lalu kemudian tuangkanlah menjadi tema besar blog yang akan kita bangun. Jika kamu menguasai tema finansial maka bahaslah itu, begitupun jika kamu suka fotografi, desain, lifestyle atau bahkan gaming.

Sebelum menulis artikel, sebaiknya riset keyword yang sesuai dengan tema/niche blog kita. Kita bisa memilih keyword berdasarkan popularitas, trend dan jumlah persaingan. Manfaatkan tool seperti Ubersuggest, KWFinder, dan Google Trends dan menulislah dengan menerapkan SEO. Ini sebetulnya blogging tingkat lanjut, jika kamu masih pemula maka bisa mengabaikannya dan fokus saja membuat artikel. Seiring waktu, kamu bisa mencari tutorial tentang SEO dan menerapkannya kemudian.

Membangun bisnis online yang sukses bukanlah sesuatu yang terjadi dalam semalam. Kita tidak dapat memulai blog begitu saja lalu kemudian mengharapkan uang mengalir. Kita perlu membuat konten secara konsisten, dan itu juga harus berupa konten yang mendidik, informatif, dan menghibur. Dengan kata lain, kita perlu menyajikan konten dengan lebih kreatif.

Content is king, terdengar sederhana tetapi memerlukan komitmen dan konsistensi yang kuat. Lakukan dengan kreatif, terus beradaptasi, memperhatikan trend, melakukan analisa dan mencoba berbagai cara hingga menemukan konten apa yang terbaik untuk kita sajikan. Dengan memberikan informasi yang benar-benar pengunjung inginkan maka mereka dengan senang hati akan kembali lagi untuk membaca artikel lainnya.

Yuk mulai bangun Aset Digitalmu

Membeli domain boleh dibilang sebagai “investasi”, membangunnya menjadi blog atau website akan membuatnya menjadi aset digital yang berharga. Ternak di era 4.0 dilakukan secara digital, yakni merawat banyak blog untuk menjaring cuan. Masterweb bisa jadi partner yang baik untuk menata bisnis online di bidang blogging. Domain murah serta hosting bisnisnya sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan kita membangun blog.

Keputusan semuanya ada di tanganmu, apakah akan terus menunda-nunda dan hanya jadi penonton kisah sukses orang lain, atau memutuskan untuk memulai dan membuat kisahmu sendiri. Pada era digital seperti saat ini penting bagi kita melek teknologi dan memanfaatkannya untuk bisnis agar tidak tergerus jaman.

 

Facebook Comments