click collect

Dulu sekali saat masih sekolah, saya bersama kakak sepupu pernah mengisi liburan dengan mencoba menjajakan batik dari rumah ke rumah. Harapannya jika ada yang laku terjual maka bisa mendapatkan tambahan uang jajan. Dengan semangat tinggi, pagi menjelang siang kami menuju kota sebelah, menghampiri rumah satu persatu dan menawarkan barang yang kami bawa. Rasanya deg-degan dan respon calon pembeli juga beragam mulai dari yang acuh tak acuh, bersikap curiga, menawar dengan sadis bahkan sampai bertanya macam-macam. Sama sekali tidak seperti yang kami bayangkan saat awal keberangkatan, hingga hari beranjak sore kami tak berhasil menjual satupun. Besoknya kami coba lagi, hari berikutnya mencoba lagi sampai bisa menjual beberapa potong hingga liburan usai. Rasanya menyenangkan ketika berhasil menjual barang, seperti ada kepuasannya tersendiri.

Dari pengalaman tersebut, keinginan untuk berjualan tetap terpelihara di dalam benak. Dan pada era digital seperti sekarang memulai berjualan akan semakin mudah, tidak perlu keliling dari pintu ke pintu seperti saya dulu. Semua orang bisa memulainya, bahkan dengan modal yang sangat minim sekalipun. Jika belum memiliki produk sendiri, maka bisa dimulai dengan menjadi dropshiper. Lalu jika reputasi toko mulai terbentuk kita bisa mulai stok barang dan menjual barang milik kita sendiri.

Merchant Inspiring salah satu yang membuatku ingin berjualan lagi

Ketika mulai mengikuti @blibliseller di Instagram, rasanya saya benar-benar terpacu kembali untuk belajar berjualan. Ada sebuah segmen yang menarik bernama “merchat inspiring” yang tayang setiap rabu, disini blibli menceritakan kisah sukses seller dan tidak canggung untuk membuka tips trik berjualan mereka.

Blibli Sangat Mendukung Seller untuk Berkembang

Sebagai tempat jual online, blibli memperhatikan para sellernya untuk bisa berkembang lebih besar lagi. Mereka memberikan fitur yang benar-benar berguna bahkan bagi mereka yang baru mulai berjualan.

1. Gratis Foto Produk Berkualitas.

Dengan memilih membeli secara online maka tidak ada yang lebih menarik bagi konsumen daripada foto produknya itu sendiri, karena disini tidak ada SPG atau SPB yang bisa menjelaskan produk seperti layaknya jualan ofline.

Jika berjualan di blibli kita bisa mendapatkan gratis foto produk berkualitas dengan fotografi profesional. Dengan foto yang menarik, jelas, dan profesional maka kemungkinan bagi konsumen untuk membeli dari toko kita akan semakin besar.

2. Layanan Merchant Center
Bukan hanya pembeli yang dapat bertanya apapun pada custumer servis, karena seller juga dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan proses berjualan.

3. Pilihan Kategori Luas
Blibli menyiapkan 16 kategori yang bisa dipilih oleh seller untuk barang yang mereka jual. Bahkan ada kategori “Galeri Indonesia” yang merupakan wadah yang tepat bagi para UMKM untuk dapat berjualan online.

4. Gratis ongkir sampai 200ribu
Konsumen akan lebih memilih produk dari seller blibli dengan fitur gratis ongkir daripada produk sejenis yang membebankan ongkir. Pembeli dari pelosok Indonesia apalagi jika barang yang dibeli memiliki volume besar akan sangat terbantu. Berjualan di Blibli membuat penjualan semakin laris.

5. Kemasan Gratis dan Berkualitas Blibli
Jadi bagi seller pemula yang masih sangat merintis, terkadang bingung dengan packing. Mereka biasanya hanya punya bahan seadanya dan terkesan kurang rapi. Nah dengan menjadi seller blibli kemasan mulai dari kardus, plastik pembungkus bisa didaptkan gratis sehingga rapi dan memberikan perlindungan yang baik bagi barang kiriman.

