Pada usia Balita merupakan periode penting untuk anak-anak kita, karena sesungguhnya pada masa inilah perkembangan otak anak masuk dalam fase emas. Dimana otak si kecil sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Karena itulah, stimulasi sangat diperlukan sehingga diharapkan koneksi antar sarafnya semakin banyak terhubung dan semakin membuka wawasan si kecil. Nah untuk stimulasi itulah kita seharusnya mulai mengenalkan anak-anak kita pad mainan-mainan edukatif. Kenapa disebut Mainan Edukatif?? Disebut mainan edukatif karena dapat merangsang daya pikir anak. Termasuk di antaranya meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan belajar untuk memecahkan masalah.

"Mainan Edukatif"

Dengan mainan edukatif anak-anak kita mulai diajarkan untuk berkonsentrasi, misalkan saat menyusun pasel, Anak-anak kita tentu akan merasa tertantang untuk menyelesaikan permainan tersebut dan akan belajar untuk fokus dan mencari cara menyelesaikan mainan tersebut.Tanpa konsentrasi, bisa jadi hasilnya tidak memuaskan. Dengan mainan edukatif, anak juga dapat mengenal ragam/variasi bentuk dan warna. Karena bentuk dan warna Mainan Edukatif yang bermacam-macam tentu saja sang anak akan mulai mengenal benda berbentuk kotak, segiempat, bulat dengan berbagai warna; biru, merah, hijau, dan lain-lain nya.

Meski sangat penting untuk dikenalkan pada anak, memilih mainan edukatif tidak boleh sembarangan. Kita harus jeli dalam memilih bahan mainan, bentuk dan tingkat kerumitan nya sesuai dengan umur sang anak. Untuk umur 2-4 tahun sangat tidak disarankan untuk memberi sang anak dengan mainan yang berdimensi kecil, karena dikhawatirkan akan tertelan secara tidak sengaja oleh sang anak.

Nah mulailah mengenalkan Mainan Edukatif pada anak, dan cobalah untuk bermain bersama nya. Dengan bermain bersama sesungguhnya kita sedang membangun momen yang indah pada ingatan si kecil. Selamat memilih mainan untuk si kecil, dan semoga si kecil semakin pintar.

Facebook Comments