tas souvenir

Sejak bertemu teman yang memproduksi tas souvenir, yang saya bahas dipostingan ini (Peluang Usaha tas Souvenir). Saya jadi kepikiran untuk memulai usaha sendiri. Memasarkan produk, lalu membesarkan brand yang kita miliki rasanya akan sangat menantang untuk dicoba. Sebagai blogger yang kebanyakan bergelut dengan pembuatan artikel, ini akan menjadi hal baru yang sangat menarik.

Kalau mau jujur dengan diri sendiri pastinya banyak orang yang ingin juga punya usaha sendiri, bukan?. Karena, ketika memulai usaha sekecil apa pun itu, dan sepedih apapun jalan yang harus dilalui, usaha itu akan menjadi sangat berkesan. Sejauh mana kita akan melangkah tidak ada batasan, kecuali kita sendiri yang menentukannya.

produk
tas souvenir

Sebagai langkah awal, saya bekerja sama dengan teman tersebut. Saya buka toko onlinenya di Blibli.com, dan dia akan mengurus bagian produksinya. Bisa dibilang saya akan mencoba sebagai reseller terlebih dahulu.

Keuntungan Membuka Toko Online di Blibli.com

 

kelebihan jualan blilbi seller

Blibli.com merupakan tempat jualan online yang sangat mendukung para sellernya untuk berkembang lebih besar lagi. Mereka memberikan fitur yang benar-benar berguna bahkan bagi mereka yang baru saja berjualan. Dari mulai foto produk, free kemasan, merchant care, analytic, beragam pelatihan baik online maupun ofline yang akan membuat seller lebih mengenal trik berjualan. Seller dapat melejitkan omset dan jualan semakin laris dengan blibli seller.

Cara Daftar Menjadi Blibli Seller

daftar jadi blibli seller sangat mudah

Lalu bagaimana cara bergabung menjadi seller di Blibli.com?. Sebelumnya, banyak orang yang menganggap bahwa berjualan di blibli itu ribet, padahal sebenarnya sangat simpel dan langkah-langkahnya juga mudah untuk di ikuti. Hanya perlu 3 langkah saja hingga toko kita siap, dokumen yang dibutuhkan juga hanyalah KTP dan NPWP.

Langkah Pertama.

form pertama pendaftaran

Blibli.com ini menyediakan dua kategori merchant yang bisa dipilih, yakni bagi merchant yang berjualan di Indonesia dan merchant yang jualan dari luar negeri. Karena kita jualan di Indonesia dan barangnya juga diproduksi disini maka silakan akses https://merchant.blibli.com/MTA/register.

Disini kita diminta mengisi formulir tentang data email, password, nama pemilik, no handphone, nomor KTP dan juga upload foto KTP.

Langkah Kedua.

Setelah selesai isi form yang pertama, kemudian kita akan beranjak ke form yang kedua. Disini kita diminta untuk mengisi data tentang toko kita nantinya. Dimulai dari tipe penjual apakah perorangan atau perusahaan, Pemilik UMKM atau bukan, kategori produk, nomor telepon, alamat lengkap toko, dan kita juga perlu mencentang poin perjanjian komisi blibli.

Langkah Ketiga

Nah langkah terakhir, kita akan perlu untuk mengisi formulir ketiga yang berisi tentang informasi administrasi. Disini kita perlu menyebutkan nama bank yang kita pakai, nomor rekening, nama pemilik rekening, no NPWP serta upload foto NPWP yang dimiliki tersebut.

Nah, maka toko sudah berhasil kita buat. Kita bisa langsung login ke MTA. Namun belum bisa melakukan upload produk, karena akun yang kita buat akan direview terlebih dahulu. Prosesnya biasanya diperiksa dalam waktu maksimal dua hari kerja.

Pengalaman saya kemarin, ketika selesai daftar lalu nanti ada email konfirmasi lagi dari merchant care yang akan memastikan alamat toko yang kita daftarkan sebelumnya. Nah setelah datanya dikirim, sehari kemudian saya sudah bisa mengakses Merchant Tool Aplication (MTA) secara penuh.

Bisa Tetap Jualan Dimanapun melalui Blibli Seller App

Yang menyenangkan dari Blibli adalah kita bisa terus jualan dan memantau performa toko kita dari manapun dengan Blibli Seller App. Kita tidak perlu selalu berada di depan layar komputer, melalui App tersebut semua fitur dapat berjalan dengan baik. Kita bisa mengatur aktivitas penjualan kapan pun, upload foto produk, cek dan respon pesanan.

Walaupun diakses dari aplikasi di smartphone, fitur-fitur yang ada di MTA akan tetap berjalan dengan baik. Bahkan ada fitur baru yang bisa dicoba yakni Share in Social media yang pokoknya membuat kita semakin mudah berjualan dengan adanya aplikasi Blibli seller ini.

Share in Social Media

blibli seller app share sosial media
blibli seller app share sosial media

Salah satu fitur baru yang hadir dari blibli seller app adalah share in social media, dengan fitur ini seller bisa mempromosikan toko, promo produk, dan merchant promo ke social media seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Line dan Gmail secara langsung.