6. Kemudahan dan Asuransi pengiriman.
Ada 30 lebih kurir yang bekerjasama dengan blibli, sehingga seller bisa memilih dengan sangat leluasa. Selain itu demi keamanan paket yang dikirimkan, maka dilengkapi juga dengan Asuransi.

7. Inovasi in Store terdepan
Blibli mengajak merchant untuk terus berkembang, diantaranya fitur click and colect yang memungkinkan seller berjaya jualan di online dan ofline.

Jualan Laris, Untung di Ofline maupun Online dengan fitur Click and Collect.

Jualan online saat ini bisa disebut sebagai puncak-puncaknya, Tetapi sesungguhnya bagi konsumen tidak semua barang nyaman dibeli secara online, ada beberapa yang rasanya lebih pas dibeli dengan cara ofline. Seperti misalnya barang elektronik. Kenapa demikian ?, karena barang elektronik seperti yang kita tahu harganya biasanya lumayan, banyak pembeli merasa khawatir terhadap proses pengiriman, ditambah lagi kadang jika di toko kita bisa mengecek fisiknya secara langsung, memastikan garansinya dan dikasih product knowledge hingga cara merawatnya.

Salah satu kekurangan utama dari belanja ofline adalah konsumen tidak pernah tau stok barang di toko tersedia atau tidak, lalu berapakah harganya, konsumen repot melihat dan mencoba satu-satu barang yang di incar agar cocok dengan selera. Jika belum menemukan barang yang di inginkan, harus mencari toko lain dan melakukan hal yang sama mulai dari awal lagi. Walaupun cenderung tidak efisien dari segi waktu dan merepotkan, tetapi yang terbaik dari belanja ofline adalah konsumen bisa mendapatkan langsung barang yang di inginkan.


Salah satu yang sudah menerapkan click and Collect adalah Alfamart

Nah Blibli.com mengajak para seller untuk segera mengambil peluang ini dan memberikan pengalaman berbelanja semudah online tetapi barangnya bisa langsung diambil secara ofline di toko. Fitur Click and Collect memungkinkan konsumen menggunakan platform blibli.com secara online untuk membandingkan harga, memeriksa spesifikasi produk, serta mendapatkan penawaran khusus. Namun, mereka tetap bisa melihat, merasakan, dan mencoba produk secara langsung sebelum dibawa pulang.

Konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi akurat tentang harga dan ketersediaan barang yang mereka minati sebelum menempatkan pesanan mereka. Konsumen tidak perlu bertanya-tanya dan keluar masuk toko hanya untuk mencari barang, dan tidak perlu menunggu barang tiba karena langsung dijemput.

Blibli.com memberikan tenggat waktu hingga 2 jam agar toko dapat mengemas belanjaan yang dibeli konsumen lewat aplikasi. Email yang dikirimkan ke konsumen juga memuat status belanja, jika berstatus “siap diambil”, pengguna bisa langsung ke toko untuk mengambil pesanan.

Kelebihan berjualan memanfaatkan Fitur QR dan Click & Collect

Banjir pesanan akan datang baik secara online maupun ofline dengan memanfaatkan fitur QR dan Click and Collect. Semua seller yang memiliki toko fisik, bisa mengaplikasikan fitur ini.

1. Menambah Popularitas Toko Ofline
Esposure Toko akan bertambah, jika sebelumnya hanya di kenal secara online, maka setelah mengadaptasi Fitur QR dan Click and Collect pembeli akan berkunjung ke toko secara langsung. Mereka akan memperhatikan display produk dan ada kemungkinan tertarik untuk membeli barang-barang lainnya.

2. Tidak perlu Repot Kirim dan Mengemas Barang Pesanan
Dengan fitur Click and Collect seller tidak perlu melakukan pengemasan karena akan di pickup langsung oleh pembeli. Dan tentunya tidak perlu repot dengan urusan kurir dan resi. Seller hanya perlu menyiapkannya, dan fokus untuk melayani konsumen.

3. Gratis, mudah Diaplikasi
Untuk dapat menggunakan fitur ini, jika sudah menjadi seller maka hanya perlu untuk menghubungi PIC atau manager masing-masing, prosesnya sendiri cepat dan tidak repot. Sementara bagi yang baru bergabung bisa langsung mengaktifkannya saat proses pendaftaran menjadi seller.

