Libur akhir tahun sebentar lagi akan tiba, dan inilah saat yang tepat untuk mulai menyusun itinenary destinasi yang akan dikunjungi. Liburan bersama keluarga akan menjadi salah satu cara refreshing yang menyenangkan, karena dapat menciptakan kenangan indah dan mendekatkan ikatan emosional antar anggota keluarga. Demi mewujudkan agenda tersebut, salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah transportasi. Jika ingin menggunakan pesawat, tak perlu khawatir dengan transportasi dari dan ke bandara karena kini telah ada Big Bird Airport transfer yang melayani keberangkatan hampir setiap jam. Cek jadwal big bird bus disini, dan lakukan pemesanan dengan mudah melalui aplikasi traveloka.

Bosan dengan kesibukan dan lingkungan perkotaan yang padat, menjadi alasan yang tepat untuk memilih destinasi-destinasi wisata bertema alam, yang bisa membuat hati serta pikiran menjadi lebih tenang. Daerah Jawa, khususnya Jawa Tengah ternyata memiliki berbagai macam destinasi wisata keluarga dengan panorama alam yang sangat memukau dan patut untuk dikunjungi.

Berikut adalah rangkuman Destinasi Wisata Jawa Tengah yang cocok dikunjungi di Akhir Tahun.

dieng plateau
dieng plateau

1. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo
Dataran Tinggi Dieng memiliki berbagai lokasi memukau yang wajib untuk dikunjungi, terutama bersama dengan orang-orang terkasih. Kawasan yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo ini siap menyuguhkan panorama alam paling menakjubkkan, mulai dari Telaga Warna dengan air yang konon warnanya dapat berubah-ubah, Kawah Sikidang yang sangat identik dengan gumpalan asap belerangnya. Dan tak mau kalah, Kompleks Candi Dieng, sebuah Candi Hindu Syiwa dari abad ke-8 yang masih kokoh berdiri menduduki lahan seluas seluas 1,4 km persegi. Pengunjung dijamin puas setelah mengelilingi kawasan Dieng yang masih sangat asri dan menyejukkan.

rawa-pening

2. Rawa Pening, Semarang
Rawa Pening merupakan sebuah kawasan danau yang dikelilingi Gunung Ungaran, Telomoyo, dan Merbabu. Dulunya, danau ini memiliki air yang dalam, namun lama-kelamaan mengalami pendangkalan, salah satunya karena Rawa Pening menjadi hulu dari Sungai Tuntang. Pengunjung yang datang akan disuguhi dengan panorama danau yang menyejukkan dipadiu dengan hamparan pepohonan yang hijau. Rawa Pening dapat dikunjungi setiap hari dari pukul 08.30-21.00 dengan tiket masuk yang tidak mencapai 10 ribu rupiah per orangnya.

Selepas dari Rawa Pening, kita bisa berlanjut melakukan tur ke Semarang, dimana kita bisa mengunjungi bangunan bersejarah di kota tua, dan menikmati sajian kuliner yang akan memanjakan lidah. Sebuah paduan yang lengkap untuk wisata keluarga di penghujung akhir tahun.

pesona karimunjawa

3. Karimun Jawa, Jepara
Destinasi wisata ini terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dan sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menikmati suasana pantai yang elok. Gugusan kepulauan Karimun bisa dijangkau dengan menggunakan Kapal Ferry dari Pelabuhan Kartini Jepara. Daya tarik utama Karimunjawa adalah keanekaragaman bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik dan merupakan salah satu yang terbaik di Jawa. Kita bisa menikmatinya dengan melakukan snorkeling dan diving untuk mengagumi keindahan bawah laut yang masih alami ini. Selain itu, Karimunjawa memiliki pulau-pulau dengan pasir pantai yang sangat putih dan sehingga bisa menjadi vitamin sea yang bisa mengembalikan mood yang hilang.

pantai menganti

4.Pantai Menganti, Kebumen
Pantai sepertinya masih menjadi destinasi terfavorit untuk dinikmati bersama keluarga. Siapa sangka, Kebumen ternyata menyimpan wisata pantai yang tak kalah dengan pantai-pantai sekelas Kuta atau Tanah Lot di Bali. Meski akses menuju lokasi belum terlalu memadai, namun semua akan terbayarkan ketika melihat birunya air laut dipadu dengan pasir putih yang terbentang sepanjang mata memandang. Ombak yang relatif tenang membuat pantai ini cocok untuk dinikmati sambil bermain air.

Lembah-Sindoro-Posong-Temanggung

5.Wisata Alam Lembah Sindoro Posong, Temanggung
Temanggung juga tak mau kalah dalam menyajikan wisata alam yang cocok dinikmati bersama keluarga. Lembah Sindoro yang berlokasi di Posong, Temanggung ini terletak tidak jauh dari dua gunung api Sindoro dan Sumbing. Di sini, pengunjung dapat menikmati panorama alam yang indah sambil menghirup sejuknya udara pegunungan. Kawasan ini juga cukup populer sebagai spot untuk menikmati sunrise. Buka pukul 04:00 – 17:00, Lembah Sindoro selalu siap memberikan kesan terbaik untuk setiap pengunjung yang datang.

Nah itulah beragam destinasi menarik di Jawa Tengah yang bisa dipilih sebagai destinasi akhir tahun bersama keluarga. Bukan hanya pesona alamnya yang memukau, tetapi kebudayaan dan keramahan orang Jawa Tengah juga menjadi pertimbangan yang akan melengkapi liburan yang menyenangkan. Jangan ragu untuk mengunjunginya ya, dan selamat berlibur.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMakin Dekat dengan Pesta Belanja Online 12.12, Ini Tips dan Hal Penting yang Perlu Anda Tahu
Artikel berikutnyaCara Nonton Timnas Sepakbola di Parabola
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.