Perbedaan IELTS dan TOEFL
Perbedaan IELTS dan TOEFL

Perbedaan IELTS dan TOEFL – Pernahkah kamu bingung untuk memilih antara tes TOEFL dan juga IELTS? Kira-kira tes mana yang bisa mengukur kemampuanmu dengan tepat? Apalagi jika kamu ingin mendaftar kuliah di luar negeri, pastinya syarat untuk mendaftar adalah salah satu tes yaitu IELTS atau TOEFL. Disinilah kamu pasti akan dibuat bingung.

Tak perlu khawatir karena untuk memilih tes yang tepat kamu bisa belajar IELTS dengan guru di Jakarta dengan adanya guru atau pembingbing maka kita akan diberikan masukan-masukan dan cukup mengetahui fungsi dan beda masing-masing tes dari beberapa aspek.

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. Tes ini diselenggarakan dalam dua jenis yaitu IELTS akademik untuk mendaftar kuliah dan IELTS General Training yang biasa digunakan untuk bekerja atau mendapatkan imigrasi.

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu TOEFL PBT (Paper based Test), TOEFL iBT (Internet Based Test), TOEFL ITP (Institutional Testing Program).

Perbedaan IELTS VS TOEFL dari Berbagai Aspek

IELTS yang diselenggarakan oleh British Council and hasil tes diterima oleh ribuan universitas di 140 negara. Sedangkan TOEFL diselenggarakan oleh salah satu perusahaan di Amerika bernama ETS (Educational Testing Service). Hasil tes TOEFL diterima oleh lebih dari 900 universitas dan institusi lainnya di lebih 130 negara.

Jika disuruh memilih antara TOEFL atau IELTS kamu bisa dilihat syarat dan dimana letak universitas tersebut. Sebagian besar negara di Eropa dan Australia menerima tes IELTS dan TOEFL. Tapi tidak dengan negara-negara di Amerika, karena ada beberapa yang menerima tes TOEFL saja. Cermat mendapatkan informasi adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan.

Selain itu, kamu juga harus materi dari masing-masing sesi tes. Perbandingan berikut adalah antara IELTS dan TOEFL iBT.

  1. Biaya

Tes IELTS berbeda-beda di masing-masing negara. Namun patokannya adalah di negara Amerika yaitu sekitar 215-245 dolar Amerika. Nilai tersebut setara dengan 3,2-3,- juta rupiah. Sedangkan biaya TOEFL lebih murah yaitu rata-rata 165-300 dolar Amerika. Namun kebanyakan negara masih memakai biaya 200 dolar Amerika yaitu sekitar 3 juta rupiah.

  1. Lama waktu pengerjaan

Waktu mengerjakan tes juga berbeda walaupun sesi tes sama yaitu listening, reading, writing dan juga speaking, Hanya saja batas waktunya berbeda, IELTS membutuhkan waktu 2 jam 45 menit dan TOEFL adalah 4 jam.

  1. Aksen atau Logat

Setiap tes memiliki aksen yang berbeda, mengingat penyelenggara tes adalah Inggris dan Amerika. Walaupun kamu akan menemukan soal dengan aksen bahasa Inggris hampir di seluruh dunia. Tes IELS menggunakan aksen bahasa Inggris Australia, Kanada, Selandia Baru dan American. Sedangkan tes TOEFL menggunakan aksen Amerika Utara, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Hati-hatilah dalam mencermati aksen karena artinya bisa berbeda walaupun cara penyebutannya sama.

pilih toefl atau IETLTS
pilih TOEFL atau IETLTS?

Materi tes
Sesi tes memang sama, tapi materinya bisa berbeda, bahkan waktu pengerjaan tes IELTS lebih sedikit daripada TOEFL. Pada masing-masing sesi ada perbedaan yang harus kamu perhatikan sebagai berikut:

A. Speaking
IELTS menggunakan tes face to face artinya kamu akan berada di ruangan dengan penguji yang akan merekam. Waktunya pun lebih sedikit yaitu 11-14 menit saja. Tes TOEFL kamu akan berhadapan dengan komputer dan hasil ujian direkam langsung. Waktu pengerjaan lebih lama yaitu 20 menit.

B. Listening
Cara mengerjakan IELTS sesi ini adalah kamu mendengarkan audio sambil mengerjakan. Materinya seputar kehidupan sehari-hari dalam dunia pendidikan. Dalam TOEFL kamu akan mendengarkan empat hingga enam rekaman terlebih dahulu baru mengerjakan soal.

C. Writing
Sesi ini pada tes IELTS lebih panjang. Kamu harus menulis 150 kata dari sumber informasi berupa grafik. Kemudian kamu akan menulis 200 kata dari soal bentuk argumentasi. Tes TOEFL hanya memberikan satu soal yaitu menulis 300-350 kata dari soal bentuk tulisan pada topik dan juga audio tentang topik yang sama.

D. Reading
Soal bacaan dalam IELTS adalah mengisi kata yang kosong dan menjawab pertanyaan seputar jawaban. Semua soal adalah bentuk isian dengan tiga hingga empat bahan bacaan. Sedangkan TOEFL soalnya berbentuk pilihan ganda dengan tiga hingga lima bacaan.

Sudah jelas bukan bahwa begitu banyak perbedaan dari IELTS dan TOEFL. Jadi manakah yang akan kamu pilih?

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTrend Fashion Untuk Wanita Dimusim Semi 2020
Artikel berikutnyaMakanan Khas Dari Sumatera Utara yang Menggoyang Lidah
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.