ig : ExploreBlora

Jika kita berbicara tentang Jawa Tengah, maka kota yang terlintas dalam benak adalah Kota Semarang dan Solo, padahal, selain ke dua kota tersebut sebetulnya masih banyak kota lain di Jawa Tengah yang memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Seperti saja Kota Blora, yang terletak di bagian utara provinsi ini, jika dirunut lebih jauh justru memiliki jejak sejarah yang panjang dan juga mempunyai beragam tempat wisata yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Bentang Alam kabupaten Blora sebagian besar merupakan perbukitan kapur yang menjadi bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng dan Pegunungan Kapur Utara. Kabupaten ini tidak memiliki garis pantai, karena letaknya dihimpit oleh kabupaten lain di setiap perbatasannya. Bagian Utara berbatasan dengan Kabupaten Pati dan Rembang, bagian selatan dengan Kabupaten Ngawi, di Barat Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro di sebelah timur. Blora juga tidak dilewati Jalur Pantura sebagai jalur utama di Pulau Jawa. Karena letaknya ini, Blora seolah tersembunyi dan tidak banyak dikenal orang.

Walaupun tidak memiliki objek wisata pantai, Kabupaten Blora memiliki objek wisata yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya adalah:

1. Gua Terawang.

Sebagai Kabupaten yang memiliki kontur batu kapur, tidak heran jika kemudian Blora memiliki banyak Gua-gua yang indah. Salah satu yang paling terkenal adalah Gua Terawang atau Gua Srawang. Gua ini merupakan objek wisata alam yang terletak sekitar 35 kilometer arah barat Kota Blora, atau tepatnya di Kecamatan Kecamatan Todanan, Desa Kedungwungu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

Ig: Matadeastama

Lalu kenapa dinamakan sebagai Gua Terawang ?. Hal ini tidak lain dikarenakan oleh adanya lubang-lubang di beberapa bagian atas gua ini, jika siang hari sinar matahari akan masuk melalui lubang tersebut dan dapat menyinari bagian dalam gua, nah dari fenomena tersebut kemudian gua ini dikenali sebagai Gua Terawang. Panjang Goa Terawang diperkirakan mencapai 180 m dan berada 5 – 11 meter di bawah permukaan tanah.

Tiket masuk ke objek wisata ini hanya 7 ribu rupiah, akses jalan sudah cukup bagus baik bagi sepeda motor maupun mobil. Selain ada Gua, disini juga terdapat kolam renang dan taman yang pas untuk dijadikan spot foto.  Agar liburan yang lebih menyenangkan disarankan untuk datang di musim kemarau.

2. Alun-Alun Blora & Replika Fosil Gajah Purba

Blora merupakan kabupaten yang memiliki sejarah yang panjang, bahkan sejak zaman ribuan tahun. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil gajah purba di dukuh Sungguh, Desa Mendalem Kecamatan Kradean Blora pada bulan Maret pada tahun 2009, dan di perkirakan fosil tersebut berusia antara 200.000 hingga 800.000 tahun.

Nah bagi teman-teman yang sedang berkunjung ke blora, bisa melihat Replika Fosil gajah purba ini yang dipajang di sebuah ruangan yang bergabung dengan gedung Sasana bakti Blora ya terletak dekat dengan alun-alun Blora sehingga relatif mudah dicapai. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

3. Waduk Tempuran Indah

Walaupun tidak memiliki garis pantai, Blora memiliki tempat wisata air yang cukup indah yaitu Waduk Tempuran. Tempat wisata ini terletak di Desa Tempuran, Kecamatan Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia. Untuk mengunjungi Waduk Tempuran disarankan datang pada musim hujan saat air waduk penuh, sehingga pemandangannya bisa lebih indah.

ig: Ab Chamid

Selain menikmati panorama alam, tempat ini juga sangat cocok untuk kulineran. Disini banyak terdapat rumah makan lesehan di pinggir waduk. Menu Khasnya adalah ikan bakar, dan beberapa pengunjung juga dapat menikmati bermacam jenis minuman pelepas dahaga. Menariknya tempat ini juga menyediakan kuliner di atas perahu sambil berkeliling di waduk. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, fasilitas cukup lengkap, parkir luas, kamar mandi, mushola dan ada tempat bermain anak seperti kolam renang.

4. Bukit Cengklik

Bukit Cengklik terletak di Bicak, Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tempat wisata ini tergolong baru dan langsung ngehits diantara kaum muda Blora. Banyak dari mereka datang untuk selfie dan memostingnya di media sosial, membuat tempat ini melejit sehingga banyak dikenal.

ig: exploreblora

Disini terdapat berbagai spot foto yang instagramable yang sangat cocok untuk kalangan milenial. Selain itu, terhampar pemandangan yang indah berlatar belakang hutan jati dan gugusan Pegunungan Kendeng Utara, membuat mata enggan beralih untuk terus menatapnya. Namun untuk mencapainya, akses jalan masih kurang memadai dan disarankan untuk lebih berhati-hati.

5. Taman Seribu Lampu

Menikmati malam disertai lampu-lampu yang indah di Cepu, Blora akan menjadi sangat romantis. Taman ini terletak di Jl. Ronggolawe, Bulansawahan, Balun, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tempat foto terbaik, apalagi di malam hari. Terlebih setelah direnovasi, taman ini semakin tertata apik dan nyaman untuk dikunjungi.

Sangat cocok buat teman-teman yang singgah di kota Cepu dan ingin tempat yang santai untuk menikmati malam di kota ini.

Transportasi Menuju Blora.

Untuk dapat mencapai Blora, saat ini sudah banyak moda transportasi yang bisa digunakan. Kereta Api dari Jakarta diantaranya adalah KA Kertajaya, Sembrani dan Gumarang yang berhenti di stasiun sekitar kota Blora. Sementara jika ingin menggunakan bus, maka sudah ada Bus Garuda Mas dengan karoseri Double Decker yang sangat nyaman untuk perjalanan jarak jauh dari Jakarta.

Kabupaten Blora menyimpan pesonanya tersendiri, berkunjunglah ke sini dan nikmati berbagai tempat wisatanya serta keramahan dari penduduknya. Yuk traveling..

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBagaimana Sih Cara Mendapatkan Kulit Wajah Yang Putih Secara Alami? Ini Dia Caranya
Artikel berikutnyaWaktunya Generasi Muda untuk Berkarya, Ekonomi Digital adalah Masa Depan Kita
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.