Tips Sukses Seller Blibli

Selama hampir satu bulan ini mengikuti “merchant inspiring” berikut adalah beberapa yang saya catat baik-baik. Sebuah sahring yang sangat berharga dan saya yakin akan sangat berguna bagi para seller blibli.com

1. Siapkan SDM yang Mampu menghandle penjualan, tools dan rangkaian transaksi.
Apa gunanya tools yang powerfull jika berada ditangan yang kurang mengerti. Agar maksimal dalam berjualan, maka perlu SDM yang benar-benar mengerti semua fitur dan tools yang ada di Blibli. Kita bisa belajar dan memahami setiap fungsi yang ada di MTA (Merchant Tool Aplication).

2. Aktif Berinteraksi Dengan Manager/PIC Blibli
Setiap seller memiliki manager yang bisa dihubungi kapanpun, maka bertanyalah jika dirasa ada fitur atau tools yang kurang dimengerti. Begitu juga tentang campaign, analisa trend semua bisa didiskusikan agar hasilnya lebih bagus lagi.

3. Observasi Pasar, mulai dari Warna, Size, dan Harga
Salah satu kelebihan blibli adalah para seller dapat melakukan observasi trend yang sedang terjadi, bahkan mulai dari type sampai harga bisa diketahui. Untuk itu penting untuk melakukan analisa untuk menentukan kira-kira barang manakah yang akan laku terjual habis.

4. Lengkapi SKU yang Dimiliki.
Upload semua produk yang stocknya tersedia, lengkapi semua agar konsumen memiliki banyak pilihan. Dengan semakin banyaknya barang jualan yang diupload tentu kemungkinan untuk dibeli juga semakin besar.

5. Deskripsi dan Foto menarik
Selain menampilkan foto yang menarik, maka perlu dibarengi dengan deskripsi yang selengkap mungkin agar calon pembeli merasa teryakinkan dan memilih produk yang kita pajang.

6. Bergabung dengan Campaign.
Untuk periode tertentu Blibli biasanya mengadakan campaign-campaign khusus. Nah seller bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan jumlah penjualan dan upaya untuk lebih mengenalkan toko ke para pembeli.

7. Manfaatkan Digital Aset (sosmed, blog youtube) dan Komunitas.
Untuk menjangkau calon pembeli yang lebih luas maka tidak ada salahnya lengkapi toko kita dengan akun media social, blog maupun youtube. Jika sedang ada campaign kita bisa memberitahu konsumen untuk menuju blibli agar bisa membelinya. Manfaatkan juga komunitas yang berhubungan dengan produk yang kita miliki, lakukan pendekatan dan aktif memberi wawasan produk.

8. Monitoring Stok dan Kirim Tepat Waktu.
Lakukan monitoring stok dengan ketat, jangan sampai mengecewakan konsumen dengan produk yang tidak tersedia. Usahakan memastikan barang yang dijual siap untuk dikirimkan kapanpun.

9. Berikan Warranty Produk
Berikanlah garansi bagi produk yang kita jual, biarkan pelanggan merasa aman dan nyaman ketika memakai produk yang kita jual. Menambah trust dari pembeli bagi toko kita.

9. Kasih Bonus yang Relate
Sekali-kali berikanlah bonus bagi konsumen agar mereka loyal dan merasa istimewa. Bonus produk seringkali sukses membuat konsumen untuk nyaman dan repeat order.

Lengkap betul apa yang diberikan blibli bagi para sellernya. Mulai dari persiapan foto produk, analisa trend, hingga hadirnya “Blibli University dan Komunitas Blibli Seller” yang siap berbagi tips dan trik selama berjualan. Ditambah lagi dengan Inovasi instore yang memungkinkan seller untuk Jualan untung ga tanggung-tanggung, laris terus di ofline maupun online. Benar-benar menjadi sebuah kesatuan dalam menghadirkan pengalaman belanja terbaik bagi para pelanggan. Jadi segera daftar menjadi seller di blibli, yuk sekarang.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMakanan yang Baik dikonsumsi Saat Diet
Artikel berikutnyaInilah Hosting WordPress Terbaik, Murah dan Gampang Untuk Instalasinya
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.