Permainan  Congkak

Di dunia ini banyak sekali jenis permainan anak tradisional yang hampir punah tersisihkan oleh permainan-permainan modern. Salah satu jenisnya adalah permainan congkak yang merupakan permainan yang melibatkan 2 pemain. Untuk memainkannya dibutuhkan alat yang disebut dengan congkak sesuai dengan nama permainannya. Saat masih kecil saya dan kakak saya sering sekali memainkan permainan ini karena selain seru permainannya juga membutuhkan strategi khusus.

Congkak merupakan alat yang berbentuk memanjang dengan bagian sisi yang berlubang-lubang. Lubang tersebut terdapat kurang lebih 14 lubang untuk bermain dan 2 lubang besar lainnya khusus dipergunakan untuk tempat biji pemain. Setiap  lubang diisi biji congkak sebanyak 7 buah biasanya. Cara pertama memainkannya yaitu 2 pemain akan mulai bersama-sama kemudian orang yang pertama kebagian lubang yang kosong artinya harus berhenti main dahulu.

Permainan anak

Jika salah satu pemain mengenai bagian lubang yang kosong maka pemain tersebut harus berhenti bermain. Pemain lainnya yang belum kalah akan terus bermain hingga mengalami hal serupa. Setelah itu barulah pemain yang pertama kalah bisa bermain kembali dan seperti itu hingga biji congkak pun habis. Untuk menentukan pemenangnya dapat dilihat dari lubang masing-masing. Lubang pemain yang lebih banyak terisi biji congkak artinya dialah pemenangnya.

Bagi anak-anak yang sudah lihai melakukan permainan anak seperti ini biasanya dia sudah mengetahui trik-trik khusus agar tidak mudah kalah. Mengingat  jumlah biji dan jumlah lubangnya yang selalu sama biasanya anak-anak sudah mengantongi hitungan masing-masing. Sehingga mereka sudah paham harus mengambil biji congkak dari lubang yang mana yang akan di dahulukan. Terbukti jika permainan anak tradisional juga dapat memberikan manfaat yang cukup besar pada anak-anak seperti kecerdasan.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPerawatan untuk Kulit
Artikel berikutnyaBisnis Ibu Rumah Tangga
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.