smarthome schneider

Apa yang terbayang dalam benak teman-teman ketika mendengar istilah smart home? Mungkin sekilas akan membayangkan rumah canggih seperti di film-film Hollywood yang memanfaatkan kecerdasan buatan. Saat ini memang belum sampai secanggih itu, tetapi konsep smarthome telah mampu meningkatkan kualitas hidup para penghuninya.

Jadi apa sebenarnya smart home ini? Dalam bahasa yang lebih mudah dipahami smart home berarti rumah pintar, atau rumah yang mengaplikasikan beragam teknologi dalam sitemnya.Smarthome adalah bagian dari inovasi Internet of Things yang semakin berkembang di era digital seperti sekarang ini. Dengan beragam aplikasi dan perangkat pintar inilah semua tugas-tugas rumah akan dikerjakan sehingga penghuni akan merasa lebih nyaman.

Di Indonesia, konsep hunian smarthome sendiri baru beberapa tahun belakangan ini mulai ramai dibicarakan. Penerapan teknologi semacam ini mulai menarik banyak perhatian, terlebih di kalangan generasi masa kini. Ditengah masyarakat modern yang memiliki kesibukan yang padat smart home ini akan sangat cocok sekali.

Wah makin penasaran ya?! Berikut ini beberapa kebaikan teknologi smart home yang perlu kamu tahu, kira-kira seperti apasih?.

  1. Memiliki sistem keamanan yang bisa diatur sedemikian rupa

Teknologi smart home ini bisa membuat tidur lebih nyaman tanpa khawatir keamanan kita diterobos oleh orang-orang jahat. Kita bisa mengontrol kondisi rumah bahkan ketika kita jauh dari rumah. Kita juga bisa mengatur siapa saja yang diberi izin untuk menggunakan fasilitas yang ada di rumah. Apalagi untuk yang sudah memiliki anak, kita bisa mengatur sistem pengawasan ramah anak di rumah pintar ini. Semuanya hanya dalam satu genggaman.

  1. Mudah dikendalikan hanya dengan satu perintah

Semua fitur dan fungsi yang terdapat dalam teknologi smart home ini bisa diatur dalam satu aplikasi berbasis android ataupun ios. Semuanya begitu mudah dikendalikan dan diatur sedemikian rupa. Jika dulu kita mengandalkan banyak asisten rumah tangga untuk mengurus rumah, maka tugas seperti itu bisa dikurangi dan dibebankan pada sistem yang mengatur rumah pintar ini berjalan lebih efektif.

  1. Dikenal juga dengan sebutan rumah sehat

Salah satu alasan begitu banyak keluarga modern yang tertarik dengan teknologi smart home ini adalah bagian di mana teknologi rumah pintar ini sangat erat kaitannya dengan gaya hidup sehat yang diterapkan oleh masyarakat kita saat ini. Karena hidup sehat hari ini sudah menjadi kebutuhan orang banyak. Apalagi untuk orang-orang yang memiliki kesibukan ekstra. Rumah pintar ini bisa menjadi solusi untuk menerapkan gaya hidup sehat. Teknologi rumah pintar ini bisa mengatur berbagai kebutuhan akan kesehatan dengan efektif.

  1. Nyaman untuk kebutuhan entertainment

Dalam urusan hiburan rumah, teknologi smart home ini menjadi solusi nomor wahid. Kebutuhan akan hiburan saat ini bisa diwujudkan oleh berbagai kemudahan teknologi. Sistem yang digunakan di rumah pintar ini bisa mengatur kebutuhan entertainment dalam satu perintah. Misalnya pemanfaatan teknologi home teater yang bisa dinikmati dalam sekali panggilan. Kemudian penggunaan perintah suara untuk menyalakan musik dan lainnya. Hiburan di rumah bisa jadi sangat menyenangkan bukan?

  1. Efisiensi Energi

Kenapa smart home erat kaitannya dengan efisiensi energi? Sebab sebuah rumah belum bisa disebut rumah pintar bila belum bisa menghemat energi. Penggunaan energy yang efisien dan berkelanjutan merupakan ide dasar dari setiap smart home. Menyesuaikan tingkat pencahayaan, mengawasi konsumsi listrik, dan mengatur suhu dalam ruangan bisa dilakukan secara mudah melalui aplikasi dalam smartphone.

Smarthome Schneider Electric

Salah satu yang memiliki konsep smart home yang menarik adalah Schneider Electric, perusahaan yang memiliki reputasi yang sangat baik di bidang energi dan otomasi ini menawarkan portofolio smart home yang akan memiliki arti yang bermakna bagi setiap penghuninya. Schneider Electric memastikan kita akan dengan mudah menemukan teknologi yang paling sesuai dengan gaya hidup kita dan meningkatkan kualitas hidup sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

  • WiserThe Modular Solution

Komponen rumah pintar Wiser dapat digunakan pada hampir semua kondisi bangunan, mulai dari bangunan baru hingga renovasi. Yang diperlukan hanyalah mengunduh aplikasi di samrtphone yang kita miliki untuk menghubungkan dan mengontrol perangkat.

  • KNXHome Atutomation System

KNX direkomendasikan untuk bangunan baru dan renovasi berat dengan sistem otomasi berdasarkan kabel backbone. Ini adalah sistem yang akan memebrikan kita kemudahan untuk masalah hunian, dan mengelola solusi energi berkelanjutan. Kita dapat mengontrol dan rumah hanya dengan satu sentuhan.

smarthome

  • C-Bus

Sistem C-Bus adalah sebuah sitem yang menggunakan koneksi kabel yang bisa menghubungkan lebih dari 50+ perangkat. C-Bus Disarankan untuk pemasangan di gedung baru atau proyek renovasi yang luas.

Smart home kini dan Nanti

Melihat beberapa kebaikan yang bisa ditawarkan oleh smart home ini maka tidak aneh jika kemudian teknologi ini akan menjadi begitu diminati. Kebutuhan manusia yang selalu ingin simpel dan efisien membuat kita memerlukan konsep hunian yang modern. Mungkin ke depannya masyarakat Indonesia akan berlomba-lomba memiliki teknologi rumah pintar ini dalam genggaman mereka.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaIni Dia Tata Cara Shalat Tarawih Lengkap
Artikel berikutnya5 Manfaat Software Akuntansi Android untuk Bisnis Anda
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.