oli ertiga

Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang digemari para konsumen di Tanah Air. Namun, terdapat beberapa hal yang menjadi pertanyaan bagi sebagian pengguna mobil ini, salah satunya spesifikasi oli. Mereka masih kurang memahami spesifikasi oli yang cocok untuk Suzuki Ertiga.

Coordinator After Sales Sejahtera Buana Trade Group, Purnomo, mengatakan bahwa Suzuki Ertiga bisa menggunakan beberapa macam oli.

“Seperti SAE 0W, 5W, 10W, 15W dan 40W. Biasanya, orang-orang ini (pemilik Suzuki Ertiga) kurang sadar. Semuanya sudah ada di buku manual atau soft literasi yang ada pada mobil,” kata Purnomo pada Carmudi, Selasa (10/9/2019).

Selain itu, salah satu cara termudah untuk mengetahui spesifikasi oli Suzuki Ertiga adalah menelpon call center pemegang mereknya untuk mendapatkan informasi yang akurat. Pihak call center akan memberikan informasi pelumas atau oli yang cocok untuk Suzuki Ertiga tersebut.

Jangan Terpengaruh Ucapan Teman

Seringkali, terdengar ucapan seperti, “Pakai merek ini tarikan terasa lebih enak. Bensin juga jadi irit.” Ucapan tersebut pastinya sering didengar oleh pengguna Suzuki Ertiga saat mengobrol dengan pengguna Ertiga lainnya.

Purnomo menyarankan agar pemilik mobil jangan terlalu terpengaruh dengan ucapan orang lain, “Percakapan seperti itu memang wajar terjadi. Pemilik mobil pun harus lebih kritis dan teliti,” kata Purnomo.

Percakapan tersebut dinilai sebagai salah satu penyebab kesalahan yang seringkali terjadi karena si pencerita menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan kebiasaan mengemudinya. Sedangkan, pihak pendengar hanya mendengarkan beberapa hal yang dinilai baik. Alangkah baiknya jika pencerita dan pendengar sama-sama menceritakan kejadian dan kebiasaan yang terjadi.

Cara Memilih Oli Suzuki Ertiga yang Benar

Pertanyaannya, bagaimana cara memilih oli yang bagus untuk Suzuki Ertiga? Purnomo memberitahukan cara menentukan oli yang bagus.

“Oli yang bagus adalah oli yang tepat, sesuai yang tertulis di buku manual panduan pemilik. Disitu tertulis spek viskositasnya hingga range yang aman juga tertulis di sana. Diikuti pula panduan per periode waktu atau per kilometernya, baik itu jarang digunakan, penggunaan rutin, atau over capacity,” jelas Purnomo.

Ia mengatakan bahwa Suzuki Ertiga tahun 2017 dianjurkan menggunakan oli SGO 0W-20. Ini berdasarkan buku manual atau yang tertera di petunjuk bengkel resmi. Lalu, bagaimana dengan pertanyaan tentang oli yang bagus untuk Suzuki Ertiga?

Purnomo menjawab pertanyaan seperti itu sebaiknya dihilangkan dan diganti dengan pertanyaan bagaimana cara merawat mobil yang baik dan benar.

“Caranya yaitu dengan melakukan servis mobil secara berkala. Ikuti rekomendasi pabrikan, spesifikas oli yang tertulis pada buku manual, di kap mesin masing-masing mobil nggak perlu over spek,” jelasnya.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaReview dan Harga Suzuki Baleno Hatchback, Punya Mesin Irit dan Fitur Lengkap!
Artikel berikutnyaIntip Keseruan Perayaan Imlek di Indonesia
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.