5 Fitur HRIS profesional
5 Fitur HRIS profesional

Aplikasi HRIS – HRIS atau kependekan dari Human Resources Informastion System adalah sebuah sistem atau aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah segala kegiatan yang berhubungan dengan manajemen human resource dalam sebuah perusahaan. Kegiatan tersebut antara lain adalah payroll, absensi, perpajakan, recruitment dan lain sebagainya.

Sebagai sebuah sistem atau aplikasi, HRIS harus memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan tujuan penggunaannya agar dapat digunakan secara optimal. Fitur sendiri adalah sebuah karakteristik khusus yang wajib ada dalam sebuah aplikasi atau sistem. Penambahan fitur dalam sebuah aplikasi tentunya bergantung dari tujuan dari aplikasi. Berikut adalah fitur-fitur penting yang harus dimiliki oleh aplikasi HRIS.

1. Payroll Management

Payroll management atau managemen penggajian adalah fitur pertama yang wajib ada pada aplikasi HRIS. Mengingat, perhitungan gaji dalam sebuah perusahaan adalah sesuatu yang krusial, maka payroll management harus dibuat sedetail dan seefisien mungkin agar mempermudah perusahaan dalam melakukan perhitungan. Misalnya dengan menyertakan komponen tunjangan, pajak, lembur, insentif, dan lain sebagainya. Komponen ini tentunya dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Recruitment Management

Fitur kedua yang harus ada dalam aplikasi HRIS adalah rucritment management. Salah satu tugas dari Human Resources adalah melakukan recruitment tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai aplikasi yang ditujukan untuk membantu pekerjaan HRD, HRIS harus memiliki fitur yang dapat membantu proses recruitment dalam perusahaan sedemikian rupa. Mulai dari informasi kebutuhan tenaga kerja, kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan, seleksi kandidat, interview, negosiasi, penerimaan, hingga selesainya rekrutmen. Penting dalam fitur recruitment management untuk memberikan kemudahan akses bagi pihak yang berkepentingan agar proses dapat dipantau secara virtual dengan mudah.

HRIS by Talenta
HRIS by Talenta

3. Tax Management

Masalah krusial lain dalam perusahaan yang juga memerlukan perhatian khusus adalah pajak. Tenaga kerja satu dengan lainnya biasaya memiliki besar pajak yang berbeda. Jika dilakukan dengan manual, tentu saja hal ini akan memakan banyak waktu. Oleh karena itu, HRIS harus memiliki fitur yang dapat mempermudah perhitungan pajak sesuai agar pekerjaan menjadi lebih mudah dan tentu saja akurat. Detail mengenai tanggungan tenaga kerja mulai dari PPh 21, BPJS Kesehatan, NPWP, hingga BPJS Ketenagakerjaan harus disediakan dalam aplikasi HRIS

4. Time Management

Fitur Time Management adalah salah satu fitur penting lainnya yang wajib ada dalam aplikasi HRIS. Fitur ini memungkinkan HRD untuk melakukan managemen kehadiran atau absensi karyawan dengan lebih mudah. Tentunya fitur time management yang baik harus terintegrasi dengan sistem absensi biometrik agar tidak perlu dilakukan pemindahan data secara manual. Selain itu, fitur time management juga harus terintegrasi dengan fitur payroll agar dapat mempermudah perhitungan gaji tenaga kerja.

5. HR Report

Fitur terakhir yang wajib ada dalam aplikasi HRIS adalah HR Report. Fitur ini memberikan kemudahan bagi staff maupun pimpinan Human Resource untuk memberikan laporan mengenai pekerjaan mereka mulai dari, payroll, pajak, pengeluaran, pencapaian, dan lain sebagainya.

Itulah lima fitur penting yang wajib ada pada aplikasi HRIS. Selain kelima fitur tersebut, penting bagi sebuah aplikasi HRIS untuk memiliki fitur mobile friendly atau akses pada gadget atau smartphone, seperti halnya aplikasi HRIS yang disediakan oleh Talenta. Selain mobile employee self service yang membuat aplikasi dapat diakses karyawan melalui smartphone, aplikasi HRIS Talenta memiliki fitur lain seperti health check survey, employee task manager, serta announcement yang sangat membantu kinerja Human Resource dalam melakukan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMemilih Bahan Bakar dan Minyak untuk Mesin Kapal
Artikel berikutnyaBerburu Blackshark 3 hingga Motor di UC Untung Ramadhan
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.