imlek jakarta
imlek jakarta

Baru saja masyarakat Indonesia memperingati hari raya imlek atau tahun baru cina. Kata imlek sendiri sebenarnya hanya dikenal di Indonesia karena bukan dari kata asli budaya Tionghoa di China. Tahun baru China secara internasional dikenal dengan Chinese New Year dan di China sendiri dikenal dengan nama Xin Jia. Pergantian tahun baru Cina ini sudah terjadi sejak 4000 tahun yang lalu dan selalu menjadi hari besar yang diperingati dengan meriah. Selain menjadi awal tahun atau tahun baru, Imlek atau Xin Jia juga merupakan perayaan keagamaan bagi masyarakat Kong Hu Chu.

Di Indonesia sendiri meski warga keturunan Tionghoa bukan selalu beragama Kong Hu Chu, namun sudah pasti merayakan imlek sebagai awal tahun baru. Perayaan ini diisi dengan berbagai tradisi turun temurun yang pastinya melibatkan anggota keluarga dan makanan khas. Apa saja tradisi perayaan imlek di Indonesia? Ini dia yang unik dari masyarakat Tionghoa.

1.Mendekorasi rumah.
Hampir mirip dengan hari raya Natal, Imlek juga dilengkapi dengan tradisi mendekorasi rumah dengan hiasan khas imlek yaitu lampion dan kertas merah. Warna merah sendiri dianggap sebagai warna keberuntungan dan kesejahteraan.

2.Hidangan khas.
Sama seperti Idul Fitri, di hari raya Imlek juga ada hidangan khas yang aneh jika tak disajikan. Hidangan itu adalah kue keranjang, mie panjang, ayam utuh, jeruk dan lapis legit.

barongsai
barongsai

3.Barongsai dan Liong.
Yang paling ditunggu saat Imlek tiba adalah atraksi Liong dan Barongsai yang menakjubkan. Tradisi atraksi Barongsai dan Liong ini dipercaya dapat mengundang keberuntungan dan menghalau roh-roh jahat pengganggu manusia.

4.Angpao.
Sama seperti pada hari raya Idul Fitri, di hari raya Imlek, sesama anggota keluarga akan saling berkunjung terutama ke rumah yang paling tua. Di sana tak ketinggalan membagikan angpao untuk anak-anak maupun orang tua.

Masih banyak keseruan lainnya di tradisi Imlek bagi masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia. Untuk informasi seputar Imlek lainnya bisa Anda dapatkan di blog EF Adults yang memberikan berbagai informasi menarik seputar dunia dan pendidikan.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSpesifikasi Oli yang Bagus Untuk Suzuki Ertiga, Jangan Sampai Salah Pilih!
Artikel berikutnyaMengatur Keuangan dengan Gamification? Coba 5 Aplikasi Berikut!
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.