konsultasi dokter

Konsultasi kesehatan sebenarnya sangat dibutuhkan setiap orang. Berbagai keluhan kesehatan yang Anda alami bisa disampaikan saat konsultasi dokter. Agar kesempatan berkonsultasi ini berjalan optimal, disarankan melakukan persiapan apa saja yang ingin dikonsultasikan. Di samping itu, lakukan tips di bawah ini agar sesi konsultasi bisa berjalan lancar dan lebih efisien.

1.Mencari Tahu Penyakit yang Diderita
Umumnya, konsultasi dokter dilakukan ketika mengalami suatu gangguan kesehatan atau keluhan. Dalam hal ini, Anda harus menyadari kondisi tubuh terkait keluhan apa saja yang dirasakan agar setiap kali konsultasi bisa dibahas secara keseluruhan. Alangkah baiknya, Anda mempersiapkan poin-poin yang ingin disampaikan saat konsultasi kesehatan.

Semua poin yang Anda sampaikan tadi sangat berguna sebagai acuan dokter dalam memeriksa kondisi pasien. Pemeriksaan juga lebih terarah untuk mengetahui penyakit atau gangguan kesehatan yang dialami berdasarkan gejala atau keluhan yang disampaikan. Inilah tujuannya konsulasi dokter agar selalu optimal untuk mengatasi berbagai keluhan.

2.Menyiapkan Rekam Medis
Catatan medis pasien juga dibutuhkan, terlebih ketika keluhannya serius. Catatan medis ini disebut juga rekam medis yang diperoleh dari pemeriksaan kesehatan sebelumnya. Riwayat hasil pemeriksaan sangat diperlukan untuk mengetahui runtutan kondisi pasien dari waktu ke waktu. Saat konsultasi dokter, sampaikan juga jika Anda mengonsumsi obat tertentu.

Melalui rekam medis ini, dokter akan lebih fokus dalam mempelajari riwayat kesehatan Anda. Menyiapkan dan membawa rekam medis setiap kali konsultasi dokter sangat dianjurkan, terlebih jika Anda kurang memahami bagaimana kondisi fisik Anda yang sebenarnya.

3.Mengirimkan Daftar Pertanyaan
Tips berikutnya adalah mengirimkan daftar pertanyaan. Sebelum tiba waktunya berkonsultasi sesuai jadwal, sebaiknya Anda mengirimkan daftar pertanyaan ke email dokter, pesan singkat, ataupun media lainnya dengan tujuan dokter dapat menyiapkan jawaban atas pertanyaan tersebut. Nantinya, sesi konsultasi dokter akan lebih fokus dengan analisis lebih dalam.

dokter

4.Bertanya Dua Kali Apabila Kurang Jelas
Selama sesi konsultasi, Anda harus benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan dokter. Tindakan kooperatif juga harus dioptimalkan karena berkaitan dengan ketepatan analisis dokter mengenai kondisi Anda. Perhatikan setiap penjelasannya pada sesi konsultasi dokter dan pahamilah. Jangan ragu untuk bertanya dua kali jika kurang memahami penjelasannya.

Malu bertanya, sesat di jalan. Daripada Anda merugi karena kurang paham penjelasan dokter, tanyakan saja poin-poin yang kurang atau belum jelas. Bisa jadi dengan bertanya dua kali, Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih lengkap. Kegiatan konsultasi dokter bisa berjalan efektif jika seperti ini.

5.Mengajak Keluarga
Saat memutuskan berkonsultasi ke dokter, Anda dianjurkan mengajak salah satu anggota keluarga untuk menemani. Tujuannya untuk memastikan bahwa layanan kesehatan yang diterima aman dan tepat. Sesi konsultasi dokter juga lebih optimal karena bisa dipahami dua orang.

Keluarga yang menemani Anda juga dapat membantu mempersiapkan semua kebutuhan untuk keperluan konsultasi dokter. Saat berada di klinik atau rumah sakit, ia dapat membantu memahami penjelasan dokter.

Saat ini, Anda bahkan bisa berkonsultasi secara online jika bersedia. Melalui tips di atas, sesi konsultasi akan tetap efisien, baik untuk konsultasi dokter langsung, maupun konsultasi via online. Poin pentingnya adalah Anda harus memilih dokter yang terpercaya. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan layanan optimal dan lengkap dari secara medis.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaAyo Hadiri Yamaha Endurance Festival 2019, Dimeriahkah Nella Kharisma dan Bertabur Ribuan Hadiah
Artikel berikutnyaSeafood Ayu Kelapa Gading, Salah Satu Restaurant Seafood Recommended Di Kota Jakarta
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.