5 Aplikasi gamification
5 Aplikasi gamification

Mengidamkan kesehatan finansial demi masa depan yang cerah. Bosan dengan cara menabung yang gitu-gitu aja? Simak artikel berikut!

Seiring perkembangan teknologi yang kian makin pesat dari tahun ke tahun, baik melalui perilisan gawai terbaru hingga program-program yang makin canggih pada gawai tersebut. Maka secara alami pengeluaran dari dompet kita pun selaras dengan perkembangan tersebut, yaitu semakin deras.

Sebagai kaum yang dianggap paling tech savvy dari demografi usia lainnya, tidak heran lagi ketika seorang millenials merogoh gocek lebih dalam untuk memenuhi candu atau hanya untuk sekedar top-up untuk membeli item favorit dalam game.

Ketika cara konvensional untuk membantu anda –khususnya para millennials– untuk menabung terkesan tidak efektif, mengapa tidak mencoba mengatur keuangan anda melalui aplikasi yang mengadopsi teknik gamification di dalamnya?

Bagi anda yang tidak mengenal istilah tersebut, secara simpel gamification dapat diartikan sebagai penggabungan mekanisme yang biasa terdapat dalam video gim (seperti misi, poin, dan sistem reward) ke dalam wadah yang tidak termasuk dalam kategori gaming.

Hal ini memungkinkan anda untuk mendapatkan kepuasan yang lebih tinggi dengan adanya fitur gamification pada hal-hal yang terkesan membosankan, dan mengatur keuangan pribadi anda adalah hal yang sangat membosankan bukan?

gamification
Aplikasi gamification terbaik

Telah terdapat berbagai aplikasi gamification untuk mengatur keuangan anda yang dapat dinilai cukup efektif berdasarkan dari ulasan berbagai warganet. Berikut adalah beberapa dari aplikasi-aplikasi tersebut:

  1. Fortune City

Aplikasi ini menggabungkan manajemen keuangan anda dengan game pembuatan kota, yang menggunakan data tabungan anda sebagai dana pembangunan kota anda sendiri (hanya dalam aplikasi ini tentunya).

Fortune City membantu anda untuk membuat rencana keuangan anda baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang serta membantu anda untuk mengingat kebiasaan belanja anda. Aplikasi ini mengajarkan kemampuan budgeting sembari mencatat pengeluaran dan pemasukan penggunanya.

  1. Acorns

Acorns mengintegrasikan data keuangan anda dan secara otomatis menaruh sebagian kecil dari tabungan anda ke dalam investasi berbentuk saham. Investasi tersebut dilakukan secara swatantra oleh logaritma dalam aplikasi Acorns yang dibuat berdasarkan masukan dari berbagai investor terkenal seperti Warren Buffet.

Aplikasi ini cocok bagi anda yang memiliki keinginan untuk terjun ke dalam pasar modal tanpa harus memiliki pengetahuan maupun riset yang ekstensif. Uang tambahan yang didapatkan dari saham anda pun dapat ditarik kapan saja tanpa tambahan biaya!

  1. Thriv

Aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk membuat rencana jangka panjang maupun pendek yang dipersonalisasi oleh diri anda sendiri, termasuk menetapkan target dan tujuan dari manajemen keuangan anda. Thriv pun secara menarik menampilkan data keuangan anda melalui infographic dan pie chart yang dibuat secara otomatis berdasarkan data tersebut.

  1. Qapital

Qapital merupakan aplikasi yang secara otomatis dapat menabungkan uang anda dalam kuantitas yang sangat kecil dari tiap pembelian yang anda lakukan, anda yang menetapkan peraturan dan cara kerja dari aplikasi ini hingga sifatnya tidak invasif. Jumlah yang disisihkan untuk ditabung pun sangat kecil hingga anda pun mungkin tidak menyadarinya, namun walaupun begitu berdasarkan data yang dirilis oleh developer Qapital menyatakan bahwa pada rata-rata aplikasi ini sukses menyisihkan uang sebesar USD $5,000 dari tiap penggunanya.

Aplikasi ini memberi reward kepada penggunanya bagi perilaku yang bertanggung jawab secara finansial dan menghukum penggunanya untuk perilaku kebalikannya.

  1. Beeminder

Beeminder agak berbeda dari aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, karena aplikasi ini memaksa penggunanya untuk membuat sebuah kontrak. Anda diwajibkan untuk menetapkan sebuah tujuan (contoh: melakukan 80 push-up tiap hari) dan apabila tujuan tersebut tidak terpenuhi maka anda diwajibkan untuk membayar sejumlah uang kepada perusahaan Beeminder.

Aplikasi ini menantang anda untuk tetap konsisten dalam penetapan tujuan yang anda tentukan sendiri, karena pada akhirnya anda yang akan dirugikan apabila tidak dapat memenuhi tujuan anda.

Teknologi kini memang telah memudahkan kita semua untuk mengatur keuangan dan mencapai tujuan yang telah kita semua tentukan masing-masing, namun perlu diingat lagi bahwa teknologi hanyalah alat yang dapat digunakan sebagai alat bantu pemenuhan tujuan tersebut.

Pada akhir hari, kita sebagai penggunanya lah yang memiliki otoritas akan masa depan kita semua. Tertarik untuk menjadi lebih baik dan bertanggung jawab secara finansial? Maka aplikasi gamification yang telah disebutkan diatas dapat menjadi batu loncatan anda menjadi seorang individu yang lebih baik di era digital ini.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaIntip Keseruan Perayaan Imlek di Indonesia
Artikel berikutnyaPeluang Usaha Tas Souvenir, Dijamin Laris Jualannya
Gamification is more than just a game for fun. It's game that made for a serious purpose. Gamify your problem now.