Dengan adanya fitur ini kita tidak perlu lagi repot harus screenshoot trus menguploadnya di akun social media. Kita bisa memilih apa yang ingin kamu bagikan, tentukan saja media sosial apa yang ingin kita gunakan, Pilihan kita sudah muncul di sosial media.

Manfaatkan Merchant Analytic Untuk Melejitkan Penjualan

analitic blibli

“Without big data, you are blind and deaf and in the middle of a freeway.” – Geoffrey Moore

Blibli.com memberikan fasilitas khusus “Merchant Analytic” bagi blibli seller dan hanya ada di Blibli.com saja, tidak ada di ecomerce lain. Fitur baru ini bisa kita temukan di MTA dan terletak di tab “Laporan” dan Analisa”, Fitur ini gratis bagi semua blibli seller. Analisa ini memiliki dua fungsi utama yaitu “performa produk dan peluang produk”.

Performa produk

Dalam daya saing produk ini, seller dapat melakukan perbandingan harga dengan harga seller lain pada produk yang sama. Semua data akan terlihat, oleh karena itu kita bisa membuat harga semakin bersaing dan terhindar dari seting harga kemahalan.

Selain itu, Fitur ini juga akan menampilkan laporan jika stock menipis, dengan data tersebut seller dapat menganalisa potensi kerugian selama stok tidak ditambah dalam waktu 7 hari hingga sebulan.

Peluang produk

Untuk tab peluang produk, seller akan mendapatkan informasi seputar produk dan kata kunci pencarian paling populer.

Produk populer menampilkan 100 produk yang paling laris selama seminggu hingga 30 hari. Dengan data ini seller bisa menganalisa dan melakukan diferensiasi produk. Seller bingung mau jual apa?, maka produk populer bisa menjadi insight yang sangat berharga untuk inspirasi jual produk.

Sementara Kata kunci populer, fitur yang ada di MTA ini akan menampilkan 100 kata kunci atau keyword produk yang sering di ketik pada pencarian blibli 7 hari hingga 30 harin. Fitur tersebut memungkinkan seller untuk menambahkan produk dari kata kunci yang tampil dan kemudian bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan. Seller juga bisa menganalisa kata kunci yang relevan tetapi produknya belum ada atau kompetitornya masih low maka itulah peluang yang bisa diambil dan produknya bisa langsung ditambahkan.

Jika masih bingung dengan fitur ini kita bisa mengubungi avatar “Marcia”, atau bahkan menghubungi merchant care secara langsung.

Saran Untuk Blibli.com

Produk yang saya tawarkan adalah tas custom, yang terkadang dibuat menurut desain pesanan konsumen. Namun sayangnya Blibli.com belum memungkinkan seller untuk menyeting produknya menjadi pre-order. Kita diharuskan untuk menyelesaikan order dalam dua hari atau rating akan berkurang dan dikenakan denda.

Karena Kamu No. 1, Seller Di Rumah Saja biarkan Blibli Urus Penjualan

Situasi saat ini dimana virus corona sedang mewabah, memaksa kita untuk senantiasa mengurangi kegiatan diluar dan lebih baik di rumah saja sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Nah, untuk para seller blibli tidak perlu khawatir penjualan akan terpengaruh karena team BLITS (Blibli Loyalty Team Service) tetap ada untuk memastikan semuanya lancar. Layanan ini bukan hanya untuk customer tetapi juga bagi para seller, karena kamu no 1.

Merchant care ini merupakan fitur yang sangat spesial karena hanya ada di blibli.com. Merchant care ini khusus dibentuk untuk melayani para merchant termasuk menjawab berbagai pertanyaan seputar upload produk, return produk, status pembayaran, pertanyaan customer, dan status pengiriman. Mereka terbagi dalam beberapa chanel yakni live chat, email, dan telfon yang selalu siap siaga membantu para seller.

Blibli.com juga memiliki program “fullfilment by Blibli” dimana Blibli.com menawarkan kerja sama tipe “konsinyasi” atau “consignment” . Seller dapat menyimpan produk di gudang Blibli.com dan kemudian keseluruhan proses pengiriman pesanan akan diurus oleh tim Blibli.com. Dengan demikian seller dapat fokus berjualan dan menyiapkan produk tanpa perlu memusingkan sisi operasional.

Yuk Jualan di Blibli.com

Jualan online itu menyenangkan, kita tidak perlu bingung untuk membuka toko secara fisik yang kadang merepotkan. Modal bisa kita tekan, dan kemudian dananya bisa digunakan untuk pengembangan produk alih-alih untuk sewa tempat. Jangkauannya luas, tidak terbatas oleh jarak dan waktu dan yang terpenting kita bisa lakukan dimanapun dengan fleksibel.

Blibli.com adalah platform jualan yang sangat lengkap dan mendukung para sellernya untuk berkembang. Dukungan fitur, merchant care dan aplikasinya akan sangat membantu kita menghandle penjualan. Masih merasa ragu?, ayo daftar dan rasakan kemudahan menjadi seller di Blibli.com.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPeruntungan Hidup Zodiak Sagitarius Tahun 2020 Dari Berbagai Aspek
Artikel berikutnyaIngin Menikah? Tapi Minim Biaya? Pakai Pinjaman Tanpa Agunan Ini
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.