suzuki marine

Mesin Kapal – Menggunakan bahan bakar untuk kapal laut dan minyak yang tepat untuk  mesin kapal seperti  untuk sterndrive atau baling-baling  sistem yang sama pada bagian bawah dari motor tempel pada kapal sangatlah membutuhkan perhatian.

Untuk panduan tentang persyaratan bahan bakar dan oli untuk Mesin Kapal Anda, pertama-tama buka buku manual pemilik, jika Anda tidak memiliki buku manual itu mungkin tersedia secara online atau Anda dapat memesan salinannya dari dealer kapan tempat Anda membelinya.

Mengikuti spesifikasi bahan bakar dan oli dalam buku manual ini akan memastikan tidak hanya bahwa motor pada mesin kapan Anda dapat mempertahankan kinerja yang handal, tetapi juga bahwa Anda mematuhi persyaratan dan garansi dari pabrik.

Apa Jenis Bahan Bakar yang Tepat Untuk Digunakan di Kapal?

Semua mesin tempel, sterndrive, dan bensin internal saat ini dirancang untuk beroperasi dengan aman pada bahan bakar dengan etanol tidak lebih dari 10 persen (dikenal sebagai E10), dan dalam keadaan apapun tidak boleh menggunakan bahan bakar dengan etanol lebih dari 10 persen (seperti E15 atau E85) yang digunakan di mesin kelautan. Penggunaannya akan membatalkan garansi.

Komponen sistem bahan bakar kapal dan mesin tidak dirancang untuk mentolerir efek korosif campuran etanol lebih tinggi dari 10 persen.

Ada juga banyak mesin laut tua di atas air, terutama di daerah air tawar, yang diproduksi sebelum jumlah etanol yang umum dalam bahan bakar motor dan karena itu sering tidak sesuai dengan bahan bakar etanol kecuali sistem diperbarui. Perhatikan label pompa bahan bakar. E15 menjadi lebih lazim di seluruh negeri tetapi tidak selalu diberi label dengan jelas.

Jika memungkinkan, yang terbaik adalah menghindari etanol bersama saat mengisi bahan bakar kapal. Etanol menarik air dan dapat menyerap uap air dari lingkungan laut melalui sistem ventilasi tangki bahan bakar, dan adalah mungkin bagi air untuk mengendap dari bahan bakar (pemisahan fase) di bagian bawah tangki, yang dapat menyebabkan mesin tidak beroperasi atau rusak.

Panduan pemilik juga dapat menentukan peringkat oktan bahan bakar minimum. Beberapa mesin berkinerja tinggi mungkin membutuhkan peringkat oktan lebih tinggi daripada oktan 87 “biasa”. Saringan bahan bakar pemisah air 10 micron antara tangki bahan bakar dan Mesin pada Kapal akan menjaga air dan kontaminan keluar dari mesin.

bahan bakar kapal
bahan bakar kapal

Bagaimana Memilih Bahan Bakar dan Minyak untuk Mesin Kapal?

  • Bawa elemen filter cadangan di papan tulis (tanyakan kepada produsen mesin kapalAnda untuk filter ukuran terbaik).
  • Gunakan stabilisator bahan bakar laut khusus pada rasio yang benar di setiap tangki bahan bakar untuk mencegah oksidasi dan pemisahan fasa. Bahan bakar modern dapat mulai memburuk dan teroksidasi hanya dalam 15 hari. Ini lebih merupakan masalah bagi mesin “pre-fuel injection” lama yang memiliki karburator.

Sistem injeksi bahan bakar ditutup dan di bawah tekanan ketika mesin tidak bekerja sehingga bahan bakar tidak terpapar udara. Namun, karburator dihilangkan, dan bahan bakar dalam mangkuk pelampung akan mulai teroksidasi,.

Terutama jika kapal disimpan di garasi panas atau di bawah penutup perangkap panas, meninggalkan endapan tajam yang akan merusak akhir pekan Anda. Setiap pabrikan mesin menawarkan aditif penstabil bahan bakar berkualitas yang selalu merupakan pilihan yang baik untuk digunakan dengan bahan bakar kapal.

Memilih Oli Mesin Kapal Laut yang Tepat

Pertama coba baca lebih dalam di buku manual Anda untuk spesifikasi oli yang tepat, tetapi di hampir setiap contoh pabrikan akan meminta oli untuk mesin kapal empat langkah memenuhi sertifikasi FC-W (ini akan memiliki simbol FC-W pada label).

Spesifikasi FC-W menambah persyaratan perlindungan karat yang tidak ada untuk oli mesin otomotif, dan memaksakan tingkat viskositas minimum yang lebih tinggi, yang berarti oli FC-W tidak akan menipis seperti oli otomotif dengan viskositas yang sama di bawah identik. kondisi panas dan rpm. Ikuti instruksi pemeliharaan pada buku manual pemilik terkait penggantian oli dan filter.

Karena mesin tempel dua tak membutuhkan oli yang memenuhi standar TC-W, yang menunjukkan oli laut yang dirancang untuk Mesin Kapal dua langkah. Sekali lagi, baca buku manual pemilik untuk persyaratan oli untuk digunakan pada kapal.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMau Mudik Digital? Yuk Lengkapi Peralatan yang Dibutuhkan di Ayooklik
Artikel berikutnya5 Fitur yang Wajib Dimiliki Aplikasi HRIS Profesional
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.